Lembaga NU

JRA Adipala Ramaikan Jalan Doplang dengan Aksi Bagi Takjil

Selasa Sore (04/05) Jalan Raya Doplang arah Adipala-Kroya menjadi ramai oleh aksi berbagi takjil. Aksi berbagi takjil ini dilaksanakan oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) Jaringan Rukyah Aswaja (JRA) Adipala bersama dengan santri Majelis Annur Aswaja Center Adipala.

Kepada NU Cilacap Online, Ketua PAC JRA Adipala Musyafa Ma’ruf (Gus Syafa) menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk lebih mempererat tali silaturrahim antar anggota JRA Adipala. Selain itu juga sebagai bentuk kepedulian sosial selama Bulan Ramadhan dengan berbagi takjil bagi pengguna jalan yang lewat dijalan raya Doplang arah Adipala-Kroya.

Gus Syafa yang juga pengasuh Majelis Annur Aswaja Center juga menyinggung perihal keutamaan berbuka puasa dan kesunahannya. Sehingga mendorong para praktisi JRA Adipala mengadakan aksi berbagi takjil ini.

“Mengutip perkataan Syech Said Muhammad Ba’asyin dalam Busyrol Karim bahwa orang yang berpuasa disunahkan berbagi sesuatu dengan orang lain untuk buka puasanya meskipun hanya sebutir kurma atau seteguk air. Kalau dengan makan malam, tentunya lebih utama”, terang Gus Syafa.

Aksi berbagi takjil ini menurut Gus Syafa baru pertama kali diadakan oleh JRA Adipala.”Ini pertama kalinya Jaringan Rukyah Aswaja di Adipala mengadakan aksi berbagi takjil. Insyaalloh untuk selanjutnya akan menjadi agenda rutin tiap bulan Ramadhan yang akan datang”.

Selain berbagi takjil, untuk mengisi agenda Ramadhan, dalam waktu yang sama PAC JRA Adipala juga menyelenggarakan serangkaian acara yang dikemas dalam Kegiatan berbagi takjil dan buka Bersama. Acara buka bersama digelar di Aula Annur Center Desa Doplang Kecamatan Adipala.

JRA Adipala berbagi takjil
JRA Adipala buka bersama dengn santri majelis Annur Aswaja Center

Kegiatan diawali dengan Tadarus Alqur’an, pembacaan Rotibul Hadad, wirid A Wirid Assakran dan Sholawat Badawi Kubro secara bersama-sama, dengan dipimpin oleh Gus Miftah, praktisi Rukyah Aswaja Adipala. Kegiatan ini diakhiri dengan buka bersama dan sholat maghrib berjama’ah.

Apa Itu Jaringan Ruqyah Aswaja?

Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) adalah gerakan dakwah yang bergerak di sektor Thibbun Nabawi dan sebagai motor penggerak dakwah islam yang berhaluan Ahlussunnah Waljama’ah ( Al-asy’ariyah bermadzhab dan bertasawwuf) dengan visi Terwujudnya dakwah Al Qur’an Bil Ruqyah yang Rohmatan Lil ‘Alamin. Prinsipnya, diharapkan setiap muslim mampu menjadi dokter bagi keluarganya melalui wasilah Al Qur’an dan menjadikan Al Qur’an sebagai pertolongan pertama bagi makhluk yang sakit.

Pengobatan dengan menggunakan metode ruqyah kini mulai menjadi alternatif bagi sebagian orang yang menderita berbagai macam penyakit. Ruqyah diyakini dapat membantu menyembuhkan penyakit sebab metodenya bersumber dari Al-Qur’an.

Kontributor : Fathin Amamah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3 − 2 =

Back to top button