MWCNU

Gerakan Seribu Qulhu (GERBUHU) MWCNU Kedungreja

Ratusan jamaah memadati Pesantren Manba’ul Ulum Kaliwungu Kedungreja pada hari Sabtu, (9/6/2022). Hari itu bertepatan hari Arafah tanggal 9 Dzulhijjah digelar Gerakan Seribu Qulhu (Gerbuhu). Peserta terdiri dari tamu undangan, alumni haji, keluarga haji yang sedang menunaikan dan warga nahdliyin Se Kedungreja.

Kegiatan ini digelar oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kedungreja sesuai intruksi dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap untuk menggelar secara serentak. Hari itu juga Gerbuhu digelar serentak di 26 titik di seluruh Kabupaten Cilacap.

Dasar Pelaksanaan Gerakan Seribu Qulhu (Gerbuhu)

Qulhu  yang dimaksud adalah sebagai salah satu surat yang ada di dalam Al Qur’an yakni surat Al Ikhlas yang mempunyai keistimewan sebagaimana diriwayatkan oleh sahabat Anas Bin Malik bahwa Rasulullah bersabda.

مَنْ قَرَأَ “قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدُ خَمْسِيْنَ مَرَّةً غَفَرَ اللهُ لَهُ ذُنُوْبَ خَمْسِيْنَ سَنَةً

Artinya :
Barang siapa yang membaca Qul huwallahu ahad (Al-Ikhlas) sebanyak lima puluh kali, Allah akan mengampuni dosa-dosa yang ada di sepanjang lima puluh tahun. (HR. Ad-Darimi: II/461).

Artikel Terkait

Ditambah lagi.

 مَنْ قَرَأَ مِائَتَيْ مَرَّةٍ ‘قُلْ هُوَ اللهُ ’أَحَدُ ’’ غُفِرَلَهُ  دَنْبُ مِائَتَيْ سَنَةٍ

Artinya :
Barang siapa yang membaca Qul huwallahu ahad (Al-Ikhlas) dua ratus kali, akan diampuni dosa-dosanya yang ada di sepanjang dua ratus tahun. (HR. Al-Baihaqi: I/378).

Baca juga Gerbuhu 1433 Manfaatkan Teleconference

Kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan surat intruksi PCNU Nomor 0677/PC/A.I/H-34/VI/22. Selain di MWCU Kedungreja kegiatan tersebut juga dilaksanakan di beberapa titik se Kabupten Cilacap dan yang melaksanakan kegiatan Gerbuhu ada 26 titik di tiap tiap MWCNU Se Cilacap bahkan ada juga yang melaksanakan dua tempat dalam satu MWCU.

Puncak dari kegiatan ini adalah do’a bersama yang dipimpin oleh KH. Mukhlisudin Affandi langsung disampaikan dari Tanah Makkah (Arab Saudi) melalui jaringan teknologi informasi yang difasilitasi oleh NU Cilacap Online, yang dimana do’a tersebut dapat diamini oleh para jama’ah  yang hadir secara langsung dan serentak di 26 titik lokasi kegiatan.

Acara Gerbuhu diakhiri dengan buka puasa bersama dan dilanjutkan sholat maghrib berjama’ah di Masjid Al Anwar, Antusias dan harapan dari jama’ah  mengharapkan sekali  kegiatan tersebut berlangsung secara berkala dalam setiap tahunnya karena akan memberikan manfaat yang sangat besar baik secara pribadi maupun dalam lingkup organisasi.

Kontributor: Anas Mubarok
Editor: Naeli Rokhmah

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

12 + 1 =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button