Badan Otonom NU

IPNU IPPNU Bajing Kulon Gelar MAKESTA Dengan Konsep Berbeda

Pimpinan Ranting (PR) IPNU IPPNU Bajing Kulon, Kecamatan Kroya menggelar Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) dengan konsep yang berbeda. Bertempat di MI Ma’arif 02 Bajing Kulon pada Sabtu-Ahad, 19-20 Juni 2021.

Acara ini bertujuan mempertahankan proses kaderisasi IPNU IPPNU di tingkat ranting meski dalam suasana pandemi yang tak kunjung usai. Sebanyak 28 remaja Desa Bajing Kulon mengikuti agenda ini dengan antusias dari awal hingga akhir acara.

Menindaklanjuti edaran Bupati Cilacap Nomor 15 Tahun 2021 tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. Pengurus PR IPNU IPPNU Bajing Kulon memodifikasi konsep penyampaian materi dengan tanpa meninggalkan esensi dari proses kaderisasi IPNU IPPNU pertama ini.

MAKESTA pada umumnya terdapat beberapa materi pokok, yaitu; Aswaja dan Ke-NU-an, IPNU IPPNU, Ke-Indonesiaan, Ke-Organisasian, serta analisa diri. Pemateri biasanya menyampaikan satu materi dalam durasi 60 menit kepada seluruh peserta. Sehingga materi berlangsung hingga hari kedua.

Namun konsep Makesta ini berbeda, di MAKESTA IPNU IPPNU Bajing Kulon materi IPNU IPPNU, Ke-Organisasian dan Ke-Indonesia-an dibagi menjadi pos-pos materi yang ditempatkan di musholla terdekat untuk memangkas jumlah peserta. Sementara materi Aswaja dan Ke-NU-an dan analisa diri tetap terlaksana dalam satu forum bersama.

Peserta dibagi menjadi tiga kelompok yang nantinya akan bergantian menuju pos per materi. Sehingga materi selesai hanya dalam waktu satu hari, dan di hari kedua kegiatan hanya ada outbond.

IPNU IPPNU Ranting Bajing Kulon

Konsep jelajah alam ini selain menyingkat waktu juga mematuhi protokol kesehatan dengan mengurangi jumlah peserta dalam ruangan. Tidak hanya itu, materi juga lebih tersampaikan secara efektif.

Ketua Tanfidziyah Pengurus Ranting NU Bajing Kulon, Agus Riyadi berpesan untuk tetap semangat berjuang di NU.

“Untuk anak-anakku tetap semangat nguri-nguri NU di Desa Bajing Kulon, NU membutuhkan generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus selanjutnya,” pesan beliau.

Ketua PR IPNU Bajing Kulon, Agil Riyatno dalam sambutannya menyampaikan kader IPNU IPPNU harus menjadi kader yang berkualitas serta militan.

“Saya berharap rekan dan rekanita semuanya dapat menjadi orang yang berkualitas baik dari segi ilmu umum maupun ilmu agama, terutama dalam berpegang dalam ideologi Ahlusunnah Wal Jama’ah serta menjadi kader yang militan,” tuturnya.

Ketua PR GP Ansor Bajing Kulon, Fandhy Agam oleh menyampaikan harapannya kepada tim media NU Cilacap, agar kader IPNU IPPNU terus bertambah, tidak hanya dari segi kuantitas tapi juga kualitas.

“Harapan kami, melalui Makesta IPNU IPPNU Ranting semoga tunas-tunas NU yang ada di IPNU IPPNU khususnya Desa Bajing Kulon dapat bertambah banyak. Dengan konsep jelajah desa yang berbeda dari yang lain, semoga peserta dapat lebih memahami materi dengan baik,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

fifteen + five =

Back to top button