Fatayat NU Adipala Dan Welahan Wetan Santuni Anak Yatim Piatu

NU CILACAP ONLINE – Pimpinan Anak Cabang Fatayat NU Adipala dan Pimpinan Ranting Fatayat NU Welahan Wetan santuni anak yatim piatu bersama dengan kegiatan rutinan, Ahad (21/8/2022), di musholla Miftahul Huda Desa Welahan Wetan.

Ketua PAC Fatayat NU Adipala, Eti Sri Sulastri mengatakan, kegiatan santunan ini rutin dilakukan setiap tahunnya dalam rangka memperingati Tahun Baru 1444 Hijriyah tepat di awal bulan Muharram.

“Untuk tahun ini jumlah anak yatim piatu yang disantuni sejumlah 52 anak. Dana diperoleh dari donasi Fatayat NU Se-Kecamatan Adipala dan dibagikan ke yatim piatu Se-Kecamatan Adipala juga,” imbuh Eti

Menurut  Eti Sri Sulastri, selain acara santunan Anak Yatim Piatu juga ada kegiatan Posbindu Fatayat NU atau cek kesehatan yang semua petugasnya dari Bidang Kesehatan PAC Fatayat NU Adipala, Haul massal yang dipimpin oleh Bidang Dakwah juga Mau’idzah Hasanah yang kali ini menghadirkan dari KUA Adipala M Hajri Sidiq S.H, S.Ag,” terang Eti.

Hadir pula dalam kegiatan Santuan Anak Yatim Piatu atayat NU Adipala Dan Ranting Fatayat NU Welahan Wetan antara lain; ketua Pembina Organisasi Wanita Kecamatan Adipala Yuyu Kartini, perangkat Desa Welahan Wetan, ketua Ranting NU Desa Welahan Wetan, ketua-ketua badan otonom Se-Desa Welahan Wetan, Takmir Mushola Miftahul Huda dan ketua RW serta ketua RT setempat.

Hakikat Santunan

Ketua Takmir musholla Miftahul Huda Sururudin mengatakan bahwa salah satu ibadah di bulan Muharram adalah menyantuni anak yatim. Tanggal 10 Muharram diperingati sebagai lebaran yatim yang bertepatan juga dengan hari Asyura. Pada hari itu Rasulullah memberikan jamuan dan menyayangi anak yatim.

“Menyantuni anak yatim bisa dilakukan dengan selain uang, bisa dengan ilmu pengetahuan, memberikan kehangatan keluarga dan hal baik lainnya. Supaya di kehidupan yang akan datang anak yatim bisa memiliki kehidupan yang layak.” Terang Surur yang juga Kasatkorkel Banser Welahan Wetan.

Sementara itu, Yuyu Kartini ketua organisasi wanita Kecamatan Adipala dalam sambutannya mengapresiasi setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Fatayat NU Adipala.

Selain itu juga mengucapkan terima kasih karena Fatayat sudah ikut serta meramaikan kegiatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di tingkat Kecamatan.

“Sinergi ini agar senantiasa dijaga dan lestari agar saling menguatkan antara pemerintah dengan seluruh organisasi-organisasi wanita yang ada di Kecamatan Adipala,” ungkap Yuyu.

Selain itu Yuyu juga menambahkan kepada sahabat Fatayat agar setiap mengikuti dan melaksanakan kegiatan untuk ijin terlebih dahulu kepada para suami supaya ketika kegiatan merasa tenang dan tidak terbebani karena sudah mendapat ijin dan restu dari suami.

Kontributor : Fathin Amamah
Editor : Khayaturrohman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button