Dokumentasi
Trending

NU Cilacap Peringkat I Tingkat Jawa Tengah

Pengurus Cabang NU Cilacap mendapatkan Peringkat Terbaik I tingkat Jawa Tengah dalam hal pengelolaan SISNU dan SIMNU sebagaimana ketetapan dalam Surat Keputusan PWNU Jawa Tengah Nomor 543/PW/A.II/SK/II/21 tertanggal 09 Rajab 1442 H / 21 Februari 2021.

Surat Keputusan PWNU Jawa Tengah tersebut diserahkan kepada perwakilan NU Cilacap yang hadir disertai Piagam Penghargaan bersamaan dengan pelaksanaan Harlah NU ke 98 (Hijriyyah) di Gedung PWNU Jl. Dr. Cipto 180,  Ahad Malam, 21 Februari 2021.

Wakil Ketua PWNU Jawa Tengah Dr. Mahsun Mahfudz mengatakan, penghargaan diberikan kepada Pengurus Cabang NU Cilacap (I), Grobogan (II), Kebumen (III), Banyumas (IV), Blora (V) dan Temanggung (VI).

“Ke enam PCNU tersebut diberikan penghargaan sesuai dengan kriteria dan parameter yang sudah ditetapkan oleh PWNU Jawa Tengah dalam skor pemeringkatan pengelolaan SISNU dan SIMNU tahun 2021 tingkat Jawa Tengah,” katanya.

Dr. Mahsun menegaskan, kriteria pengelolaan SISNU dan SIMNU menjadi tolak ukur pemeringkatan bersamaan dengan tolak ukur lainnya. Di antaranya, keberadaan Admin SISNU dan SIMNU, pelaksanaan Sensus Warga NU, pelaksanaan PKPNU, pencetakan Kartanu dan Kelengkapan SK Ranting NU yang diunggah ke SISNU.

“NU Cilacap mendapatkan peringkat I tingkat Jawa Tengah dari akumulasi penilaian yang ada sejumlah 320 point,” katanya.

SISNU adalah Sistem Informasi Strategis Nahdlatul Ulama, sebuah platform digital berbasis website yang digunakan untuk melaksanakan program PWNU Jawa Tengah berupa sensus warga NU, aset organisasi NU dan fasilitasi pencetakan Kartu Tanda Anggota NU.

Baca Juga: Cetak Kartanu Anda di 5 Wilayah Ini

Sementara SIMNU merupakan Sistem Informasi Maarif Nahdlatul Ulama tingkat Jawa Tengah dengan platform yang kurang lebih sama dengan SISNU. Namun, SIMNU lebih menekankan aspek database ke-ma’arifan-an di bawah naungan LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah. Baik SISNU maupun SIMNU, sama-sama dijadikan program oleh PWNU Jawa Tengah masa Khidmat 2018-2023.

Sekretaris Pengurus Cabang NU Cilacap, Khazam Bisri mengatakan, penghargaan peringkat I tingkat Jawa Tengah bagi PCNU Cilacap kiranya bisa menjadi pelecut bagi semua tim yang terlibat dalam program Sensus Warga NU dan Kartanu.

“Penghargaan ini merupakan bukti kerja keras semua Tim, baik PJ sensus maupun para Operator Sensus di masing-masing Ranting. Kami menyampaikan terima kasih kepada Tim, juga kepada PWNU Jawa Tengah atas penghargaan ini,” kata Khazam Bisri yang juga Koordinator Cabang pelaksanaan Sensus Warga NU tingkat Kabupaten Cilacap.

Khazam Bisri menambahkan, program sensus NU masih akan terus dilanjutkan. Di Kabupaten Cilacap sendiri, katanya, akan dipertegas kembali melalui forum Musyawarah kerja Cabang-II tahun 2021 yang akan datang.

“PWNU Jawa Tengah sudah menetapkan perpanjangan sensus warga NU sampai bulan Mei 2021. Oleh sebab itu, pelaksanaannya di Kabupaten Cilacap juga diteruskan sampai batas maksimal yang ditetapkan,” ungkapnya.

Sisnu, Sensus NU dan Kartanu

Sementara itu, KH Maslahudin, Wakil Rais Syuriyah Pengurus Cabang NU Cilacap menyatakan ucapkan terima kasih kepada tim SISNU maupun para operator yg telah kerja keras melaksanakan program NU ini. Dengan penganugerahan NU Cilacap Peringkat I Tingkat Jawa Tengah, Sisnu dan sensus NU semakin terbuka menjadi pintu masuk penguatan keanggotaan NU.

“Penguatan anggota melalui data yg tersistem dan kartu tanda anggota ini yang sering kali para pengurus mengabaikan, menganggap kartu tanda anggota tidak penting. Padahal KARTANU ini sebagai bukti legal formal anggota NU terdaftar sebagai warga NU,” katanya

KH Maslahudin mengumpanakan, Kartanu ini sebgai bukti keanggotaan NU, seperti KTP sebagai bukti kewarganegaraan RI seseorang, wong motor mobil yg tidak bernyawa saja juga ada kartunya yaitu STNK, sebagai bukti identitas jenis anggota motor atau mobil, apa lagi manusia yg beriman biar jelas terdaftar sebagai anggotanya para Kyai, jelas menjadi pengikutnya para ulama pewaris para Nabi.

SISNU adalah bagian dari program unggulan yg menjadi prioritas di jajaran PCNU Cilacap sampai ke Ranting-Ranting NU se Kabupaten Cilacap. Dengan program SISNU dan SIMNU yang terukur dan teratur dan terus berlanjut tahap dua.

“Semoga segenap tim operator diberi kemudahan dalam melaksanakan program selanjutnya,” harapnya.

Terpilihnya NU Cilacap sebagai PCNU terbaik tingkat Jawa Tengah, menjadi penanda perkembangan prestasi PCNU Cilacap. Sebab, penghargaan serupa, belum pernah didapatkan sebelumnya.

Editor: Ma’rifah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3 × four =

Back to top button