Daerah

UNUGHA Cilacap Bersholawat; Penutupan KKN MAMUSDA 2022

Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap bersholawat dalam rangka penutupan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Masjid Musholla Berdaya (MAMUSDA) Tahun 2022 yang bertempat di halaman Kampus UNUGHA Cilacap pada Hari Minggu malam (28/08/2022).

Seluruh mahasiswa KKN UNUGHA Cilacap, Civitas Akademika UNUGHA dan masyarakat umum turut memeriahkan acara Gema Shalawat Penutupan KKN Mamusda 2022 ini.

Ketua panitia KKN UNUGHA Cilacap 2022 Bapak Verry sangat bersyukur atas kegiatan KKN dari total mahasiswa sekitar 363 mahasiswa telah berjalan dengan lancar, aman, dan sehat.

“Pelaksanaan diikuti 363 mahasiswa yg terbagi menjadi 3 jenis KKN, yaitu KKN kolaborasi, KKN reguler, dan KKN reguler DR. Lokasi KKN terbagi dalam 5 kabupaten 36 desa yang dilaksanakan secara luring. Kemudian 11 kelompok melaksanakan KKN dari rumah,” kata Verry.

“Luaran akhir kegiatan KKN adalah buku KKN yang merupakan kumpulan-kumpulan artikel yang dibuat mahasiswa KKN per-kelompok dan rencananya akan terbit sebanyak 38 buku KKN,” tambahnya.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNUGHA Cilacap Fakhrurrozi mengapresiasi kegiatan gema shalawat dan berbagai kegiatan dalam rangka penutupan KKN MAMUSDA pada Tahun ini.

“Penutupan KKN UNUGHA dengan bersholawat shalawat Nabi sebagai ciri khas NU. Dengan bersholawat sama saja menghadirkan Nabi Muhammad SAW, bermunajat kepada Allah SWT,” kata Fakhrurrozi dalam sambutannya.

Rasa syukur juga disampaikan oleh Rektor UNUGHA Cilacap Drs. KH. Nasrullah Muchson, M.H., KKN UNUGHA Cilacap 2022 menjadi wadah untuk menunjukkan intelektualitas mahasiswa di lingkungan masyarakat.

“Alhamdulillah selama 45 hari, mahasiswa menerapkan apa yang telah diperoleh selama kuliah dan bisa diterapkan dalam wilayah KKN masing-masing,” tutur Rektor yang akrab disapa Gus Nas itu.

Baca Juga : Mahasiswa KKN Unugha Gelar Pelatihan Digital Marketing

Kegiatan UNUGHA Cilacap Bersholawat diawali dengan pembukaan resmi oleh Rektor UNUGHA Cilacap, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada beberapa kelompok. Di antaranya, Kelompok terpopuler instagram KKN yakni Desa Sumingkir, kelompok berita terbanyak yaitu Desa Kracak. Kemudian kelompok program pemberdayaan terbanyak pertama KKN DR-1, terbanyak kedua KKN DR-9, dan terbanyak ketiga KKN Desa Karangreja.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penampilan dari Ustadz Arji Andika (Aksi Indosiar) disambung gema sholawat oleh Habib Abdillah bin Hasyim Al Jilani Cilacap, Habib Ahmad Haedar Ali Al Atthas Cilacap, Gus Alif Mundzir Kudus, Gus Kiki Banyumas.

Kontributor : Charisma Fatimah Azzahro
Editor : Achmad Nur Wahidin

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button