Trending

JRA Cilacap Gelar Sinau Bareng Upgrading Ilmu Thibbun Nabawi

NU CILACAP ONLINE – Pengurus Cabang Jam’iyyah Ruqyah Ahlussunah Waljamaah (PC JRA) Kabupaten Cilacap, mengadakan sinau bareng (Belajar Bareng) dengan tema “Sinau bareng upgrading Ilmu Thibbun Nabawi bersama PW JRA Jawa Tengah” , pada Ahad (18/2/2024) di gedung Majlis Shalawat Tanwirul Qulub Gumilir, Cilacap Utara.

Kegiatan sinau bareng ini adalah program kerja (Proker) Pengurus Wilayah Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (PW JRA) Provinsi Jawa Tengah dari Divisi Thibbun Nabawi.

Ketua PC JRA Cilacap Imam Subekti S.Sos.I dalam sambutannya memberikan apresiasi dan semangat motivasi kepada peserta sinau bareng untuk bisa mengikuti kegiatan ini dengan seksama sampai selesai.

“Nanti dari narasumber akan memaparkan dua materi, yang pertama ilmu thibbun nabawi bekam sunah, yang kedua materi pijat reposisi tulang belakang” kata Imam saat konfirmasi kepada NU Cilacap Online.

Pengobatan Ala Rasulullah

Ilmu Thibbun Nabawi merupakan segala sesuatu hal yang terkandung dalam Al-Qur’an dan As-Sunah (hadits) shahih yang berkaitan dengan kedokteran baik berupa pencegahan (penyakit) atau pengobatan.

“Thibbun Nabawi yang masyhur biasanya kita kenal dengan istilah hijamah (bekam), habbatussauda, dan madu. Thibbun Nabawi sejatinya lebih luas dari ketiga hal tadi. kepada seluruh peserta untuk bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik dan seksama” imbuhnya.

Selanjutnya narasumber sinau bareng dari Pengurus PW JRA Jawa Tengah, Kiai Khamim Maskur S.Pd.I dari Kota Salatiga. Memberikan wawasan mendalam tentang ilmu Thibbun Nabawi, terutama dalam konteks bekam dengan mengedepankan Standar operasional (SOP) dari segi sunah maupun kedokteran dan tata cara penanganan kepada pasien dengan profesional.

“Tak hanya teori, peserta juga untuk melakukan praktik langsung bekam sunah menjadikan sesi ini sangat interaktif dan edukatif. Insya Allah bisa menyembuhkan 72 macam penyakit bekam pada hari sunah yaitu pada tanggal 17, 19, 21 bulan Hijriyah” tutur Khamim .

Praktek Bekam Sunah

Materi kedua tentang pijat reposisi tulang belakang, kombinasi pijat Yumeiho (Pijat Jepang) sesi kedua ini lebih banyak praktik dari materi.

Program Sinau Bareng Upgrading ini adalah untuk membekali praktisi terapis dari JRA untuk lebih profesional dalam bidang terapi komplementer dan thibbun nabawi, yang bersertifikat dari lembaga pelatihan kompetensi Nasional sebagai syarat untuk mengajukan Surat Terdaftar Penyehat Tradisional (STPT) ke Dinas Kesehatan di daerah masing-masing.

Kegiatan tersebut pesertanya tidak hanya dari praktisi JRA Cilacap melainkan dari Lingmascakeb (Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen) berjumlah 70 peserta. Juga dihadiri oleh Pengurus PW JRA Jateng dari Divisi Thibbun Nabawi, Divisi Ruqyah Kiai Masrokan, Divisi Infokom Awal Suhaji S.Pd, Pembina PC JRA Cilacap Kiai Ikhrom. (Rhmn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button