Badan Otonom NU

Ansor Cimanggu Perkuat Kapasitas Administrasi Keorganisasian

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cimanggu, Cilacap baru-baru ini mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Administrasi Keorganisasian untuk perkuat kapasitas dan mutu sumber daya manusia pengurus.

Ketua PAC GP Ansor Cimanggu, Doddy Afandi Firdaus, M.S.I, pada sambutan kegiatan yang diadakan di Gedung Madrasah Ibtidaiyah Nurjalin (MIN) Pesahangan, Cimanggu, pada hari jum’at (2/4) pekan lalu menjelaskan Diklat Administrasi Keorganisasi dimaksudkan guna memperkuat tata laksana organisasi, juga menguatkan potensi SDM anggota maupun pengurus Ansor baik di tingkat Anak Cabang maupun Ranting Ansor

“Apa yang menjadi agenda utama kegiatan Diklat Adminsitrasi Keorganisasian ini ialah pemahaman PD/PRT, Peraturan Oorganisasi, Pedoman Administrasi dan persuratan organisasi GP Ansor. Harapannya, hasil diklat bisa diterap-amalkan guna peningkatan mutu dalam berharokah, dalam berkhidmah.” terangnya.

Baca Juga : Ansor Harus Menegakkan Aturan Organisasi

Doddy Afandi Firdaus mengingatkan betapa penting Diklat Administrasi Keorganisasian ini demi tertib administrasi untuk menujang agenda program agar dapat maksimal terealisasi terutama program kerja bidang kesekretariatan.

“Kegitan ini diinisiasi PAC GP Ansor Cimanggu, salah satu tujuannya adalah untuk peningkatan kapasitas pengurus dalam rangka memperlancar gerakan,” tegasnya.

Hadir dalam Diklat Administrasi Keorganisasian antara lain Kepala Desa Pesahangan H. Hamid  dan Ketua Tanfidziyah MWCNU Cimanggu KH Saeful Majid Darkino.

Kepala Desa Pesahangan H. Hamid yang juga pernah aktif di Gerakan Pemuda Ansor menceritakan bagaimana perjuangannya dulu saat beliau menjadi Ketua PAC Ansor Cimanggu di zaman Gus Dur. Dia mengingatkan, kunci utama dalam merealisasikan program gerakan ansor ialah sinergitas.

“Sinergitas internal organisasi NU dan eksternal melalui kerjasama dengan pemerintahan setempat merupakan salah satu kuncinya. Ansor sejak dulu selalu komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah.” paparnya

Senada dengan H. Hamid, Ketua Tanfidziyah MWCNU Cimanggu KH Saeful Majid Darkino menghimbau dan menegaskan kembali pentingnya sinergitas gerakan Ansor dengan pemerintah dalam kontek NKRI.

“Sinergi bisa diraih dengan jalan saling berkunjung dan silaturahmi, hal demikian banyak dicontohkan oleh para ulama terdahulu dalam menghimpun gerakan kemerdekaan RI.” katanya

Baca Juga : Doddy Efendi Firdaus Kembali Pimpin Ansor Cimanggu

Sementara itu ketua PC GP Ansor, ‘Aliman, menyampaikan apresiasinya dan mengingatkan begitu pentingnya pemahaman PD/PRT, PO dan administrasi organisasi sebagai pedoman dan tuntunan pengurus.

“Saya mengacungkan jempol pada PAC GP Cimanggu yang tetap eksis dengan apapun keterbatasannya itu, telah buktikan mampu mewujudkan legalitas kepengurusan di bawahnya, dan rapi secara administratif.” terangnya.

Acara Diklat Administrasi Keorganisasian dibuka dengan pembacaan ayat suci al Qur’an, menyayikan lagu Indonesia Raya dan Syubanul Wathon, Mars GP Ansor. Ketua Panitia kegiatan Diklat administrasi, Farid Ma’rif Ali melaporkan peserta yang ikut sebanyak 30 orang delegasi dari 10 ranting x 3 orang. Usai pelatihan dalam rangka tertib administrasi, PAC Ansor Cimanggu merencanakan akan melakukan monitoring dan evaluasi ke pengurus ranting.

“Tiap Ranting Ansor akan kita tinjau administrasinya, baik sistem maupun kelengkapan adminiatratif lainnya” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

4 + 5 =

Back to top button