Badan Otonom NU

PMII Rayon Persiapan Mohammad Hatta Gelar MAPABA 2021

Pertama kali Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Persiapan Mohammad Hatta, Komisariat Al-Ghazali, Cilacap menyelenggarakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA). Pelaksanaan MAPABA selama tiga hari dua malam mulai Jumat-Minggu (24 – 26/09/2021) di TPQ Al-Falah, Desa Karang Kemiri, Kecamatan Maos.

MAPABA merupakan gerbang awal kaderisasi untuk menjadi anggota baru PMII. Di dalam MAPABA, calon anggota baru akan dibimbing mengenal dan memahami Ahlussunnah wal Jamaah, Nahdlatul Ulama, dan banyak materi yang diharapkan mampu menunjang daya kritis dan memperlebar wawasan mereka. Hal tersebutlah yang lantas menginisiasi PMII Rayon Persiapan Mohammad Hatta menyelenggarakan MAPABA.

MAPABA ini ialah yang perdana dilaksanakan sejak terbentuknya PMII rayon persiapan Mohammad Hatta di Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali Cilacap (UNUGHA). dengan mengusung tema “Membentuk Insan PMII yang Militan, Progesif, dan Berintelektual Guna Tercapainya Kultur Gerakan yang Masif, para peserta diharapkan dapat menjadi pelaku dari tema tersebut.

“Dengan mengusung tema itu, panitia mengharapkan para peserta dapat menjadi pelaku untuk mewujudkan tema tersebut,” kata Ketua Panitia MAPABA Nurain Agustina.

Harapan lain turut dipanjatkan oleh Ketua PMII Rayon Mohammad Hatta Rifqi Sholahudin. Ia berharap lewat MAPABA, PMII Rayon Mohammad Hatta mampu mencetak insan-insan yang memegang nilai-nilai kemanusiaan. Nilai kemanusiaan menjadi hal mulia yang harus terus menjadi pegangan meskipun dunia sudah memasuki era revolusi 4.0.

“Peserta mengikuti MAPABA PMII ini supaya kelak menjadi insan yang memegang nilai-nilai kemanusiaan,” harap Rifqi Sholahudin dalam pembukaan MAPABA (24/09/2021).

Komitmen PMII

Sebagai mahasiswa, sepatutnya berbangga dan bersyukur dapat mengikuti jenjang pengkaderan PMII. Karena di PMII-lah mahasiswa mempelajari Islam, Aswaja, dan NU lebih jelas serta belajar memahami realitas sosial-masyarakat di lingkungan sekitar, kampus, bahkan negara. Tak melulu tentang materi, MAPABA juga menjalin kedekatan antar peserta lewat kegiatan outbound dan ice breaking di sela-sela MAPABA.

“Sahabat-sahabati adalah orang-orang pilihan yang mengikuti MAPABA ini. Maka manfaatkanlah kesempatan istimewa ini sebaik-baiknya,”  pesan Rifqi Sholahudin di sela-sela kegiatan.

“Selama 61 tahun, PMII telah berkomitmen menjaga NKRI dan mencetak manusia Islam yang berpaham ahlussunnah wal jamaah,” sambung Ketua Bidang Kaderisasi, Pengurus Komisariat (PK) PMII Al-Ghazali Cilacap Hanafi Abdul Arif. Kemudian Ia mengucapkan selamat atas keikutsertaan peserta MAPABA yang penuh dengan semangat belajar.

Menindaklanjuti Pelaksanaan MAPABA PMII Rayon Persiapan Mohammad Hatta, panitia menetapkan Rencana Tindak Lanjut (RTL). RTL menjadi hal penting dalam setiap penyelenggaraan jenjang kaderisasi. Melalui RTL, MAPABA mengajak peserta untuk konsisten dan berkomitmen untuk terus aktif di PMII.

Kontributor : Charisma Fatimah Azzahro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 × 4 =

Back to top button