Dokumentasi

Beberapa MWCNU Ini Prioritaskan Membangun Kantor Sekretariat

Beberapa Pengurus MWCNU Cilacap prioritaskan membangun gedung Kantor Sekretariat MWCNU pada pelaksanaan program Tahun 2021. Hal itu terungkap dalam Laporan Tahunan pada Rapat Kerja Awal Tahun PCNU Cilacap bersama Pengurus MWCNU se Kabupaten Cilacap, Ahad (17/01).

Laporan Tahunan 2020 disampaikan secara bergantian oleh 23 MWCNU yang hadir, beserta rencana pelaksanaan kegiatan tahun 2021. Rapat Kerja juga dihadiri oleh Wakil Rais Syuriyah PCNU Cilacap KH Maslahudin, Wakil Ketua H. Drs. Muhadin Syarief dan Wakil Ketua H. Paiman Sahlan.

Pada kesempatan memberikan sambutan, KH. Maslahudin menekankan kembali pentingnya penguatan lembaga-lembaga NU di tingkat MWCNU. Menurutnya, salah satu kunci sukses pelaksanaan program adalah pemberian peran yang cukup dan berkesinambungan kepada lembaga-lembaga NU.

“Pengurus Harian MWCNU baik syuriyah maupun tanfidziyah akan lebih kuat secara organisatoris jika didukung dengan peran Lembaga-Lembaga NU. Variasi pelaksanaan program juga bisa terlihat jika dilaksanakan oleh lembaga NU,” katanya.

Berkaitan dengan kegiatan MWCNU tahun 2021, KH Maslahudin mengharapkan agar MWCNU benar-benar punya program prioritas, program unggulan. Salah satunya adalah agar MWCNU bisa prioritaskan pembangunan gedung atau kantor Sekretariat. Prioritas program juga harus mengarah pada lahirnya manfaat bagi masyarakat; seperti program bidang pertanian.

Pembangunan Kantor Sekretariat

Berkaitan dengan prioritas pembangunan gedung atau kantor sekretariat, beberapa MWCNU memang sudah mencanangkan untuk tahap awal, tahap lajutan, hingga tahap penyelesaian. MWCNU Cimanggu misalnya, memilih prioritaskan pembangunan kantor Sekretariat

“Tahun 2021, tahap lanjutan pembangunan gedung sekretariat MWCNU Cimanggu direncanakan selesai. Itu untuk lantai duanya. Untuk lantai satu, sudah jadi dan sudah digunakan untuk akifitas MWCNU beserta Lembaga dan Badan Otonom” ungkap H. Abdul Majid D, Ketua MWCNU Cimanggu.

Hal senada disampaikan oleh K. Kusnandar M.Pd., Ketua MWCNU Karangpucung. Sampai Desember tahun 2020, menurutnya, pembangunan kantor sekretariat MWCNU sudah melampaui tahapan hingga 60%. MWCNU Membangun Gedung Sekretariat di prioritaskan mengingat kepengurusan MWCNU Karangpucung akan berakhir di Desember 2021 nanti. Gedung Kantor Sekretariat dilengkapi dengan Rumah yang kelak dihuni oleh Imam Masjid Besar Karangpucung.

Sementara itu, K. Sudirno dari MWCNU Sampang menyatakan, pembangunan gedung Kantor Sekretariat Bersama MWCNU Sampang terus dilaksanakan. Sejak pelatakan batu pertama, Pengurus MWCNU Sampang Cilacap menyegerakan untuk menyelesaikan bangunan gedung dimaksud.

Sebagaimana diberitakan NU Cilacap Online beberapa waktu yang lalu, MWCNU Bantarsari juga sudah siap melaksanakan pembangunan gedung kantor sekretariat bersama. Hal tersebut diungkapkan kembali oleh K. Ikhsanudin di hadapan forum Rapat Kerja Awal tahun.

Perencanaan dan Perluasan Kantor

Empat MWCNU masing-masing Cilacap Selatan, Wanareja, Kampunglaut, Binangun, sama-sama sudah memperoleh tanah wakaf. Sebagiannya masih dalam proses Ikrar Wakaf seperti di Cilacap selatan dan Wanareja. Di MWCNU Kampunglaut juga demikian.

