Pengurus MWCNU Nusawungu Cilacap Jawa Tengah

NU CILACAP ONLINE – Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama / MWCNU Nusawungu Cilacap Jawa Tengah merupakan salah satu Struktur Organisasi NU di tingkat Kecamatan. Pengurus MWCNU Nusawungu membawahi struktur organisasi Ranting NU sejumlah 16 (enam belas) Ranting NU.

Kecamatan Nusawungu di Kabupaten Cilacap merupakan wilayah paling timur; yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Ayah di Kabupaten Kebumen. Sebagian wilayah beberapa desa di Nusawungu bagian selatan juga berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Di bagian utara, beberapa desa berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyumas.

Kondisi geografis Kecamatan Nusawungu yang berbatasan dengan wilayah kabupaten lain, seperti kecamatan Dayeuhluhur, memungkinkan pertemuan antar tradisi dan budaya. Jika di Dayeuhluhur mayoritas berbahasa Sunda, maka di Nusawungu mayoritas berbahasa Jawa.

Di wilayah Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, mayoritas warganya Muslim dengan paham Ahlussunnah wal Jamaah; dari mayoritas yang ada, mereka juga berafiliasi ke organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Setidaknya, mereka adalah warga NU (Nahdliyin) dari sisi amaliyah keagamaannya.

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap bersama dengan pengurus MWCNU Nusawungu bergandengan tangan mengembangkan Islam Ahlussunnah wal Jamaah Al Nahdliyyah.

Keberadaan Pengurus MWCNU Nusawungu Cilacap Jawa Tengah dengan warga, tradisi, dan kohesifitasnya sendiri sangat mendukung perkembangan dan layanan organisasi NU; sejak dari awal perkembangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button