Verval NU, Verifikasi Validasi Perkumpulan Nahdlatul Ulama

NU CILACAP ONLINE – Verval NU adalah proses verifikasi dan validasi perkumpulan Nahdlatul Ulama dengan tujuan dan dalam rangka meningkatkan kinerja struktur melalui penilaian administrasi. Mengapa perkumpulan atau organisasi NU melaksanakan Verval,? Apa Tujuan nya? Dan bagaimana pula mekanisme pelaksanaan Verval NU?

Verifikasi adalah pemeriksaan untuk memastikan kebenaran atas dokumen, data, atau informasi terhadap suatu hal. Sedangkan validasi adalah validasi adalah pengesahan atau pengujian kebenaran atas sesuatu. Kegiatan memvalidasi sebagai kata kerja berarti mengesahkan atau menguji.

Sementara itu, definisi verifikasi dan validasi atau Verval, atau penentuabsahan dan pengabsahan adalah prosedur untuk memeriksa apakah suatu produk, layanan, atau sistem memenuhi persyaratan dan spesifikasi serta memenuhi tujuan yang dimaksudkan.

Verval Menguji Kinerja NU

Bagi perkumpulan NU, pengukuran kinerja tergolong baru, dan memang baru tercetuskan secara lebih rigid pada kepengurusan PBNU Masa Khidmat 2022-2027. Metode pengukuran kinerja ini antara lain melalui verifikasi dan validasi atau Verval.

Selaras dengan pengukuran kinerja, Verval NU bertujuan untuk memastikan adanya struktur organisasi NU pada masing-masing tingkatan. Secara de facto maupun de jure (baik personal pengurus maupun Surat Keputusan (SK) Pengesahan Kepengurusan.

Artikel Terkait

Verifikasi dan validasi NU juga menguji ada dan tercatatnya aset kekayaan, program dan kegiatan organisasi dalam dokumen sebagaimana mestiya. Juga adanya jenis prgram layanan keagamaan sosial, pendidikan dan ekonomi secara pasti dan bisa dibuktikan baik secara adminsitratif, kualitatif maupun kuantitatif.

Mekanisme pelaksanaan Verval NU untuk memastikan kecocokan dokumen administrasi yang ada, yang muncul dari proses yang sah, dan ditampilkan dalam dokumen yang memenuhi standar Peraturan Perkumplan NU.

Verifikasi dan Validasi Struktur NU

Pengurus Cabang NU Cilacap telah lama menyiapkan Pengukuran Kinerja untuk Ranting NU. Juga Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU). Sejak bulan Desember 2023 yang lalu, Verifikasi dan Validasi Struktur NU sudah berjalan. Dan saat ini, pekan pertama Februari 2024, masih terus berjalan.

Di lingkungan Pengurus NU Cabang Cilacap, ada sebanyak 24 Pengurus MWCNU dan 284 Pengurus Ranting NU. Dalam konteks verval, pelaksanannya membutuhkan waktu yang cukup agar target bisa tercapai. Juga melibatkan admin yang bertugas memfasilitasi pelaksanaan verval struktur NU di masing-masing tingkatan.

Harapannya, proses Verval di lingkungan NU Cabang Cilacap berbasis SIPNU bisa berhasil dengan baik. Bersamaan dengan itu, validitas data struktur NU baik secara administrasi maupun kualitatifnya bisa tercapai. Karena semua ini bagian dari upaya menghadirkan perkumpulan NU yang koheren. (Redaksi/MaM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button