Instagram NU Cilacap Online, untuk Pengembangan Organisasi

Instagram NU Cilacap Online (https://instagram.com/nucilacaponline) hadir untuk tujuan pengembangan organisasi di platform media sosial meskipun NU organisasi nirlaba dengan orientasi bisnis atau profit.

Akun personal dan bisnis memang mendominasi Instagram. Akan tetapi, organisasi atau perkumpulan sosial keagamaan seperti NU Cilacap juga memerlukan Instagram.

Praktik baik menunjukkan bahwa beberapa organisasi nirlaba tampaknya mendapatkan ribuan suka (like) dan pengikut (followers) baru di Instagram mereka. Dan karenanya profil organisasinya mengalami pengembangan cukup siginifikan, dan ini juga yang menjadi concern NU Cilacap Online di Instagram.

Baca juga  Twitter NU Cilacap Online, Akun Media Sosial Resmi

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, rata-rata satu miliar orang menggunakan Instagram setiap bulannya. Kemudian, sekitar 200 juta pengguna Instagram mengunjungi profil setidaknya satu akun bisnis setiap hari.

Bukan mustahil untuk mendapatkan traffic dari Instagram. Dan organisasi NU Cilacap melalui akun Instagram (IG) NU Cilacap Online tetap berusaha memanfaatkan fitur yang tersedia untuk organisasi nirlaba ini.

Karakteristik Instagram

Instagram adalah platform sosial media yang memiliki beberapa karakteristik yang sama dengan platform lain. Namun, Instagram menawarkan beberapa manfaat unik kepada organisasi nirlaba, di antaranya, termasuk:

  1. Format visual, dari tiga platform sosial media utama, Instagram adalah yang paling visual. Pengguna berbagi foto dan klip video satu sama lain, yang memungkinkan organisasi nirlaba NU Cilacap Online menceritakan kisah mereka dan mendemonstrasikan misi mereka melalui gambar.
  2. Instagram cenderung beragam dengan audiens yang lebih muda. Penelitian tersebut menyatakan, jika Anda ingin menarik perhatian kaum muda, Instagram adalah pilihan yang aman. Penelitian menunjukkan bahwa 71% anak usia 18-24 tahun memiliki akun Instagram. Ini tentu sangat strategis untuk komunitas besar NU Cilacap di ranah online / daring.
  3. Instagram menyediakan cerita, Reel, dan postingan yang dapat dibeli. Instagram unik karena menawarkan fitur-fitur yang sangat menarik seperti konten video pendek (Cerita dan Reel), ditambah postingan tempat Anda dapat menandai produk (seperti kampanye merchandise atau donasi) sehingga pengikut dapat berbelanja langsung dari postingan tersebut.

Baca juga  NU Cilacap Online Facebook, Official Account & Fans Page

Sementara itu, menurut Studi Tolok Ukur M+R tahun 2019, organisasi nirlaba / nonprofit yang menggunakan Instagram Stories cenderung memperoleh tingkat keterlibatan dan pengembangan pengikut yang lebih tinggi dibandingkan organisasi nonprofit yang tidak menggunakan Instagram Stories.

Kemudian, dengan manfaat unik seperti ini, tidak mengherankan jika semakin banyak organisasi nonprofit atau nirlaba seperti NU Cilacap yang memanfaatkan secara serius Instagram ini.

Menurut Laporan Digital Outlook 2021 dari Care2 dan hjc, Instagram adalah platform media sosial paling populer untuk organisasi nirlaba pada tahun 2020, dengan 82% organisasi menggunakannya.

Pengembangan Organisasi

Pemanfaatan Instagram untuk pengembangan organisasi Nahdlatul Ulama (NU) Cilacap antara lain melalui diseminasi informasi dan publikasi. Menyadari bahwa informasi yang tersebar secara massif di media sosial memiliki feedback yang baik dan bermanfaat.

Organaisasi nirlaba seperti Nahdlatul Ulama (NU) memang tidak berorientasi profit dalam pengertian keuntangan finansial. Akan tetapi, ada yang lebih utama bagi NU yaitu brand and image organisasi sosial keagamaan menjadi mungkin berkembangan melalui jalur media online.

Baca juga  NU Cilacap Online YouTube, Official Video Channel

Sejauh ini tim redaksi NU Cilacap Online tergolong aktif dan meng-update akun instagam secara berkala. Dengan cara seperti ini, saluran pengembangan organisasi NU Cilacap bisa lebih beragam. Setidaknya, melalui posting kegiatan-kegiatannya di Instagram, kabar dan gambar kegiatan bisa tertampilkan.

Akun Instagram NU Cilacap Online hanya di link ini: https://instagram.com/nucilacaponline. Selain itu, bukan akun resmi milik Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap yang dikelola oleh Tim NUCOM (Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button