Badan Otonom NU

PKD Ansor Cilacap Utara, Strategi Kaderisasi Di Perkotaan

Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cilacap Utara menjadi strategi dalam pelaksanaan kaderisasi di daerah perkotaan cenderung mempunyai masyarakat heterogen sebagaimana di Kecamatan Cilacap Utara ini.

Sulitnya pengkaderan atau kaderisasi Gerakan Pemuda Ansor di daerah perkotaan memerlukan strategi khusus dan berbeda. Hali ini Diungkap ketua Panitia Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) GP Ansor Cilacap Utara, Dimas Trinurdian Fiel, di sela-sela kegiatan PKD.

PKD Ansor Kecamatan Cilacap Utara berlangsung selama 9-10 Oktober di Masjid An Nahdiyah Kaliyasa Gumilir Cilacap Utara, digelar pada hari Sabtu (09/10) lalu.

Dimas Trinurdian Fiel mengharapkan para Kader GP Ansor yang mengikuti PKD ini akan semakin militan. Juga bisa mengaplikasikan hal-hal yang menjadi materi selama PKD.

“Kegiatan ini (PKD) juga untuk menciptakan kader yang siap menghalau paham yang berusaha memecah-belah bangsa Indonesia. Anggota GP Ansor harus memiliki kemampuan mumpuni untuk melibatkan diri dalam mengatasi persoalan ancaman keutuhan bangsa,” ungkap Dimas.

Sementara itu, Ketua PAC Gerakan Pemuda Ansor Anak Cabang Cilacap Utara Daryanto mengatakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Ansor penting untuk membentuk kader militan Nahdlatul Ulama; yang siap merawat persatuan dan kesatuan bangsa.

“GP Ansor merupakan Banom NU dengan pengkaderan yang ketat. Jadi setiap anggota Ansor wajib untuk mengikuti Pelatihan Kepempinan Dasar(PKD),” kata Daryanto

Ia menambahkan para anggota Ansor juga memiliki tugas penting mengawal para Kiai dalam mengemban amanat untuk kepentingan kebaikan dan kemajuan umat, masyarakat, bangsa, dan negara.

“Tidak kurang dari 45 peserta mengikuti PKD Angkatan III Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Kecamatan Cilacap Utara. Mereka menerapkan protokol kesehatan selama mengikuti PKD di tengah pandemi Covid-19,” imbuhnya.

PKD GP Ansor Cilacap Utara
Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cilacap Aliman S.Pd., menyematkan ID Card kepada Salah Satu Peserta Pelatihan Kepemimpinan Dasar PAC GP Ansor Cilacap Utara.

PKD Sebagai Kewajiban Kader

Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Cilacap Aliman S.Pd.I Cilacap dalam sambutanya memotivasi para peserta Pelatihan Kepemimpinan Dasar. Dia mengatakan bahwa Ansor tidak butuh kita, tapi kita yang butuh Ansor.

“Tanpa Kita, Ansor Sudah Besar. Ansor sudah berdiri sejak sebelum zaman ini merdeka, tepatnya 87 tahun yang lalu. PKD Merupakan pengaderan awal di GP Ansor NU yang harus di jalani oleh semua anggota, Setiap anggota Banser wajib ikut terlebih dahulu ikut PKD sebelum Diklat SAR.

Salah satu peserta Gus Anhar mengatakan salah satu alasan mengikuti PKD ini karena dirinya sangat termotivasi sebagai santrinya Mbah Hasyim selaku Pendiri NU. Juga ikut dalam upaya menegakkan tertib adminstrasi dalam jenjang pengakderan yang ada di NU.

Cilacap Utara merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Cilacap yang terletak di daerah perkotaan. Di Cilacap Utara, PAC GP Ansor berkembang dan berperan di perkotaan dengan strategi khusus termasuk dalam kaderisasi. Juga dalam ikut serta melestarikan Islam Aswaja bersama Pengurus MWCNU, Pengurus Ranting, Badan Otonom NU lainnya.

Penulis : Hermanto
Editor : Shevilla Dewi Pramudita

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button