Ranting NU

Contoh Surat Keputusan (SK) Pengesahan Pengurus Ranting NU

Contoh Surat Keputusan (SK) Pengesahan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (NU) di bawah adalah yang diterbitkan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap.

Untuk apa Surat Keputusan (SK) Pengesahan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (NU) dibuat, diterbitkan dan disahkan? Di dalam organisasi yang berbadan hukum resmi seperti Organisasi NU, dibuat, diterbitkan dan disahkannya SK Ranting NU untuk menegaskan legalitas keberadaan Organisasi Ranting NU.

SK Ranting NU juga memiliki fungsi sebagai dokumen legal formal baik untuk keperluan internal maupun eksternal. Secara internal, memiliki fungsi sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan oleh pengurus Ranting NU. Secara eksternal, memiliki fungsi untuk membuktikan keberadaan dan eksistensi struktur organisasi NU di tingkat Desa.

Siapa yang berhak membuat, mengesahkan dan menerbitkan Surat Keputusan (SK) Pengesahan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (NU)? Untuk diketahui, bahwa sesuai dengan AD ART NU Hasil Muktamar ke-33 di Jombang, Surat Keputusan (SK) Pengesahan Pengurus Ranting NU diterbitkan dan disahkan oleh Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat.

Hal itu juga sesuai dengan Peraturan Nahdlatul Ulama Hasil Munas Alim Ulama dan Konbes NU tahun 2017, yang menyatakan bahwa;1. Surat Pengesahan (Keputusan) susunan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (NU) diterbitkan oleh Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU); 2. berdasarkan permohonan tim formatur ditanda tangani oleh Rais Syuriyah terpilih sebagai Ketua Formatur dan Ketua Tanfidziyah terpilih sebagai Sekretaris; 3.dengan dilampiri berita acara hasil Musyawarah Ranting dan; 4.persyaratan lain yang diatur dalam Bab/Pasal pengajuan Surat Keputusan.”

Berikut ini Contoh SK Ranting NU, File versi .pdf bisa didownload di >> sini

Contoh Surat Keputusan (SK) Pengesahan Pengurus Ranting NU

Pada praktiknya, tidak semua Pengurus MWCNU benar-benar siap untuk menerbitkan dan mengesahkan SK Pengurus Ranting NU. Selain karena ketidaksiapan secara administrasi di tingkat MWCNU, Pengurus Ranting NU justeru menghendaki agar SK Ranting NU diterbitkan oleh Pengurus Cabang NU.

Hal semacam itu juga terjadi di lingkungan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap. Sebagai solusinya, ditempuh jalur yang meguatkan dan sah secara organisatoris; bahwa yang  membuat, mengesahkan dan menerbitkan Surat Keputusan (SK) Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (NU) adalah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama yang keputusannya ditetapkan melalui Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab).

Sejak 3 Masa Khidmat dari tahun 2007-2012, 2012-2017 dan 2018-2023, NU Cabang Cilacap menerbitkan dan mengesahkan Surat Keputusan (SK) Pengurus Ranting NU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

18 − seven =

Back to top button