Berita

UNUGHA Cilacap Dan UNUSIA Gelar Seminar Kepemudaan

Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap dan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Jakarta gelar Seminar Kepemudaan pada Minggu (1/08/2021). Narasumber pada seminar ini yakni, Sekretaris Jenderal DPP KNPI, Addin Jauharuddin dan Asisten Staf Khusus Presiden RI, Romzi Ahmad.

Seminar Kepemudaan UNUGHA Cilacap Dan UNUSIA Jakarta mengambil tema “Peran Mahasiswa Dalam Menyikapi Kebijakan Pemerintah Di Tengah Pandemi”. Sebanyak 70 peserta mengikuti acara ini.

Melalui seminar tersebut, mahasiswa akan terbentuk memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Sehingga mampu menjawab serta menemukan solusi persoalan di masyarakat.

Ketua DPM UNUGHA Cilacap, Hanafi Abdul Arif dalam sambutannya mengungkapkan harapannya. Bahwa mahasiswa harus terus berinovasi di era pandemi saat ini.

“Mahasiswa hari ini harus terus mencari inovasi baru dengan membuka wawasan sebanyak-banyaknya. Nantinya inovasi dari mahasiswa bisa terasa dan bermanfaat bagi masyarakat,”  tutur Hanafi.

Dengan adanya kegiatan ini Direktur Kemahasiswaan UNUSIA Jakarta, Ahmad Nurul Huda menaruh harapan lebih. Khususnya kepada mahasiswa di perguruan tinggi NU. “Bertemunya mahasiswa NU ini akan menjadikan kekuatan yang besar, dan akan melakukan gerakan yang besar pula nantinya,” ungkap beliau.

“Kegiatan semacam ini harus terus berjalan guna menambah wawasan dan mempererat silaturahmi sesama mahasiswa NU. Besar harapan ini bukan yang terakhir, tapi bisa terus berlanjut dan semakin besar,” pungkasnya.

Mahasiswa merupakan agen perubahan dan pengontrol kehidupan sosial. Dalam situasi pandemi saat ini, tentunya memiliki peran yang sangat besar untuk masyarakat.

Mahasiswa dapat memanfaatkan media sosial untuk membuat gerakan bersama mahasiswa satu Universitas atau seluruh Indonesia. Mahasiswa dapat mengajak masyarakat melalui media online untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik serta dapat menggalang donasi yang ditujukan kepada yang membutuhkan ditengah pandemi.

Selain itu, mahasiswa dapat melakukan gerakan sosial dengan terjun langsung menjadi relawan satgas Covid-19. Mahasiswa dapat pula menjadi relawan dengan menyalurkan bantuan logistik makanan bergizi, vitamin, masker dan lain sebagainya. Dengan begitu segala elemen yang ada saling bahu-membahu untuk menyudahi penyebaran Covid-19.

Kontributor : Faiz

Editor : Shevila Dewi Pramudia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

twelve + six =

Back to top button