Sains Teknologi

Mahasiswa KKN UNUGHA Gelar Pelatihan Digital Marketing

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 18 Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali (UNUGHA) melaksanakan kegiatan Pendampingan dan Pelatihan Tentang Digital Marketing di Aula Balai desa Glempangpasir, Kecamatan Adipala, Cilacap. Pada Hari Selasa (2/8).

Rifki Al Kamali, selaku Ketua Panitia Pelatihan Digital Marketing, mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat. Khususnya mendongkrak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di desa Glempangpasir agar lebih maju.

“Di era adaptasi baru serba digital, semoga pelatihan Digital Marketing ini bisa membantu untuk memasarkan produk UMKM jasa dan pelaku usaha lainnya, khususnya dengan internet,” ucap Rifki.

Rosana Aprilia selaku Ketua Kelompok menyampaikan terima kasih atas fasilitas dan dukungan dari masyarakat. “Dalam belajar mengabdi ke masyarakat kami sudah difasilitasi tempat dan lainnya di desa Glempangpasir,” ucapnya.

“Acara Pelatihan Digital Marketing dengan mengusung “Tema Strategi Digital marketing Untuk bisnis lokal,” tambah Rosa.

Artikel Terkait

Kelompok KKN 18 ini dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Elok Ainun Latif M.M., mencoba membidik Usaha Mikro Menengah Kecil Menengah (UMKM).

Pelatihan Digital marketing KKN UNUGHA

Setidaknya, 30 orang pelaku UMKM maupun jasa desa Glempangpasir hadir pada pelatihan ini. Turut hadir pula Kepala Desa Glempangpasir, Margana. Lalu sebagai Narasumber Pelatihan ini Fathul Fawad dan Anas Mubarok dari Baristama Training Center, dan Khayaturrohman dari Relawan TIK Cilacap.

Margana, selaku Kepala Desa Glempangpasir dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap acara Pelatihan Digital Marketing.

“Kami selaku Pemerintah Desa Glempangpasir mengucapkan terima kasih dan mendukung acara Pelatihan Digital Marketing. Saya atas nama kepala desa mengucapkan terima kasih dan mendukung kegiatan positif ini. Harapannya, masyarakat Glempangpasir khususnya pelaku usaha UMKM dapat mendapat ilmu pemasaran sehingga lancar, maju, dan tambah naik perekonomiannya,” tuturnya.

Media Sosial dan Marketplace

Anas Mubarok saat menyampaikan materi mengatakan bahwa aplikasi online shop dan media sosial efektif dan efisien dalam memasarkan produk UMKM.

“Tidak hanya lingkup lokal desa melainkan lingkup nasional maupun internasional. Selama ini, potensi tersebut belum optimal di kalangan pelaku UMKM karena terbatasnya skill untuk menggunakan media online seperti, Marketplace. Setelah pelatihan ini, kami berharap para dapat membuat akun media sosial dan Akun Marketplace. Sasaran kami seperti; Facebook, Tiktok shop, Tokopedia, dan akun Marketplace lainnya ,” kata Anas sapaan akrabnya.

Saat dikonfirmasi Oleh NU Cilacap Online pada Selasa , (02/8 ) Anas menambahkan , banyak potensi yang bisa dikembangkan pelaku usaha di desa Glempangpasir ini tapi belum sepenuhnya dioptimalkan . Hal ini bukan karena Sumber Daya Manusia (SDM) yang rendah, tapi karena masih minim inovasi dan teknik bagaimana caranya dalam memasarkan produknya atau Jasanya.

Pelatihan Digital Marketing KKN UNUGHA

“Oleh karena itu, teman teman Mahasiswa KKN UNUGHA mengundang kami untuk melakukan pendampingan dan pelatihan terhadap usaha masyarakat dalam pemasaran produk UMKM pada e-commerce dan media sosial. Nantinya ke depan, juga ada pendampingan dan pelatihan Digital Markerting lanjutan kepada masyarakat desa Glempangpasir oleh Mahasiswa KKN UNUGHA,” pungkasnya. (Khayaturrohman)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

4 × three =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button