Lembaga NU

Pengurus Lembaga Pendidikan (LP) Maarif NU Cilacap 2018-2023

Pengurus Lembaga Pendidikan (LP) Maarif NU Cilacap 2018-2023, Lembaga Pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama disingkat LP Maarif NU, bertugas melaksanakan kebijakan Nahdlatul Ulama dibidang pendidikan dan pengajaran formal.

LP Maarif NU Cilacap memiliki sejarah perkembangan yang panjang. Di bawah nanti akan diuraikan secara singkat. Kantor Pengurus Lembaga Pendidikan (LP) Maarif NU Cilacap 2018-2023 beralamat di Jl. Masjid  NO.1/36, Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap Propinsi Jawa Tengah.

Berikut ini Susunan Pengurus LP Maarif NU Cilacap Masa Hidmah 2018-2023:

Ketua: H. Muniriyanto, MM, M.Pd
Wakil Ketua: Ir. H. Khatim Sam’ani
Wakil Ketua: H. Labiburrohmat, S.Pd.I
Wakil Ketua: Maryono, M.Pd.I
Wakil Ketua: Narti, S.Pd, M.Pd
Wakil Ketua: Ali Sodiqin, S.Ag, M.Pd.I

Sekretaris: Amrul Mukmin, S.Pd.I
Wakil Sekretaris: Ibnu Tamyiz, S.Ag
Wakil Sekretaris: Akhmad Faozan, S.Pd.I
Wakil Sekretaris: Libanun Muzazin, S.Ag.

Bendahara : H. Subarkah Fajarudin, ST
Wakil Bendahara : Drs. H. Ghofir Rohman
Wakil Bendahara : H. Mathori, S.Pd, MM

Bidang-Bidang

Bidang MA/SMA/SMK
Ketua : Drs.Fuad Al Jihad
Sekretaris : Ahib Izudin,M.Pd
Anggota : Badrus Soleh,S.Pd
Anggota : Chasbulloh Maulana,S.Pd.I
Anggota : Sutriman,S.Pd

Bidang MTs/SMP
Ketua : Fathudin,S.Pd.I
Sekretaris : Lukman Daroni,S.Pd
Anggota : Faizun Mustangin,S.Pd.I
Anggota : Suratman,S.Ag
Anggota : Ali Mansur,M.Pd.I
Anggota : H.Musanto,.MPd

Bidang MI/SD
Ketua : Umar Fatoni,S.Ag,M.Pd
Sekretaris : Ah.Zahid Mahmud,S.Pd.I,M.Pd
Anggota : Ngadino,S.Pd.I
Anggota : Solihin,S.Pd.I,M.Pd
Anggota : Sangidin,S.Pd.I
Anggota : Dwi Damayanti,M.Pd.I

Bidang RA/TK/PAUD/KB
Ketua : Nunung Marti Winingsih,S.Pd
Sekretaris : Mutmainah,S.Pd.I
Anggota : Nur Halimah,S.Pd
Anggota : Umu Choiriyah,S.Pd
Anggota : Mungalim,S.Pd.I

Bidang Pengembangan Sarana dan Prasarana
Ketua : Sungeb,S.Sos
Sekretaris : Rahmat Salam
Anggota : H.Abdul Latif Tugiyo,SE,SH,MM,M.Hum
Anggota : H.Surip Supriyadi

Bidang Pelatihan dan Pengembangan SDM
Ketua : Dr.Agus Sutiyono,M.Pd
Sekretaris : Alfi Zubaidah,S.H.I
Anggota : Munawar,S.Pd.I
Anggota : Mursida Aziz,S.Pd.I

Baca Artikel menarik tentang Maarif sebagai Satuan Pendidikan NU.

Sejarah LP Maarif NU Cilacap

Lembaga Pendidikan Ma arif NU Cilacap Dalam Lintasan Sejarah Periode Rintisan Pertama Pada tahun 1980 an di Kabupaten Cilacap, khususnya warga nahdiyyin belum memiliki wadah lembaga pendidikan yang berhaluan Ahlus Sunnah Wal Jama ah (Aswaja). Sekolah/Madrasah masih berdiri sendiri-sendiri di bawah pengelolaan masing-masing yayasan.

Sementara masyarakat Nahdiyin memiliki ghirah yang tinggi terhadap peningkatan taraf pendidikan umatnya. Maka sangat didambakan akan berdirinya sebuah lembaga pendidikan yang berhaluan Aswaja yang dapat menaungi sekolah-sekolah/madrasah dan medukung peningkatan pendidikan.

