Dokumentasi

UNUGHA Jalin Kerjasama Media Publikasi Dengan NUCOM

Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) dan NU Cilacap Official Media (NUCOM) jalin kerjasama media publikasi melalui Memorandum of Agreement (MoA) atau Nota Kesepahaman kerjasama pada hari Jumat (16/07) di Kampus UNUGHA Cilacap.

Penandatanganan Nota kesepahaman dilakukan usai acara Kajian Keghozalian yang disiarkan virtual melalui kanal Youtube Unugha dan direlay oleh kanal NU Cilacap Online serta NU Channel. Sementara kegiatan berpusat di Masjid Assegaf komplek Kampus UNUGHA Cilacap.

MoA UNUGHA NUCOM
Penandatanganan Kerjasama Oleh Pemimpin Redaksi NUCOM dan Kepala Biro Kemahasiswaan UNUGHA Cilacap

Tanda tangan dilakukan oleh Pemimpin Redaksi (Pemred) NUCOM Achmad Nurwahidin sebagai perwakilan dari NUCOM sementara dari Kampus UNUGHA sendiri diwakili oleh Kepala Biro Kemahasiswaan Rohmatulloh.

Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap sepakat menjalin Kerjasama dengan NU Cilacap Official Media (NUCOM) dalam media publikasi. Kesepakatan diraih setelah digelar pertemuan antar kedua pihak melalui ruang zoom meeting pada Selasa (13/07) lalu.

Hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Rekor (Warek) 3 UNUGHA Shoiman Nawawi beserta beberapa civitas akademika. Sementara dari NUCOM sendiri hadir Piemimpin Redaksi (Pemred) berserta dewan redaksi.
Pada kesepakaan tersebut, Wakil Rektor lll Unugha H Shoiman Nawawi berharap besar terhadap Kerjasama ini.

“UNUGHA merupakan universitas di bawah naungan NU yang secara otomatis menjadi kebanggaan NU. Jadi mestinya menjadi prioritas NU yang dalam hal ini adalah PCNU Cilacap untuk mempromosikan. Dan di sinilah peran NUCOM sebagai media milik PCNU Cilacap mengambil peran,” ujar Shoiman Nawawi.

Dampak pandemi covid-19 yang luar biasa telah mempengaruhi bahkan mampu merubah di hampir semua sektor kehidupan, tak terkecuali di sektor Pendidikan. Dalam hal ini, UNUGHA benar-benar merasakan imbasnya. Kedaan ini memaksa UNUGHA untuk bergelut di bidang digital.

“Dampak covid-19 ini sangat luar biasa. Mau tidak mau UNUGHA harus bergelut dengan digitalisasi,” kata Ketua LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNUGHA Misbahussurur.

UNUGHA sendiri saat ini telah merambah dunia digitalisasi secara serius dengan menyiarkan acara kajian-kajian ilmiah secara live streaming.

“Bila selama ini upaya publikasi UNUGHA hanya sebatas pengenalan kampus, maka dengan digitalisasi nantinya juga akan menjadi ajang eksistensi UNUGHA dengan memunculkan sisi ilmiahnya melalui kajian-kajian ilmiah. Sehingga nantinya bisa menjadi rujukan dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul di tengah-tengah masyarakat,” lanjut Misbahussurur.

Berangkat dari tujuan tersebut, UNUGHA mengajak NUCOM untuk bekerja sama dalam media publikasi. Mengingat NUCOM merupakan media milik PCNU Cilacap sehingga dipandang mempunyai jangkauan luas dan strategis.

Apalagi saat ini NUCOM telah tergabung dalam beberapa media besar seperti halnya Asosiasi Youtuber Santri Indonesia (AYSI), NU Channel, TVNU, dan NU Online di mana jangkauannya tidak hanya di daerah saja melainkan tingkat nasional.

“Jadi nantinya apa saja kegiatan UNUGHA baik yang rutin maupun yang insidental bisa ditayangkan melalui kanal YouTube NU Cilacap Online,” tandas Misbah.

Sementara Pemred NUCOM Achmad Nur Wahidin menyatakan bahwa pihaknya siap menjalin kerjasama dengan UNUGHA.

“NUCOM siap untuk menjalin kerjasama dengan UNUGHA dalam mempublikasikan program-program milik UNUGHA. Bahkan nantinya tidak hanya melalui publikasi digital, akan tetapi juga media sosial dan juga website milik NUCOM,” kata Achmad Nur Wahidin.

Optimis Akan Untungkan Dua Pihak

Wahid optimis kerjasama ini akan menguntungkan kedua belah pihak.

“Saya optimis UNUGHA akan terbantu dalam hal publikasi. Selain itu juga akan memantapkan eksistensi UNUGHA di tengah-tengah masyarakat. Sementara NUCOM juga akan terbantu dengan adanya konten sehingga konten yang ada di NUCOM akan semakin bervariasi,” lanjut Wahid.

Selain berkontribusi dengan konten, Wahid juga sangat berharap agar UNUGHA bisa berkontribusi di Situs Islam Aswaja NU Cilacap Online, yang memberi ruang untuk konten ilmiyah akademis. Publikasi UNUGHA Cilacap bisa lebih tersebar luas nantinya.

“Untuk saat ini NU Cilacap Online telah memiliki kontributor berita di hampir semua kecamatan di seluruh Kabupaten Cilacap. Sehingga untuk bahan penulisan berita bisa dikatakan sudah mencukupi. Akan tetapi untuk konten ilmiah kami masih sangat kekurangan sumber daya. Untuk itu saya berharap civitas akademik di Kampus UNUGHA bisa mengisi kekurangan tersebut,” tandas Wahid.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

twenty + six =

Back to top button