Daerah

Porsadin Tingkat Kecamatan Adipala Mencetak Generasi Yang Terampil

Pekan Olahraga dan Seni Diniyah Takmiliyah (Porsadin) dan Festival Anak Sholeh (Fasi) tingkat Kecamatan Adipala resmi dibuka oleh Camat Adipala yang diwakili oleh Mantri Adipala Heri Setiadi.

Kegiatan Porsadin dan Fasi kali ini diselenggarakan di Madrasah Diniyah As-Shidiqiyah Desa Penggalang Kecamatan Adipala dengan mengusung tema “Bersama Madrasah Diniyah Membangun Generasi Islam Nusantara”, Ahad, (5/6/2022).

Adapun Porsadin dan Fasi melombakan beberapa cabang olahraga dan seni diantaranya tahfidz, Musabaqah Qira’atul Wal Kutub (MQK) Safinatunnaja, Cerdas Cermat Diniyah (CCD), pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Arab, Kaligrafi, Murottal Wal imla, Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Puisi Islami, atletik, bulutangkis, tenis meja, catur cepat, adzan dan iqomah, nasyid, lomba mewarnai, peragaan sholat dan mendongeng kisah islami.

Tujuan Porsadin dan FASI

Menurut ketua pantia penyelenggara Irfangi maksud dan tujuan kegiatan Porsadin dan Fasi adalah untuk menggali dan mengembangkan potensi santri Madrasah Diniyah Takmiliyah (Madin) dan Taman Pendidikan Al Qur’an(TPQ) melalui bakat dan minat.

“Selain itu juga membangun sinergi dan ikatan silaturrahim antar Madrasah Diniyah. Lebih lanjut adalah memperkuat peran, fungsi dan posisi organisasi Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) sebagai wadah Ikatan Silaturrahim Madrasah Diniyah Takmiliyah dan TPQ,” tutur Irfangi.

Irfangi kepada NU Cilacap Online menuturkan bahwa Porsadin di Kecamatan Adipala ini merupakan kali yang ke Lima.

“Dengan terselenggaranya Porsadin  dan harapan yang besar semoga yang juara berlanjut sampai ke tingkat Kabupaten , Provinsi dan Nasional ,” lanjutnya.

Baca juga

Ketua DPC FKDT Kabupaten Cilacap Mahruri, S.Ag dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Porsadin dan Fasi di Kecamatan Adipala. Mahruri mengatakan bahwa pada hari yang sama ada empat Kecamatan yang menyelenggaran Porsadin yaitu; Adipala, Kesugihan, Jeruklegi dan Kampunglaut.

Beliau berpesan kepada panitia dan dewan Yuri untuk melaksanakan penjurian dengan profesional, tidak membela peserta dari Madin maupun TPQ nya sendiri tapi harus tegak lurus demi kejayaan Adipala.

“Karena nanti yang juara satu akan bertanding lagi di tingkat kabupaten dan seterusnya sampai ke tingkat nasional. Jadi yang juara benar-benar harus yang memang mumpuni dan bisa. Untuk itu kepada para peserta lomba agar berjuang sekuat tenaga, ikhtiar dan berdoa untuk meraih kemenangan,” pesannya di hadapan peserta.

Selain Forkompincam Adipala, acara yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) ini juga dihadiri oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Penggalang, guru Madin dan TPQ Se-Kecamatan Adipala, peserta dan masyarakat umum yang ada di Kecamatan Adipala. Turut hadir diantara tamu undangan Wakil Ka KUA Penyuluh K. Hajri Shidiq , Mewakili Koramil Wahidin, Mewakili Kapolsek Babinsa Desa Penggalang Wahid, dan Imam Masjid Qubatul Izza KH Nurhamid Alhafidz.

Tiga peserta Porsadin dan FASI tingkat Kecamatan Adipala dengan perolehan point tertinggi diraih masing-masing oleh MDT Ridlol Ilah (31 pont), MDT Ummul Quro (20 point) dan MDT As-Shidiqiyah Penggalang

Kegiatan lomba berakhir hingga sore hari dan langsung mengumumkan para juaranya juara Umum MDT Ridlol Ilaah Karangsari. Para juara 1 Porsadin dan Fasi tingkat Kecamatan Adipala berlanjut ke jenjang tingkat Kabupaten Cilacap.

Kontibutor: Fathin Amamah
Editor : Khayaturrohman

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button