Trending

KH Imam Tobroni: KBIHU NU Cilacap Unggulan, Terbaik Nasional

NU CILACAP ONLINE – KBIHU NU Cilacap merupakan program unggulan PCNU Cilacap yang terbaik diakui secara Nasional hal itu disampaikan Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Cilacap, KH Imam Tobroni.

Pernyataan itu Ia sampaikan dalam Pembukaan Manasik Massal Calon Jamaah Haji Tahun 2024 M/1445 H Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh Nahdatul Ulama (KBIHUNU). Adapun tempat dan acara yakni berada di Gedung IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Cilacap, Sabtu (24/2/2024) kemarin.

Dikatakan bahwa tahun ini rekor KBIHU NU ada 1002 calon jamaah dari kuota calhaj Kabupaten Cilacap sebanyak 1214 orang. “Maka jumlah calon jamaah haji KBIHU NU Cilacap tahun 2024 ini adalah rekor calon jamaah terbanyak,” akunya.

Kendati KBIHU NU Cilacap merupakan unggulan, dan KBIH terbesar se-Jawa Tengah bahkan diakui secara Tingkat nasional, Imam Tobroni berpesan kepada seluruh calon jamaah. Yakni untuk melatih kesabaran sebelum menunaikan Ibadah Haji.

“Ada tiga kunci kelancaran Ibadah Haji untuk diketahui, pertama kesabaran, kedua kesabaran dan ketiga kesabaran. Kesabaran yang tiada pernah henti. Bersabarlah saat menunaikan ibadah haji.” terangnya.

Jamaah Haji KBIHUNU Cilacap

Sebelumnya Ketua KBIHU NU Cilacap KH Labibburrohmat melaporkan bahwa calon jamaah haji dari KBIHU NU Kabupaten Cilacap mencapai 1002 orang. Mereka adalah berasal dari seluruh wilayah di Kabupaten Cilacap.

“Alhamdulillah tahun ini calon jamaah haji dari KBIHU NU Cilacap mencapai 1002 orang. Laporannya 998 orang Calhaj akan tetapi penambahan Cadangan, yang hadir pada Manasik Massal hari ini ada 1002 orang.” ucapnya.

Sementara itu Pejabat Bupati Cilacap Awaluddin Muuri mengapresiasi kegiatan Manasik Massal tersebut. Ia menyatakan bahwa dari jumlah kuota haji Kabupaten Cilacap secara keseluruhan, sebagian besar berasal dari KBIHU NU.

Dirinya pun mengapresiasi, memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PCNU Cilacap. Secara khusus lagi kepada KBIHU NU Cilacap.

“Tadi sudah dilaporkan dari kuota Kabupaten Cilacap 1214 calhaj, 1000 lebihnya ini dari KBIHU NU Cilacap.” Jelasnya.

Awaluddin juga berpesan kepada peserta manasik untuk dapat ikuti manasik dengan sebaik-baiknya. Agar nanti saat Ibadah Haji, para calon jamaah sudah paham dan sesuai dengan syariat Islam.

Dikatakan manasik itu seperti diklat, oleh karena itu sudah seharusnya Calhaj mengikuti seluruh rangkaian bimbingan manasik haji dengan sebaik-baiknya. Sehingga pada saatnya nanti dapat menunaikan ibadah haji dengan sempurna.

“Tentunya dalam manasik adalah bimbingan, transfer pengetahuan, dan pemahaman tentang manasik haji. Hal ini untuk mewujudkan kelancaran dalam melaksanakan ibadah haji dengan benar, aman, tertib, dan sesuai dengan ketentuan syariat Islam.” pesannya. (IAS/IHA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button