656 Jamaah Haji KBIHUNU Cilacap Tahun 2023 Sudah Berangkat

NU CILACAP ONLINE – 656 jamaah haji dalam bimbingan KBIHUNU Cilacap musim haji tahun 2023 sudah berangkat. Pemberangkatan dari Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap. Juga dari halaman Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap, Selasa (13/06/2023) sekitar pukul 19.45 WIB.

Keberangkatan Rabu Malam untuk jamaah calon haji yang masuk dalam Kloter 70 SOC menuju embarkasi Solo di Asrama Haji Donohudan. Sebelumnya, pada hari Senin (12/06/2023) juga sudah berangkat. Mereka tergabung di Kloter 69 SOC.

Humas KBIHUNU Cilacap, Ahmad Bahaji Muskanudin mengatakan, total 656 Jamaah Haji KBIHUNU Cilacap Tahun 2023 merupakan kelompok reguler.

“Dalam waktu yang tersedia, mereka sudah melaksanakan persiapan sampai dengan proses keberangkatan. Dan selama persiapan, pihak KBIHUNU Cilacap sudah memberikan dampingan dan bimbingan sebagaimana mestinya,” katanya.

Pihak KBIHUNU Cilacap, lanjutnya, akan terus memberikan dampingan dan bimbingan selama di tanah suci Makkah dan Madinah. Bahkan hingga kepulangan mereka.

Sementara itu, pihak KBIHUNU Cilacap untuk layanan jamaah haji tahun 2023 juga masih harus membantu persiapan calon jamaah haji yang masuk Kloter 93 dan 94. Mereka akan berangkat di Kloter Sapu Jagat.

“Ada sekitar 47 calon jamaah haji. Pihak kami masih menunggu daftar manifest dari pihak berwenang dalam hal ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap,” ungkap Ahmad Bahaji.

Doa Keberangkatan

Dalam pantauan NU Cilacap Online di titik keberangkatan di Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan, jamaah calon haji melaksanakan serangkaian doa istighotsah. Sejumlah pengurus KBIHUNU Cilacap hadir di lokasi. Juga petugas haji Indonesia dari kabupaten Cilacap.

Tampak juga pihak Forkompimcam Kecamatan Kesugihan dan para Masyayikh Ma’had Al Ihya Ulumaddin.¬†Doa istighotsah dipimpin oleh KH Jabir Mansyur dari Pesantren Asasunnajah Kesugihan.

Ahmad Bahaji menyatakan, tradisi keberangkatan jamaah haji tetap dipertahakan. Yaitu dengan iringan doa dan istighotsah. Usai shalat Maghrib dan Isya berjamaah dengan Shalat Jamak, jamaah calon Haji kembali dikumpulkan. Segera setelah itu bergantian masuk ke Bus.

“Ada 3 rombongan dengan 3 Bus. Ketiganya akan bergabung dengan rombongan yang berangkat dari halaman KUA Kecamatan Kroya,” kata Ahmad Bahaji.

Dari total 656 jamaah haji KBIHUNU Cilacap tahun 2023 banyak yang berusia lanjut. Baik laki-laki maupun perempuan. Bahkan ada beberapa yang masuk kategor risiko tinggi.

“Dengan doa segenap kerabat dan pendamping, kita berharap semua calon jamaah haji diberikan kemudahan oleh Allah SWT,” pungkas Ahmad Bahaji. (MaM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button