Ini Pemenang Musabaqah Qiraatul Kutub RMINU Adipala

NU CILACAP ONLINE – Musabaqah Qiraatul Kutub Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Adipala menghasilkan beberapa pemenang untuk kategori yang dilombakan. Para pemenang berasal dari sejumlah Pondok Pesantren dan TPQ Madin yang ada di Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap.

RMINU Adipala menyelenggarakan Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) dalam rangka memeringati Harlah Satu Abad NU Ahad (19/2/2023), di Pondok Pesantren Darul Fawaid Welahan Wetan Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap.

Kepada NU Cilacap Online, Ketua RMINU Adipala Kiai Imdadurrohman S.Pd. mengatakan, lomba Musabaqah Qiraatul Kutub sebagai upaya meneladani sosok Ulama salafusshaleh para pengarang Kitab Kuning.

“Hakikat Musabaqah Qiraatul Kutub ini adalah untuk mengasah sekaligus menguji penguasaan santri pondok pesantren atas Kitab Kuning karangan Ulama terdahulu. Lomba sendiri sebagai metode, bukan sebagai tujuan,” terang Kiai Imdadurrohman S.Pd. Musabaqah Qiraatul Kutub

Menurut Kiai Imdadurrohman S.Pd., penetapan para pemenang dalam Musabaqah Qiraatul Kutub RMINU Adipala untuk membangkitkan semangat para peserta.

Artikel Terkait

Kiai Imdadurrohman S.Pd menegaskan, para Ulama Salafussolih Mushonnif Kitab Kuning dengan kedalaman ilmunya telah turut mencerdaskan kehidupan umat Islam. Tidak terkecuali di kalangan santri pondok pesantren. Juga santri TPQ Madin.

“Kita patut bangga dengan Musabaqah Qiraatul Kutub RMINU Adipala ini. Mari kita kuatkan santri dengan penguasaan kitab kuning untuk mengkaji, memahami dan mengamalkan ilmu warisan dari ulama Salafussolih dan Ulama-Ulama Nahdlatul Ulama,” pungkas Kiai Imdadurrohman S.Pd

Dalam pelaksanaan Musabaqah Qiraatul Kutub RMINU Adipala, para santri dari MADIN,TPQ, dan Pondok pesantren diuji kemahiran mereka dalam membaca kitab yang disiapkan oleh panitia penyelenggara. Mulai dari membaca kitab, menerjemahkan dan menjabarkan isi kitab yang dibaca.

Para Pemenang

Di antara Kitab yang dilombakan dalam Musabaqah Qiraatul Kutub RMINU Adipala antara lain; Kitab Mabadi Fiqih, Safinatunnajah, Hidayatussibyan, Aaqidatul Awwam, Kitab Taqrib. Daftar Pemenang Lomba Musabaqah Qiraatul Kutub yaitu;

  1. Kitab Hidayatussibyan : juara 1 diraih Haya Adzkiatul Mar’ah dari MI Yabakii Welahan Wetan. Juara 2 Teni Talisa dari ponpes Al-Muhtar penggalang, juara 3 Risti Dwi Kartika dari Madin Ridlolillah Karangsari.
  2. Pemenang Kategori kitab Mabadil Fiqih : juara 1 Najiatul Istiqomah dari ponpes Darul Falah Sikampuh Kroya, juara 2 Naura Miftahur Ramadhani dari Annur Center Doplang, juara 3 diraih oleh Achid Safiqul Afham dari Madin Ridlo lillah Karangsari
  3. Kitab Safinnatunnajah : juara 1 Nabila Aulia Rahma dari MTs Raudlatul Huda Welahan Wetan, juara dua diraih oleh Khalifatun Nisa al-Firosy dari Ponpes APIK Kesugihan, juara 3 Evrylitha Aqiela Ghassani dari TPQ Raudlatul Huda Welahan Wetan.
  4. Pemenang Kategori Kitab Taqrib : juara 1 diraih oleh  M Zaidan Rifai Maulana dari Ponpes Nurul Iman Kuripan, juara 2 diraih oleh Hasna Maulida dari MA Raudlatul Huda Welahan Wetan, juara 3 diraih oleh Sofiyah Hanum Agustia dari TPQ Raudlatul Huda Welahan Wetan.
  5. Kategori kitab Aqidatul Awwam : juara 1 diraih oleh A’izzatul Maula dari Ponpes APIK Kesugihan , juara 2 diraih Dhiya Rabi’a Almadina dari Annur Center Doplang, juara 3 diraih oleh Rizky aditana saputra dari MI Yabakii Welahan Wetan.
  6. Nadham Asmaul Husna : juara satu diraih oleh Durriyah dari Welahan Wetan, juara 2 diraih oleh Kuwati Welahan Wetan,  dan juara 3 diraih Sholihatun Khasananh dari Welahan.

Musabaqah Qiraatul Kutub RMINU Adipala juga dibarengkan dengan Ruqyah Massal dan Thibbun Nabawi oleh Pengurus Cabang Jam’iyyah Ruqyah Ahlussunah Waljama’ah (PC JRA) Cilacap.(Khayaturrohman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button