Atas dasar pemikiran tersebut, seorang tokoh pendidikan dari kalangan nahdiyin H. Bunyamin, B.A, mempunyai gagasan dan inisiatif tentang pendirian lembaga pendidikan yang diperlukan masyarakat. Oleh karena itu, tepatnya pada hari Rabu Pahing, 15 Januari 1986, bertepatan dengan 04 Jumadil Ula 1406, beliau mendirikan lembaga pendidikan yang berhaluan Aswaja, untuk menaungi sekolah-sekolah dan madrasah-madrasah di lingkungan NU, yaitu Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma arif NU Cilacap, di Maos Kidul Jalan Penatusan, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap di bawah pimpinan serta Ketua Pertama adalah H. Bunyamin, B.A, sendiri.

Pendirian lembaga pendidikan ini mendapat respon yang luar biasa dari masyarakat sekitar. Semakin meningkatnya pengakuan dari masyarakat sekitar, dipandang perlu meningkatkan status dengan mendapatkan legalitas dari organisasi induk agar mendapatkan legalitas pula dari pihak pemerintah sebagai sebuah lembaga pendidikan yang diakui secara hukum.

Karena lembaga pendidikan yang berhaluan Aswaja dan memiliki hubungan yang erat dengan Nahdlatul Ulama, maka meminta pengakuan dari PP Ma arif sebagai salah satu Lembaga di NU yang mengurusi bidang pendidikan di tingkat pusat, untuk menjadi Pengurus Cabanag Lembaga Pendidikan Maarif NU Cilacap yang ada dibawah naungan PP LP Ma arif Nahdlatul Ulama.

Pengakuan ini diterima yang selanjutnya PC LP Ma arif NU Cilacap adalah salah satu Lembaga Pendidikan yang memiliki akte dibawah PP LP Ma arif Nahdlatul Ulama sejak tanggal 15 Januari Maka lengkaplah sudah PC LP Ma arif NU Cilacap dengan mendapatkan pengakuan dari masyarakat dan resmi menjadi sebuah Pimpinan Cabang Lembaga Pendidikan dibawah Pengawasan PP LP Ma arif Nahdlatul Ulama serta dalam naungan Nahdlatul Ulama.

Sebagai Pimpinan Cabang Lembaga Pendidikan Ma arif NU di Kabupaten Cilacap, berpindah lokasi di Jl. Masjid I No. 36 Cilacap hingga sekarang. Semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi informatika dan Semakin majunya Lembaga Pendidikan PC LP Ma arif NU Cilacap terus mengembangkan menejemen yang lebih efektif, efisien yang berbasis IT dan karena pentingnya membuat lini organisasi yang aktif dan mampu merepresentasikan cita-cita NU dan secara aktif melibatkan diri dalam gerakangerakan social keagamaan untuk memberdayakan umat.

Pada kesempatan ini secara singkat juga kami kemukakan urutan nama-nama ketua PC LP Maarif NU Cilacap dari periode 1-5 adalah,

  1. Periode pertama dengan ketua H. Bunyamin B. A,
  2. Periode kedua dengan ketua Drs. H. Mubasir Ismail,
  3. Periode ketiga diketuai oleh H. Jamaludin Ashar B.A,
  4. Periode keempat dengan ketua Drs. KH. Wasrof Wahyudin dan
  5. Periode kelima dengan Ketuanya Saudara H. Munirianto, M.M. MPd,

Pada periode ini, PC LP Ma arif NU Cilacap menyadari bahwa lembaga ini merupakan aparat departemen PCNU Cilacap yang berfungsi sebagai pelaksana kebijakan-kebijakan pendidikan secara institusional dan memberikan fasilitas serta pelayanan dalam mendirikan satuan-satuan pendidikan mulai dari tingkat dasar dan menengah baik yang bernaung di bawah Departemen Pendidikan Nasional RI (dulu Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI) maupun Departemen Agama RI.

Hingga saat ini lembaga pendidikan PC LP Maarif NU Cilacap yang tersebar di seluruh Kabupaten Cilacap, mulai dari TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK cukup banyak. Tentang jumlah pastinya dan keberadaan masing-masing lembaga masih dalam proses pendataan. Sejarah PC LP Maarif Nu Cilacap Sejarah Maarif Sejarah Nahdlatul Ulama (NU) adalah sejarah panjang pergerakan umat Islam di Indonesia yang melibatkan proses institusionalisasi pendidikan sebagai bagian penting di dalamnya.

Pendidikan, bagi tokoh dan warga NU merupakan lembaga paling strategis untuk mewujudkan semangat almuhaafazhah ala l-qadiimi sh-shaalih wa l-akhdz bi l-jadiidi l-ashlah (melestarikan hal terdahulu yang baik dan menerapkan hal baru yang lebih baik). Melalui pendidikan, khazanah dan paham keagamaan serta upaya penguatan umat dapat dilakukan secara berkesinambungan dari generasi ke generasi.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

twelve + eleven =

Back to top button