Sementara itu, MWCNU Binangun, melalui gerakan wakaf bersama, telah menuntaskan perolehan dana wakaf tidak kurang dari 400 juta rupiah. Ini diluar ekspektasi pengurus MWCNU Binangun

“Target tahun 2021, tidak sampai Juli, Insya Allah sudah bisa diperoleh sekitar 700 juta rupiah. Ini karena beberapa ranting NU di Binangun, sudah melampaui target minimal dana wakaf bersama sebesar 25 juta rupiah,” ungkap Kyai Slamet Anhari, Ketua MWCNU Binangun.

Senada dengan MWCNU Binangun, Pengurus MWCNU Jeruklegi juga sudah menetapkan untuk prioritaskan pembangunan gedung kantor sekretariat. H. Muhlison, Ketua MWCNU Jeruklegi, menyampaikan, saat ini, Januari 2021, tahap pembangunan pondasi dan penanaman cakar ayam sudah dilaksanakan, termasuk pengurugan area bangunan.

Untuk MWCNU Nusawungu dan Kroya, karena sudah terlebih dahulu memiliki gedung sekretariat bersama, mereka menetapkan untuk memperluas area kantor sekretariat. Di MWCNU Kroya, tahun 2021 diprioritaskan perluasan tanah. Dan di MWCNU Nusawungu, direncanakan penambahan ruang-ruang sekretariat lembaga dan badan otonom NU.

Tampil di bagian akhir, H. Towil Al Baha, Ketua MWCNU Kesugihan meyakinkan kepada PCNU Cilacap. Bahwa MWCNU Kesugihan sebenarnya sudah hampir mendapati persetujuan untuk pembelian tanah guna pembangunan kantor sekretariat.

“Namun karena satu dan lain hal, pembelian tanah tersebut mengalami pembatalan. Kami di tahun 2021, tetap merencanakan pembangunan kantor sekretariat,” katanya.

Hal senada disampaikan H. Damanhuri, Ketua MWCNU Gandrungmangu. Bersama seluruh komponen NU di Gandrungmangu, sedang menyiapkan rencana pembangunan gedung sekretariat di tahun 2021 ini.

Sudah Memiliki Gedung Sekretariat

Untuk Kantor MWCNU Cipari akan diperluas bangunannya dengan pembangunan gedung pertemuan dan sekretariat lembaga badan Otonom, sebagaimana diungkapkan oleh K. Slamet Yusuf, Ketua MWCNU Cipari.

Selain berasal dari gerakan wakaf bersama, rerata pembangunan gedung diperoleh dari dana wakaf dan donasi warga NU dan simpaisan NU. Ini bentuk kemandirian organisasi yang menjadi ciri khas kekuatan organisasi NU.

Beberapa Pengurus MWCNU di Kabupaten Cilacap memang sudah memiliki Gedung Sekretariat Bersama. Di antaranya, MWCNU Adipala, Kroya, Nusawungu, Maos, Kawunganten, Sidareja, Kedungreja, Cipari dan Patimuan. Sampai dengan tahun 1926, mudah-mudahan semuan MWCNU di Kabupaten Cilacap sudah memiliki gedung kantor Sekretariat. Kita doakan semua MWCNU Membangun Kantor Sekretariat

Pimpinan rapat Kerja Awal tahun

Hal itu sebagaimana diharapkan oleh H. Paiman Sahlan dalam sambutan penutupan Rapat Kerja Awal tahun 2021 PCNU Cilacap. Terhadap pelaksanaan Rapat Kerja, H. Paiman Sahlan berharap juga agar Rapat Kerja dengan agenda penyampaian laporan tahunan, bisa dilaksanakan di tingkat MWCNU.

Sebelumnya, PCNU Cilacap melaksanakan Rapat Kerja Akhir Tahun 2020 bersama Lembaga dan Badan Otonom NU. Rapat Kerja Awal tahun 2021, dengan menerapkan protokol kesehatan di masa PSBB, dibuka dan dipimpin oleh Khazam Bisri, S. Ag., sekretaris PCNU Cilacap. (Admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

5 × two =

Back to top button