Babak Baru, KKN Unugha 2023 Dibagi Tiga Kategori

NU CILACAP ONLINE – Sejarah baru telah diukir, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama Alghazali (Unugha) Cilacap tahun 2023 diselenggarakan dalam tiga kategori sekaligus; KKN Regular, KKN DR, dan KKN Internasional.

Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali Cilacap UNUGHA CILACAP kembali mengukir sejarah dengan melaksanakan KKN yang di ikuti oleh 409 mahasiswa. Menariknya, KKN Unugha 2023 kali ini dibagi menjadi tiga kriteria yaitu KKN REGULER, KKN Dari Rumah (DR), dan KKN INTERNASIONAL.

Model KKN internasional menjadi yang pertama kali bagi kampus Unugha Cilacap. Kategori ini diikuti oleh 10 orang mahasiswa. Adapun negara tujuan adalah Thailand tepatnya di Propinsi Patani.

Pemberangkatan Mahasiswa KKN Internasional lebih dulu dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2023 lalu. Mereka ditempatkan di Yayasan Watnatham Islam School Pombing Thailand.

Adapun untuk KKN Reguler dan KKN DR dilepas pada Rabu, 12 Juli 2023. Kegiatan KKN Reguler terbagi menjadi 3 Kabupaten yaitu Cilacap, Banyumas, dan Purbalingga.

Sedangkan untuk KKN DR ditujukan di laksanakan di desa terdekat bagi para mahasiswa. KKN DR ditujukan bagi kelas karyawan. Yakni mahasiswa yang telah bekerja.

KKN DR sendiri telah dilaksanakan untuk kali ketiga. KKN model ini tercetus sejak adanya pandemic Covid-19.

Baca juga Pembekalan KKN Reguler UNUGHA Cilacap Tahun 2022

KKN MAMUSDA

KKN Unugha pada tahun 2023 ini mengambil konsep Masjid Mushola Berdaya (MAMUSDA). Adapun tema yang diusung kali ini “Masjid Mushola Makmur Indonesia Berkah”.

“Harapannya mahasiswa mampu menciptakan inovasi baru melalui kegiatan di masjid, mushola, maupun sosial untuk menciptakan masyarakat yang Makmur,” kata Rektor Unugha KH Nasrulloh Muhson saat pelepasan KKN.

Selain itu mahasiswa rector berharap agar mahasiswa bisa menyesuaikan dengan tempat di mana mereka melakukan KKN.

”Kami sangat berharap kepada mahasiswa untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat baik dari segi program, tingkah laku, maupun berkomunikasi yang baik,” ujar Gus Nas sapaan akrabnya.

Pelepasan KKN Unugha Cilacap 2023

Lebih lanjut dengan KKN Unugha 2023 ini mahasiswa diharapkan menjadi sebuah media branding kampus Unugha di masyarakat.

“Kami berharap menjadi sebuah momentum bagi teman-teman untuk bisa membranding kampus Unugha ini,” ucapnya ketua panitia KKN Verry.

“Dengan branding tersebut kami mengharapkan pada PKKMB tahun yang akan datang makin bertambah banyak, ” lanjut Verry.

Acara pembukaan KKN Unugha 2023 secara resmi dibuka oleh Rektor Unugha secara simbolis dengan memakaikan jas KKN kepada perwakilan mahasiswa dan di ikuti oleh seluruh peserta. Kegiatan ini akan berlangsung mulai tanggal 10 Juli hingga 19 Agustus 2023. (Naeli Rokhmah)

Baca juga UNUGHA Cilacap Bersholawat; Penutupan KKN MAMUSDA 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button