Berita

DPC FKDT Cilacap Putuskan Rencana Strategis Tahun 2021

Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Rapat Pimpinan (Rapim) tingkat Kabupaten Cilacap. Kegiatan dilangsungkan di hotel Sindoro, Ahad (21/2)  dengan protokol kesehatan ketat.

Rapim Dewan Perwakilan Cabang FKDT Cilacap yang digelar di Hotel Sindoro ini dilaksanakan dengan protokol Kesehatan yang ketat dan diikuti oleh 40 orang peserta.

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Kankemenag Kabupaten  Cilacap,  Imam Tobroni didampingi Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Banu Tolib Majid .

Pada kesempatan tersebut, H Imam Tobroni menyampaikan bahwa perkembangan dunia dengan globalisasi mengandung sisi positif dan negative yang tak bisa dihindari oleh madrasah diniyah.

“Perkembangan dunia dengan globalisasi dan era digital tidak bisa dihindari. Ada sisi positif dan sisi negatif yang masuk melalui berbagai kondisi. Hal ini juga berimbas pada hadirnya ideologi. Faham , budaya dan karakter bisa datang setiap saat tanpa batas ruang dan waktu. Dan anak didik usia madrasah diniyah tidak bisa menghindar ”, tutur Imam Tobroni.

Oleh karena itu, menurutnya madrasah diniyah harus mempersiapkan diri mengahadapi tantangan ini. Untuk itu, ia meminta agar Madrasah Diniyah di lingkungan FKDT Cilacap memperkuat karakter keagamaan moderat.

“Maka saatnya juga merumuskan model pembelajaran dan pendidikan yang berbasis digital untuk perkuat karakter keagamaan yang moderat sekaligus mengembangkan semangat nasionalisme,” tegas Imam Tobroni.

Rencana Strategis 2021

Dalam Rapim DPC FKDT Cilacap ini dibacakan Progres Report DPC FKDT tahun 2020. Program kerja tahun 2020 inilah yang dijadikan sebagai bahan acuan dalam menyusun Rencana Strategis (Renstra) FKDT Cilacap tahun 2021. Selanjutnya beberapa program yang tertinggal akan dilaksanakan di tahun 2021.

Ketua DPC FKDT Cilacap, H Mahruri menyampaikan bahwa karena faktor pandemi, banyak terjadi Perubahan  pada pelaksanaan  progress report 2020.

”Progress report ini merupakan laporan kegiatan yang telah dilakukan oleh DPC FKDT Kabupaten Cilacap sejak Januari hingga Desember 2020. Yang mana terjadi banyak perubahan dan tentunya hasil yang belum maksimal. Ini karena efek Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung selesai menjadi salah satu faktor kurang terserapnya program kerja yang sudah direncanakan pada tahun 2020”, katanya.

Selanjutnya kata H Mahruri , “Renstra 2021 disusun guna menjadi pijakan utama pada kegiatan saat ini sebagai rujukan bagi DPC dan DPAC FKDT di Kabupaten Cilacap. Untuk itu, besar harapan kami ada pengkritisan, masukan, saran dan kritik atas perencanaan program strategis yang akan dijalankan di tahun 2021”.

Berikut Rencana Strategis (Renstra) 2021 hasil Rapim DPC FKDT Cilacap;

  1. Bidang organisasi; Pembuatan Kartu Tanda Anggota Guru Madin/FKDT terintegrasi Kartu ATM Bank Jateng, Penguatan uniform (baju batik asatidz-santri, atribut lain) mulai dari asatidz hingga santri, peningkatan kesejahteraan melalui pengajuan kepada Pemprov, Pemda Cilacap, Donator, dll, dan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Bidang kurikulum; pengadaan untuk MDT Awaliyah Buku Ajar Pegon, bimbingan Teknis model pembelajaran berbasis Arab Pegon, penyusunan Model Pembelajaran berbasis digital.
  3. Bidang data; penguatan data lembaga, asatidz, dan santri melalui Pendataan EMIS ataupun Simdata dan integrasi data kelembagaan dengan KTA berbasis perbankan
  4. Bidang perekonomian; pendirian Koperasi Madin Tingkat Kabupaten Cilacap dan pemberdayaan usaha kecil milik asatidz dan atau lembaga
  5. Bidang kesantrian; Pelaksanaan Pekan Olah Raga dan Seni antar Diniyah Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2022 dan penyusunan Proposal, Kepanitiaan dan Penganggaran
  6. Bidang advokasi; Pendampingan lembaga di Pemerintah Kabupaten/Propinsi dan Pendampingan atas FKDT/MDT dengan lembaga mitra lainnya
  7. Bidang humas dan publikasi; Pemberdayaan website DPC FKDT dan Penerbitan Jurnal Ilmiah online terindeks

Penulis: Naeli Rokhmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

16 − one =

Pilih Artiikel Menarik Lainnya
Close
Back to top button