Hukum & Syariat

Pengangkatan JPZIS (Amil Zakat) Oleh NU Care LAZISNU

Bagaimana cara, prosedur pengangkatan  JPZIS (Amil Zakat) oleh NU Care LAZISNU, apa saja syarat syaratnya yang harus dipenuhi, bisakah JPZIS di Masjid dan Musholla mendapatkan SK (Surat Keputusan) Pengesahan dan Pengangkatan oleh NU Care LAZISNU?

Dengan telah mendapatkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No.65/2005, NU Care LAZISNU dari tingkat PBNU, tingkat PWNU oleh Kemnterian Agama Wilayah Propinsi dan PCNU oleh Kementerian Agama Kabupaten, Lembaga Amil Zakat NU Care LAZISNU, termasuk di Kabupaten Cilacap memiliki kewenangan untuk melaksanakan Pengangkatan Lembaga Amil Zakat di tingkat Masjid atau Musholla di desa / kelurahan.

Kewenangan sebagaimana di atas juga dimiliki oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Kabupaten / Kota. Lembaga Amil Zakat tingkat Masjid atau Musholla di desa / kelurahan yang diangkat dan ditetapkan oleh BAZNAS dinamakan Unit Pengumpul Zakat disingkat UPZ. Lembaga Amil Zakat tingkat Masjid atau Musholla di desa / kelurahan yang diangkat dan ditetapkan oleh NU Care LAZISNU dinamakan Jaringan Pengelola Zakat Infaq dan Shodaqoh disingkat JPZIS.

Ke 7 artikel berikut ini saling berkaitan, silakan baca secara berurutan

  1. Konsep Amil Zakat Dalam Negara Modern (Hasil Munas NU 2017)
  2. Syarat Amil Zakat (Munas NU 2017 Dan UU Pengelolaan Zakat)
  3. NU Care LAZISNU, Lembaga Amil Zakat Yang Sah Secara Hukum
  4. Prosedur Pengangkatan Amil Zakat Hasil Munas NU 2017
  5. JPZIS, Jaringan Pengelola Zakat Infak Shodaqoh LAZISNU
  6. Artikel Ke-6 ada di halaman yang sedang dibaca
  7. Panitia Zakat Prakarsa Masyarakat, Sebuah Tinjauan Ulang

LAZISNU Cilacap Mengangkat JPZIS

Lalu, bagaimana cara dan prosedur Pengangkatan Amil Zakat JPZIS oleh NU Care LAZISNU? Berikut langkah-langkah yang disiapkan oleh NU Care LAZISNU Cilacap;

  1. Pengurus Takmir Masjid/Musholla telah melaksanakan Rapat dengan Keputusan menetapkan nama-nama yang akan diusulkan untuk mendapatkan Surat Keputusan sebagai Amil Zakat/JPZIS;
  2. Keputusan Rapat Takmir Masjid/Musholla dituangkan dalam Berita Acara Rapat;
  3. Mengisi Formulir Permohonan Pembentukan JPZIS
  4. Nama-Nama Calon Amil Zakat/JPZIS mengisi Biodata yang disediakan oleh NU Care LAZISNU;
  5. Nama-Nama Calon Amil Zakat/JPZIS mengisi Biodata yang disediakan oleh NU Care LAZISNU;
  6. Berkas-berkas terkait yang sudah disediakan oleh NU Care LAZISNU diisi sebagaimana mestinya;
  7. Pengurus Takmir Masjid/Musholla datang secara langsung dan menghadap ke Kantor NU Care LAZISNU Cilacap

Masih menjadi syarat dari Prosedur Pengangkatan Amil Zakat JPZIS Oleh NU Care LAZISNU; semua calon Pengurus JPZIS / Amil Zakat U Care LAZISNU wajib menandatangai Surat Pernyataan Komitmen untuk : (1) Menjaga nama baik dan martabat NU CARE LAZISNU; (2) Setia memelihara dan membela ajaran Islam Ahlusunnah wal Jamaah an-Nahdliyah, menjunjung tinggi martabat ulama, organisasi dan lembaga, serta memuliakan warga NU; (3) Setia mempertahankan dan membela Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia; (4) Siap menjalankan perjuangan untuk kemaslahatan umat; (5) Bersedia menjadi penggerak Filantropi; (6) Siap memberikan Laporan Pertanggungjawaban penerimaan, pendayagunaan dan pendistribusian zakat, infaq, shadaqoh, dan dana sosial lainnya dilakukan secara periodik, transparan dan akuntabel.

Setelah semuanya terpenuhi, NU Care LAZISNU akan mempertimbangkan dan memutuskan; apakah permohonan SK Amil Zakat dari warga masyarakat dikabulkan atau tidak. Semua membutuhkan pertimbangan yang matang, agar dalam pengesahan dan pemberian SK Amil Zakat tidak melanggar ketentuan hukum apalagi melanggar syariat / hukum Islam.

Prosedur pengangkatan Amil Zakat JPZIS di atas sebagaimana yang ditempuh oleh NU Care LAZISNU Kabupaten Cilacap. Bisa jadi, ada perbedaan di antara satu dengan lainnya, namun secara substantif dan secara prinsip, mekanismenya sudah disesuaikan dengan SOP NU Care LAZISNU, dengan Undang Undang Pengelolaan Zakat, dan Peraturan Pemerintah yang menyertainya.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan datang langsung ke Kantor NU CARE-LAZISNU CILACAP Jl. Masjid No. 09 Sidanegara Cilacap Tengah-Cilacap Kode pos : 53223 Telp : (0282) 539 5195 Hp/WA : 081228221010

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

thirteen − 11 =

Back to top button