Badan Otonom NU

Doddy Efendi Firdaus Kembali Pimpin Ansor Cimanggu

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cimanggu kembali gelar Konferensi Anak Cabang (Konferancab) VI dengan suasana yang cukup unik. Bertempat di Gedung Sekretariat Bersama (Sekber) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Cimanggu pada Ahad siang 4 April 2022 lalu. Doddy Efendi Firdaus kembali terpilih sebagai Ketua PAC GP Ansor Cimangu masa khidmat 2021-2023.

Hadir dalam acara tersebut Koordinator Wilayah Barat Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Tengah  AA Muhtar Zen, Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Cilacap, Aliman dan Rois Syuriah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Cimanggu KH Ali Musobar. Tamu undangan seperti perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Kecataman (Forkompincam), serta Ketua Organisasi Kepemudaan di Cimanggu juga turut hadir.

Acara diawali dengan pembacaan tawasul kepada para ulama dan pendiri NU oleh KH Ali Musobar. Kemudian dalam sambutannya, beliau menyampaikan sejarah singkat GP Ansor dan mengingatkan kembali ghiroh yang harus selalu dibangun dalam gerakan generasi penerus NU kedepan. Keikhlasan berharakah, makna berkhidmah dan arti niat ibadah dalam setiap langkah menyemangati seluruh peserta konferensi yaitu Ketua Ranting GP Ansor se-Cimanggu (15 desa).

Komandan Satpol PP Kecamatan Cimanggu Ahmad Bastari  mewakili Camat dalam sambutannya menyampaikan progres penanggulangan Covid-19 di Cimanggu sudah semakin baik. “Alhamdulillah, penanggulangan covid-19 semakin hari semakin baik. Sebelumnya Satuan Tugas Covid-19 telah mengecek kepatuhan penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Konferancab”.

Beliau juga atas nama Forkopimcam mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh anggota PAC GP Ansor Cimangu dibawah kepemimpinan Doddy Afandi Firdaus yang telah responsif dan bersinergi dengan pemerintah khususnya Kecamatan Cimanggu, dengan terus bersinergi bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Cimanggu.

Koordinator Wilayah Barat PW GP Ansor Jawa Tengah, AA Muhtar Zen yang akrab dipanggil Kang Azen menyampaikan sambutan dengan gaya kocaknya.

“Kita harus selalu senang dalam bergerak, berkegiatan dan beramar ma’ruf. Jangan kalah kesenangannya dengan mereka yang senang berbuat maksiat. Ketika kita selalu senang, imun meningkat. Senang beramar ma’ruf, iman meningkat,” tuturnya.

Di sela-sela sambutannya dalam pembukaan Konferancab VI GP Ansor Cimanggu, Ketua PC GP Ansor Cilacap ‘Aliman menyampaikan agenda rutin Ansor Cilacap menjelang bulan suci Ramadhan yakni santunan kepada anak yatim. Dengan mengharapkan kader Ansor Cimanggu juga turut serta dalam pelaksanaan dan mendukung kelancaran agenda rutin tersebut.

Sidang pleno pembahasan tata tertib dan program kerja berjalan dengan mulus, dipimpin oleh pengurus PC GP Ansor Cilacap yang handal yaitu Kang Narto dan Arif Bahaudin. Sebelum dilanjut sesi Laporan Pertanggungjawaban (LPJ), lantunan adzan Anggota Banser baru (hasil Diklatsar Dayeuhluhur kemarin) mengajak seluruh peserta dan panitia konferancab untuk berjajar rapih menghadap kiblat dan dipimpin oleh Kang Azen melaksanakan sholat berjamaah.

Hingga Laporan Pertanggungjawaban yang terkesan runtut, semangat sekaligus haru disampaikan oleh jajaran PAC. Program demi program pelaksanaan kegiatan selama masa periode 2019-2021 disampaikan dengan runtut dari masa ke masa oleh Sekretaris PAC GP Ansor Cimanggu, Agus Gunawan.

Baca juga Ansor Cimanggu Perkuat Kapasitas Keorganisasisian

Doddy terbata-bata tak mampu menahan air mata karena mengingat perjuangan sahabat karibnya, Ketua PAC GP Ansor Cimanggu Aris Riyanto yang telah berpulang. Lantunan do’a ummul kitab yang dipanjatkan oleh seluruh musawirin konferensi tersebut untuk almarhum Aris, telah menyiram sanubari dan memberi semangat tersendiri dalam keikhlasan berkhidmah dan berharokah bersama ulama NU, sehingga LPJ dapat diterima tanpa syarat dan disyahlan oleh Kang Azen.

Selanjutnya dalam sesi pemilihan ketua, sejumlah 14 dari 15 ranting yang ada menyampaikan surat rekomendasi setelah pengurus PAC sebelumnya didemisionerkan. Surat rekomendasi tersebut, mengajukan Doddy Efendi Firdaus kembali memimpin PAC GP Ansor Cimanggu. Hingga dengan tegas Kang Azen yang didampingi oleh jajaran pengurus cabang serta dua orang saksi (berseragam Ansor & Banser) menyatakan dan memutuskan bersama secara aklamasi “Bahwa PAC GP Ansor Cimanggu masa hidmat 2021-2023 dilanjutkan dipimpin oleh sahabat Doddy”.

Semangat baru jelas sekali tergambar dari raut wajah dan kekompakan seluruh anggota GP Ansor Cimanggu dibawah kepemimpinan sahabat Doddy “jilid 2”. Ketua Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Cimanggu, Komandan Mame dan sahabat James Omal sebagai pembina Ansor Banser Cimanggu tersenyum bahagia dengan semangat anggota dan suksesnya proses kaderisasi dan regenerasi di masa pandemi ini.

Kontributor: Agus Gunawan

Editor: Shevilla Dewi Pramudita, Naeli Rokhmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

thirteen − 9 =

Back to top button