Lembaga NU

LBM MWCNU Adipala Gelar Musabaqoh Qiroatul Kutub

Lembaga Bahtsul Masail (LBM) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Adipala adakan Musabaqoh Qiroatil Kutub (MQK) dalam rangka peringatan Hari Lahir NU Ke-98, bertempat di Gedung MWCNU Adipala, Sabtu (27/02/2021) lalu.

Dalam perlombaan tersebut dibagi menjadi tiga kategori antara lain; usia SD/MI Kitab Mabadi Fiqih juz 2, SMP/MTs Kitab Safinatun Najah, dan SMA/MA Kitab Fathul Qorib. Sasaran dari perlombaan ini antara lain santri madrasah diniyah, TPQ, pondok pesantren, masjid, musholla, alumni pondok pesantren serta kalangan umum. Juri perlombaan terdiri dari kiai dan gus, jajaran pengurus LBM MWCNU Adipala.

Turut hadir dalam pembukaan MQK Rais Syuriah  KH Sahal Ghozali, Ketua Tanfidziyah H M Yakup Karmawan beserta jajaran pengurus MWCNU Adipala. Dalam sambutannya H M Yakup Karmawan mengungkapkan harapannya agar event MQK ini dapat melahirkan dai dan daiyah.

“Saya berharap melalui lomba MQK ini tercetak generasi muda NU yang mampu menjadi da’i-da’i muda yang bisa mendakwahkan Islam Rahmatan Lil’alamin ala Ahlussunah Wal Jama’ah di tengah-tengah masyarakat. Serta  mengukir generasi kitab kuning di kalangan generasi NU, yang bersanad sampai ke Rasulullah Muhammad SAW”, harapnya.

Baca Juga : PCNU Cilacap Gelar Lomba Qiroatul Kutub Virtual

Sebelum perlombaan dimulai, peserta melakukan registrasi ulang dengan membawa salinan kartu identitas berupa Kartu Keluarga atau Akte Kelahiran kepada panitia, dan selanjutnya mengambil nomor undian sebagai nomor urut peserta. Terdapat 92 peserta dengan rincian kategori Kitab Mabadi Fiqih 32 peserta, Kitab Safinatunnajah 34 peserta, Kitab Fathul Qorib 26 peserta.

Selanjutnya peserta masuk ke ruang perlombaan sesuai kategori, teknis pembacaan kitab dilakukan dengan undian sebelum peserta membaca kitab dan diberi waktu lima menit.

Hasil perlombaan langsung diumumkan pada hari itu juga, para pemenang mendapatkan tropy, piagam serta uang pembinaan. Berikut daftar pemenang lomba Qiroatul Kutub

Kategori Kitab Mabadi Fiqih

Juara I Yudi Mustofa dari Annur Center Doplang

Juara II Naura Miftahu R dari Annur Center Doplang

Juara III Marsela Dwi Rahma dari MI Ya Bakii Welahan Wetan

Kategori Kitab Safinatunnajah

Juara I Asih Ambarwati dari PP Roudlotul Huda Welahan

Juara II Cahya Kamilia dari PP Roudlotul Huda Welahan

Juara III Aristi Cahaya N dari Al Hidayah Welahan

Kategori Kitab Fathul Qorib

Juara I Nurul Khozinah dari Ridlalillah Karang Sari

Juara II Sri Jayanti dari PP Roudlotul Huda Welahan

Juara III Salsa Nadira dari Ridlolillah Karang Sari

Kontributor: Shevilla Dewi Pramudita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

three × 4 =

Pilih Artiikel Menarik Lainnya
Close
Back to top button