Ranting NU Tritih Lor Kembangkan Tanah Wakaf 1.113 M2

NU CILACAP ONLINE – Pengurus Ranting NU Tritih Lor Jeruklegi Cilacap segera memanfaatkan dan mengembangkan tanah wakaf seluas 1133 m2, dengan membangun Masjid, Madrasah Diniyah (Madin) dan Kantor Sekretariat Bersama di lahan yang tersedia.

Ketua Ranting NU Tritih Lor Abas Rosadi mengatakan, tanah wakaf yang berada di wilayah RT 05 RW 08 Desa Tririh Lor Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap. Tanah tersebut berasal dari wakif atas nama Supri dan Keluarga, warga Jl Rinjani Cilacap.

“Pihak Wakif mewakafkan tanah melalui Pengurus Ranting NU Tritih Lor. Di antara rencana penggunaan tanah wakaf tersebut untuk pembangunan Masjid, bersama msyarakat setempat” kata Abas Rosadi.

Membangun Masjid

Abas Rosadi menjelaskan, warga masyarakat di lingkungan RT 05 RW 08 Desa Tritih Lor secara geografis terletak di antara ujung selatan Bandara Tunggul Wulung Cilacap. Mereka sudah sangat lama menginginkan agar di di lingkungannya ada sarana tempat ibadah seperti Mushalla atau Masjid.

“Kesediaan Wakif untuk mewakafkan tanah disambut antusias oleh warga. Kami memfasilitasi proses hingga terjadi kesepakatan. Pemilik lahan mewakafkan seluas 80 ubin dan mempersilahkan untuk dibangun sarana pendidikan keagamaan dan saran penunjang lainya.” jelas Abas.

Setelah persetujuan wakaf selesai dilaksanakan pengukuran tanah bersama petugas dari Kantor BPN Cilacap, Pengurus Ranting NU dan disaksikan warga masyarakat setempat.

Salah satu kesepakatan  Ranting NU Tritih Lor bersama warga setempat adalah membangun Masjid.  Kelak, Masjid tersebut akan bernama Masjid Az Zahra Tanjung Putih.

“Karena lahanya yang cukup luas, maka Kami merencanakan akan dikembangkan sebagai pusat kegiata Tarbiyah Islamiyah dengan Madrasah Diniyah Islamiyah (Islamic Center) dan Kantor Bersama NU dan Banom Ranting NU Tritih Lor,” Abas menambahkan.

Gerakan Infaq Bersama

Pengurus Ranting NU Desa Tritih Lor dan Besama Badan Otonom NU terus bergerak. Dan bersamaan dengan momentum Bulan Suci Ramadlan menyelenggarakan Gerakan Infaq Bersama.

“Menjadi tanggungjawab Kami sebagai Pengurus Ranting NU Tritih Lor. Kami mulai pemanfaatan tanah wakaf tersebut dengan gerakan infaq bersama. Penggalangan dana ini untuk memulai pembangunan Masjid,” jelas Abas Rosadi.

Menurut Abas Rosadi, kegiatan Gerakan Infaq Bersama di akhir Ramadhan sudah ditutup. Itu untuk sementara waktu. Di kemudian hari akan dibuka kembali. Baca juga  Gedung Ranting NU Dondong Kesugihan Cilacap Mulai Dibangun

“Alhamdulillah selama gerakan infaq bersama berlangsung, telah terkumpul dana kurang lebih Rp47.000.000. Rencana mulai bulan Syawal ini akan langsung melaksanakan tahap awal pembangunan Masjid Az Zahra Tanjung Putih Tritih Lor,” katanya.

Mengakhiri perbincangan dengan media berita informasi kegiatan pengurus Ranting NU Cilacap Online, Abas Rosadi berharap semua pihak bisa membantu mengulurkan tangan, menyisihkan sebagian harta, dan memberikan infaq untuk kegiatan pengembangan aset wakaf Ranting NU Tritih Lor.

“Ini amanah yang harus kami jalankan. Sebagai pengurus Ranting NU yang baru, kami akan berusaha sekuat tenaga untuk memanfaatkan tanah wakaf sebaik mungkin. Untuk kepentingan umat Islam di Tritih Lor, khususnya di sekitar tanah wakaf,” pungkasnya.

Sebelumnya, dalam rangka mengamankan aset wakaf perkumpulan Nahdlatul Ulama, Pengurus ranting NU Tritih Lor telah melaksanakan pemasangan papan nama di sejumlah Masjid. (MaM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button