Lembaga NU

24 Kepala Madrasah Di Lingkungan LP Maarif NU Dilantik

Sejumlah 24 Kepala Madrasah yang berada di lingkungan Lembaga Pendidikan Maarif NU Cilacap mengikuti Pelantikan serentak di Gedung Pusdiklat PCNU Cilacap, Sabtu (4/09/2021).

Acara ini dihadiri langsung oleh ketua Tanfidziyah PCNU Cilacap, KH. Nasrullah Muchson, Ketua Pengurus Cabang LP Ma’arif NU Cilacap, H Muniriyanto, 24 kepala madrasah, perwakilan LP Maarif MWCNU dan perwakilan guru-guru madrasah se-Cilacap.

Sejumlah kepala madrasah yang terlantik berasal dari 10 madrasah tingkat Raudhatul Athfal (RA), 11 madrasah tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan 3 madrasah tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Dalam sambutannya, Ketua LP Ma’arif NU Cilacap H. Muniriyanto menyampaikan pesan kepada kepala-kepala madrasah terlantik agar mampu menjadi bagian terpenting garda terdepan organisasi NU khususnya di lingkungan lembaga pendidikan Ma’arif.

“Saya berharap setelah terlantik, mampu menjadi stakeholder yang handal di LP Maarif NU Cilacap”, ungkapnya.

Beliau juga menambahkan ada 3 hal penting yang menjadi tugas kepala madrasah yang terlantik, diantaranya;

1. Berkaitan dengan ke NU an dalam hal ini mengenai pemahaman dan penguatan Islam ala ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyah, khususnya di lembaga pendidikan yang dibawahinya.

2. Penguatan ideologi bangsa, dalam hal ini Kepala Madrasah harus mampu membangun kecintaan terhadap NKRI dalam pola penguatan wawasan kebangsaan.

3. Peran sosial, Kepala Madrasah wajib menjadi stakeholder yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi.

“Tiga hal yang wajib dimiliki seorang kepala madrasah, yaitu penguatan Ke NU an, penguatan ideologi dan penguatan peran sosial”, tegasnya.

Pelantikan kepala madrasah ditandai dengan penandatangan yang keterwakilkan oleh Ketua PC LP Ma’arif NU Cilacap, Ketua LP Maarif MWCNU serta perwakilan kepala-kepala madrasah yang terlantik.

Medali OSKANU

Selepas pelantikan, PC LP Maarif NU Cilacap juga memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada siswa-siswi berprestasi. Mereka adalah para peraih medali juara di Olimpiade Sains dan Ke NU-an (OSKANU) II tingkat PWNU Jawa Tengah.

Total 34 medali juara diraih dengan rincian untuk tingkatan MI sejumlah 23 siswa/siswi dan untuk tingkatan MTs/SMP sejumlah 11 siswa/siswi. Penyerahan medali juara oskanu II diserahkan langsung oleh Ketua PCNU Cilacap, KH. Nasrullah Muchson didampingi ketua PC LP Maarif NU Cilacap, H. Muniriyanto.

Penyerahan Medali OSKANU
Proses Penyerahan Medali Juara OSKANU II tingkat LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah

Di sesi terakhir, Ketua PCNU Cilacap, KH. Nasrullah menyampaikan,  dalam proses pelantikan bukan sekedar ceremonial belaka. Sudah dicontohkan di zaman Nabi Muhammad SAW saat menerima amanah kenabian yang memuat banyak makna dan prinsip.

“Sama halnya dengan pelantikan kepala madrasah yang menjadi nilai ibadah dalam menyiapkan kader masa depan NU. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama khususnya lembaga pendidikan di bawah LP Maarif NU,” ungkapnya.

KH Nasrulloh Muchson juga mengungkapkan bahwa pelantikan adalah media untuk menyiapkan kader di masa yang akan datang.

“Pelantikan bukan sekedar ceremonial, tapi amanah yang harus dijaga. Seperti halnya yang sudah dicontohkan Nabi kita karena kedepannya yang terlantik punya tanggungjawab menyiapkan kader NU dimasa mendatang”, lanjutnya.

Selain itu, LP Maarif NU Cilacap juga memberikan penguatan dan konsolidasi dengan beberapa guru-guru madrasah yang hadir pada saat pelantikan terutama penguatan di sektor pendidikan.

Penulis: Ahmad Nur Wahidin
Penyunting: Naeli Rokhmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 × 3 =

Back to top button