GERBUHU 1433 H Memanfaatkan Teleconference

Gerbuhu 1433 H bertepatan dengan 25 Oktober 2012 / 9 Dzulhijjah 1433 H akan memanfaatkan teleconference. Ini merupakan kali pertama jajaran PCNU Cilacap, KBIHNU dan JANAH mencoba memanfaatkan tehnologi informasi dan komunikasi berbasis audio visual.

Prakteknya, Jamaah Haji KBIHNU yang sedang wukuf di Arafah 9 Dzulhijjah akan ditampilkan secara life sehingga keluarga Jamaah haji dan Alumni KBIHNU bisa menyakisikan langsung bagaimana prosesi wukuf dengan tampilan gambar.

“Ini merupakan terobosan baru bagi pelaksanaan Gerbuhu 1433 H. Sebelumnya, siaran langsung dari Arafah hanya menggunakan media audio/suara,” kata Priyono, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Cilacap.

Priyono menambahkan bahwa Teleconference ini untuk pertama kalinya hanya dilakukan di Titik Gerbuhu Cilacap Kota, tepatnya di Pondok Pesantren Daarul Muttaqien Lomanis Cilacap Tengah.

“Secara perlengkapan dan kesiapan SDM IT masih belum memungkinkan untuk direlay ke 14 titik penyelenggaraan Gerbuhu 1433 H tahun 2012 ini yang menyebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Cilacap,” kata Priyono.

Karena menggunakan media teleconference, maka suasana wukuf bisa dihadirkan di titik tempat pelaksanaan gerbuhu. Gambar suasana wukuf di Arafah kita pancar melalui Layar Proyektor sehingga suasana Wukuf bisa dirasakan oleh Jamaah, oleh keluarga Jamaah Haji dan oleh masyarakat.

KH. Imam Mudaris selaku Pengurus Cabang NU Kabupaten Cilacap berharap, teleconference ini tidak mengalami kendala tehnis sehingga Jamaah bisa hidmah mengikutinya, apalagi pada saat Doa Langsung dari Arafah dikumandangkan.

“Kami berharap, semua bisa berjalan sesuai rencana,” katanya.

Mengapa harus Surat Al Ikhlas?

Jika Kita membaca surat Al-Ikhlas 1 (satu) kali saja ganjarannya sama dengan membaca 10 juz Al-Quran; lalu dengan membaca surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali, disetarakan dengan membaca 30 juz Al-Quran, maka dengan membaca 1000 kali Surat Al Ikhlas, secara serentak yang diikuti oleh ratusan bahkan ribuan jamaah, maka “pahala/ganjarannya” sungguh-sungguh sangat berlipat ganda.

Nabi Muhammad SAW bersabda; “barang siapa yang membaca Qulhuwallohu Ahad (Surat Al Ikhlas) sampai selesai 1000 kali pada hari Arofah, maka apa yang diminta akan dikabulkan oleh-Nya”.

About admin

Admin Utama Situs Islam Aswaja: menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

14 + 11 =