Dokumentasi

NU Cilacap Evaluasi dan RTL Pasca Pengukuhan PCNU Terbaik

Pengurus Cabang NU Cilacap menggelar evaluasi dan rencana tindak lanjut (RTL) usai pengukuhan sebagai PCNU terbaik se Jawa Tengah dalam pengelolaan SISNU dan SIMNU. Rapat Evaluasi dan RTL dilaksanakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap Jumat (26/02/2021).

Rapat dilaksanakan di Aula Gedung Pusdiklat PCNU Cilacap. Acara ini dihadiri oleh Wakil Ketua PCNU Cilacap, H Imam Tobroni. Tiga komponen penting dalam program SISNU dan SIMNU juga dihadirkan. Mereka terdeiri dari penggerak SISNU di Cilacap, yakni; Koordinator Kader Penggerak NU, Admin Cabang SISNU PCNU Cilacap, dan Penanggung Jawab SISNU MWCNU Se Kabupaten Cilacap.

Agenda pertama diawali dengan evaluasi program SISNU yang sudah berjalan di setiap daerah. Selain itu, juga ada tanggapan dan masukan dari teman-teman MWCNU serta rekomendasi dan saran kepada tim SISNU di tingkat cabang.

Sekretaris PCNU Cilacap, Khazam Bisri menuturkan ada beberapa dinamika yang terjadi, baik di tingkat MWCNU maupun Pengurus Ranting.

“Dinamika yang dihadapi oleh teman-teman operator dan penanggung jawab program SISNU MWCNU akan kami pantau, yang kurang kami perbaiki dan yang sudah baik terus kami tingkatkan.” tuturnya.

Selanjutnya, agenda kedua adalah RTL yang disusun untuk terus meningkatkan progres ke depan. NU Cilacap Menjadi peringkat 1 se Jawa Tengah tidak lantas menjadi puas dengan hasil yang didapat. Tpi ini menjadi sebuah pemicu semangat dalam meningkatkan program SISNU kedepannya, khususnya di Cilacap.

“Tentunya kami berbahagia atas diraihnya peringkat pertama SISNU, karena ini bentuk kerjasama kami di tingkat pengurus cabang, MWCNU, dan operator ranting dihargai begitu baik oleh PWNU Jawa Tengah. Dan semoga dengan mendapatkan penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kita semua, tidak menjadi kendor dan justru malah meningkat,” ungkap Gus Khazam

Khazam Bisri menambahkan, kalau sekarang baru mendapatkan 20 persen dari hasil SISNU, kami rencanakan dan menyepakati pada tahun 2021 1 juta warga Cilacap harus sudah terinput dalam program SISNU. Kami berharap mendapat dukungan dari komponen masyarakat dan keluarga besar NU, karena tanpa dilakukan bersama-sama tidak akan mungkin sukses.

PCNU Terbaik se Jateng
Fatikhin, Penanggungjawab Sensus MWCNU Kedungreja menerima potongan tumpeng dari Wakil Ketua PCNU Cilacap, H. Imam Tobroni

Program SISNU tidak berhenti sampai di sini saja, tapi ke depannya kita tetap berjalan. Apa saja yang mau dilakukan teman-teman, karena dalam program ini harus tersinkronisasi secara keseluruhan. Baik antar MWCNU dan lembaga serta badan otonomnya, maupun pengurus ranting dan badan otonomnya bersama-sama ikut mensukseskan SISNU.

“Dari hasil evaluasi, dirumuskan rencana tindaklanjut berdasarkan rekomendasi dari teman-teman MWCNU, akan kami tindak lanjuti di Musyawarah Kerja Cabang (MUSKERCAB) Ke-2 PCNU Cilacap pada Ahad (07/03/2021) pekan depan, ” ungkap Gus Khazam, yang juga koordinator SISNU Cabang.

Sebelum acara ditutup, dilakukan  pemotongan tumpeng sebagai  wujud rasa syukur atas diraihnya peringkat satu tingkat Jawa Tengah. Pucuk tumpeng diserahkan oleh Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Cilacap, Imam Tobroni kepada Koordinator Penanggung Jawab SISNU MWCNU Kedungreja.

Harapan ke depan, PCNU Cilacap harus memiliki kelengkapan data, karena di SISNU ini bukan hanya data masyarakat atau data warga NU tapi ada beberapa aset NU berupa, masjid, musholla, taman pendidikan al-quran, madrasah dan lainnya. Maka ini jadi semangat untuk membentuk data yang baik dan kuat.

Penulis: Shevilla Dewi Pramudita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

18 − seven =

Back to top button