Badan Otonom NU

Audiensi PC Fatayat NU Cilacap Wujudkan Sinergitas

Cilacap, NU Cilacap Online

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap mengundang PC Fatayat NU Cilacap untuk melaksanakan audiensi. Audiensi PC Fatayat NU Cilacap ini dilaksanakan pada Jum’at 21 Februari 2021 pukul 10.00 bertempat di gedung PUSDIKLAT PCNU Cilacap.

Pasca tersusunnya susunan pengurus PC Fatayat NU Cilacap periode 2021-2026, sesuai dengan mandat dan amanat NU bahwa semua banom harus dilindungi dan disinergikan, maka diadakan audiensi untuk seluruh Banom NU sebagai penguatan organisasi, tak terkecuali PC Fatayat NU Cilacap.

Perlu adanya pembinaan bagi Fatayat khususnya kepengurusan yang baru, karena Fatayat adalah Banom sekaligus organisasi kader yang merupakan bagian dari NU, seperti yang dituturkan Wakil Ketua PCNU Cilacap Imam Tobroni.

“Perlu adanya kekompakan, belajar sesuai rambu-rambu, AD ART, dan tata kerja organisasi karena Fatayat merupakan organisasi badan otonom sekaligus kader yang mengutamakan organisasi di banding segalanya.” katanya.

audiensi pc fatayat
Audiensi Fatayat NU dengan PCNU Cilacap sebagai wujud sinergi antar Badan Otonom

Hal ini dilakukan agar terjadi sinergitas dan keselarasan gerakan antara PCNU dan PC Fatayat agar program-programnya bersinergi dan tersambung dengan NU, dengan harapan, semoga PC Fatayat NU Cilacap bisa mengimplementasikan 4 grand design NU yang menjadi prioritas organisasi,  yaitu bidang keagamaan, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Tun Habibah merasa sangat bersyukur dan bahagia karena diawal mendapat mandat dan amanat di Fatayat NU, lalu diundang oleh PCNU untuk diberi pembekalan tentang 4 pilar tersebut.

“Adanya audiensi ini kita dalam mengemban amanah di Fatayat NU jadi termotivasi. Kita juga menjadi tahu pilar-pilar apa saja yang penting dan bisa menjadi garapan kami. Ada  keagamaan dimana kita harus bisa menjaga nilai-nilai luhur akidah NU.  Apalagi di usia Fatayat yang notabene adalah ibu muda.  Jadi memang pembekalan agama ini sangat penting. Lalu ada bidang kesehatan. Usia Fatayat adalah usia  produktif dan syarat dengan persoalan kewanitaan. dimana  ini  berhubungan erat dengan perempuan-perempuan NU khususnya Banom Fatayat NU”, katanya.

Tun Habibah juga menuturkan bahwa di  bidang pendidikan,  ternyata ibu muda yang punya anak usia dini perlu bekal bagaimana agar bisa mendidik anak mereka  dengan baik. Untuk ini Fatayat  juga menyikapi pendidikan di Kabupaten Cilacap untuk kategori PAUD yang notabene langsung dibawah naungan NU  belum ada.  Banyak masukan dari berbagai  salah satunya Wakil Ketua PCNU Cilacap Imam Tobroni yang membuka wacana kita Fatayat untuk bangkit.

Lepas dari masalah pendidikan, Fatayat juga memandang  perlunya  bersinergi dengan Kementrian Agama terkait masalah pernikahan  usia dini. di mana pernikahan dini dianggap sebagai pemicu  angka perceraian.

“Angka perceraian di Cilacap mencapai hampir 3 besar di wilayah Propinsi Jawa Tengah.  Ini menjadi PR bagi Fatayat agar tetap berjalan di rel  yang ada dalam aturan yang telah ditetapkan NU,”pungkasnya.

Pembinaan ini dihadiri oleh Wakil Ketua PCNU Cilacap Imam Tobroni, Sekretaris PCNU Cilacap Khazam Bisri, Wakil Bendahara PCNU Cilacap Yusro, serta Ketua Umum PC Fatayat NU Tun Habibah dan 11 pengurus harian PC Fatayat NU Cilacap.

Tun Habibah juga menambahkan, dari audiensi diharapkan pengurus harian ini nantinya bisa menyebarkan informasi apa saja yang tadi diamanatkan untuk disampaikan ke pengurus lainnya seperti ke departemen-departemen agar menjadi awal pembekalan bagi para pengurus.

Sekretaris PC Fatayat NU Nisfatul Azizah menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda pertama dalam masa kepengurusan PC Fatayat NU Cilacap yang baru.

“Karena ini awal dari kepengurusan, jadi acara ini baru pertama kali dimasa kepengurusan baru. Kami mendapat undangan dari PCNU, dan kami mengikuti alur acara yang telah dipersiapkan oleh PCNU. Mungkin acara ini seperti gendu-gendu rasa juga musyawarah.  Kami pun mendapat arahan serta gambaran untuk program Fatayat ke depan seperti apa, bagaimana program tersebut dapat selaras, sejalan, dan bersinergi dengan PCNU”, katanya.

Dengan audiensi PC Fatayat Cilacap, diharapkan adanya hubungan yang selaras antara PC Fatayat dengan PCNU Cilacap. Lebih lanjut, Fatayat akan mampu menyusun dan menerapkan program kerja yang selaras dengan grand design PCNU, yang tidak menyimpang dari NU.

Penulis : Zulia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

sixteen − twelve =

Back to top button