Feature & Figur

Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap

Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap, satu-satunya Universitas Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Gedung Al Ghazali di Komplek Institut Agama Islam Imam Al Ghazali diresmikan untuk menyambut lahirnya Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap, satu-satunya Universitas Nahdlatul Ulama di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Acara peresmian Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap ditandai dengan pemotongan pita oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI H yang juga Ketua PBNU Kacung Marijan, didampingi Katib Aam PBNU KH Malik Madani, pemimpin pesantren Al Ihya Ulumaddin KH CHasbullah Badawi, Wakil Bupati Cilacap Edi Susanto, dan sejumlah pengurus NU Cilacap dan pejabat pemerintahan setempat.

Kiai Casbullah Badawi, pengasuh pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap, menyatakan bahwa Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali Cilacap berkomitmen akan memadukan suasana akademik kampus dengan pesantren.

”Pesantren dan UNU harus dikelola sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan,” tuturnya.

Pesantren al-Ihya’ Ulumaddin terkenal sebagai pesantren tertua dan terbesar di Cilacap. Sejak 1988, pihak pesantren mendirikan  perguruan tinggi bernama Institut Agama Islam Imam Ghozali yang sekarang memiliki tiga fakultas, yaitu dakwah, tarbiyah, dan syari’ah.

Sebelum peresmian, ”Sosialisasi Kurikulum  Nasional 2013” disampaikan Kacung mewakili Mendikbud Muhammad Nuh yang berhalangan hadir. Ia menyampaikan, kurikulum 2013 merupakan upaya perbaikan setelah menelaah sejumlah kekurangan kurikulum yang berlangsung selama ini.

Semangat ”tematik integratif” yang diusung Kemendibud dalam kurikulum baru, kata Kacung, sesungguhnya bukan hal yang baru. Menurut dia, pesantren bahkan sejak lama menerapkan konsep ini. ”Bukan sesuatu yang baru. Ini malah ada di sekolah-sekolah unggulan,” ujarnya.

Kacung mendukung perjuangan pesantren al Ihya Ulumaddin untuk mengembangkan pendidikannya hingga ke jenjang perguruan tinggi. Untuk memperlihatkan negara ini sebagai negara besar di dunia pada peringatan satu abad Indonesia nanti, harus dimulai dari persiapan sumber daya manusia dari sekarang.

Fakultas dan Program Study

Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap adalah Universitas NU yang pertama di Kabupaten Cilacap, dengan Fakultas dan Program Study yang beragam. Kelahiran UNUGHA Cilacap melalui proses panjang dan berliku. Keberadaanya bermula dari ide untuk mengembangkan IAIIG Cilacap menjadi unversitas.

Pada waktu itu yang digagas adalah Universitas Islam Al Ghazali (UNIGHA). Karena secara de jure AIIG Cilacap masuk dalam pembinaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama, sedangkan universitas secara umum di bawah Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional, maka proses metamorfosis dari institut ke universitas melibatkan dua kementerian.

Proses ini ditempuh selama bertahun-tahun. Sampai akhirnya muncul peluang baru untuk pendirian universitas, bukan peralihan bentuk institut ke universitas. Dalam hal ini adalah kebijakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang sejalan dengan kebijakan Mentri Pendidikan Nasional saat itu.

Peluang ini ditangkap oleh tim pengusul UNUGHA yang diback up sepenuhnya oleh Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah (Ya BAKII) Kesugihan, untuk mengajukan usulan pendirian universitas, sesuai dengan tahapan yang jamak dilakukan di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional. Semua tahapan dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Sampai akhirnya UNUGHA Cilacap berhasil mendapatkan ijin operasional penyelenggaraan program studi Strata Sarjana (S1) dengan Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 264/E//O/2014 tanggal 23 Juli 2014.

Dalam hitungan hari, tim pengusul dan publikasi UNUGHA bergerak cepat untuk segera di tahun tersebut (tahun akademik 2014/2015) untuk melakukan penerimaan mahasiswa baru. Dengan fakultas dan program studi yang ditawarkan ada 4 (empat) fakultas dengan 10 program studi.

Keempat fakultas yang dimaksud adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Matematika dan Komputer (FMIKOM) dan Fakultas Teknologi Industri (FTI).

Pertama. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyelenggarakan 2 program studi yaitu (1) Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) dan (2) Pendidikan Guru SD (PGSD).

Kedua. Fakultas Ekonomi (FE), juga menyelenggarakan 2 program studi yaitu (1) Program Studi Ekonomi Pembangunan dan (2) Manajemen.

Ketiga. Fakultas Matematika dan Komputer (FMIKOM), menyelenggarakan 3 program studi, yaitu (1) Program Studi Matematika, (2) Teknik Informatika dan (3) Sistem Informatika.

Keempat. Fakultas Teknologi Industri (FTI), dengan 3 program studi juga, yaitu: (1) Program Studi Teknik Mesin, (2) Teknik Kimia dan (3) Teknik Industri. (Update, 2021)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button