Haji Umroh

GERBUHU, Kamis 25 Oktober 2012 /9 Dzulhijjah 1433 H

Gerbuhu (Gerakan Pembacaan Surat Al Ikhlas 1000x / kali) dilaksanakan Kamis, 25 Oktober 2012 bertepatan dengan 9 Dzulhijjah 1433 H atau Hari ‘Arofah.  Gerbuhu, sekurang-kurangnya dilaksanakan di 14 titik penyelenggaraan.

Di antaranya di PP. Darul Mutaqin Lomanis, PP Al Ihya Ulumaddin Kesugihan, Masjid Kauman Lama Kawunganten, Masjid Kauman Lama Kroya, Masjid Mujahidin Majenang dan PP El Firdaus Kedungreja.

GERBUHU telah diagendakan menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan di Hari Arafah. GERBUHU dilaksanakan dengan menggelar serangkaian Istighotsah, utamanya dengan membaca surat Al Ikhlas sebanyak 1000 kali, yang diikuti oleh Warga NU di beberapa titik penyelenggaraan, juga diikuti oleh para Alumni KBIHNU, keluarga dari para Jamaah Haji yang sedang Wukuf di Arafah.

Lantas, bagaimana GERBUHU kemudian dijadikan kegiatan rutin tahunan? Mengapa Surat Al Ikhlas? Mengapa harus Membaca Surat Al Ikhlas 1000 kali? Mengapa di tempatkan bersamaan dengan doa di hari ‘Arofah?

Jika Kita membaca surat Al-Ikhlas 1 (satu) kali saja ganjarannya sama dengan membaca 10 juz Al-Quran; lalu dengan membaca surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali, disetarakan dengan membaca 30 juz Al-Quran, maka dengan membaca 1000 kali Surat Al Ikhlas, secara serentak yang diikuti oleh ratusan bahkan ribuan jamaah, maka “pahala/ganjarannya” sungguh-sungguh sangat berlipat ganda.

Nabi Muhammad SAW bersabda; “barang siapa yang membaca Qulhuwallohu Ahad (Surat Al Ikhlas) sampai selesai 1000 kali pada hari Arofah, maka apa yang diminta akan dikabulkan oleh-Nya”. Gerbuhu (Gerakan Pembacaan Surat Al Ikhlas 1000x / kali) dilaksanakan setiap tanggal 9 Dzulhijjah, termasuk Gerbuhu 1433 2012 kali ini.

Tentu amaliyah-ubudiyah ini bukan tanpa alasan, bukan pula tanpa dasar. Lihat keterangan >>  keutamaan surat al Ihlas.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button