Esai Opini Wawasan

Perempuan TANGGUH, Perempuan HEBAT

Oleh Luthfi Khairunnisa

Perempuan adalah sosok yang istimewa, sosok yang tangguh lebih dari yang kita pikirkan. Perempuan yang tangguh, selalu berupaya untuk selalu menjadi lebih baik dari waktu ke waktu dan cenderung suka menggali potensi dirinya sendiri.

Mereka tahu bahwa untuk bertahan di dunia ini, mereka membutuhkan sebuah evolusi. Mereka tidak akan berhenti dan cepat puas pada satu pencapaian saja. Perempuan yang tangguh ialah perempuan yang mau mencintai dirinya sendiri dan sadar akan kekurangan dirinya, namun sekuat tenaga perempuan itu akan menutupi kekurangan tersebut dengan kelebihan dan kesuksesan yang di milikinya.

Seorang perempuan berkarakter kuat dan tangguh sudah pasti akan mandiri. Mereka tidak mau hidup di bawah tekanan yang selalu mengekangnya untuk berkembang.

Mereka adalah perempuan yang selalu berdiri dan tidak lari dari masalah, melainkan bersikap mandiri dan teguh. Dia perempuan yang berani mengambil keputusan dengan mempertimbangkan segala aspek. Tidak pernah melarikan diri dari masa sulit dan menerima segala konsekuensi. Mereka tidak pernah mengeluh sampai mewujudkan impiannya. Melihat sisi positif dari setiap hal yang terjadi di lingkungannya.

Perempuan yang tangguh mendapatkan kekuatan dari cara berpikir dan cara pandangnya terhadap masalah yang dihadapi. Mempunyai prinsip dalam hidupnya bahwa mereka tidak ingin masalah atau tekanan yang datang di hidupnya menjadikannya lemah.

Seorang perempuan tangguh mampu mengenali diri sendiri dan mampu melihat semua hal dari berbagai sudut pandang manapun. Kelemahan yang dimilikinya menjadikan mereka mampu menahan diri untuk tidak emosi dan mampu mengendalikan dirinya di saat masalah terjadi. Tetapi masih ada sebagian orang melihat semua hal hanya dari satu sudut pandang, selebihnya menyimpulkan asumsi mereka sendiri di mana mereka melihat realitanya itu seperti apa.

Ya begitulah perempuan, banyak yang menilai perempuan itu makhluk yang sangat lemah. Tapi, apakah mereka yang mengatakan seperti itu tahu bahwa kelemahan-kelemahan yang mereka miliki akan menjadi suatu penyemangat mereka?.

Salah satunya untuk mencapai tujuan dan suatu keberhasilan yang hebat. Luar biasa memang perempuan walaupun banyak yang menyepelekan atau bahkan masih memandang gender, banyak yang mengatakan perempuan itu takdirnya di dapur, bersih-bersih rumah dan lain-lain. Tapi seiringnya revolusi zaman anggapan tersebut mulai pudar banyak perempuan-perempuan tangguh yang membuktikan bahwa perempuan itu bukan hanya didapur saja, hebat sekali bukan?.

Bisa kita lihat  perempuan-perempuan tangguh di masa penjajahan. Banyak para perempuan ikut andil dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia seperti Cut Nyak Dien, Cut Nyak Mutia yang ikut dalam peperangan melawan penjajah lalu ada Ibu Kartini yang memperjuangkan kaum perempuan untuk kebebasan dalam mengenyam pendidikan. Bahkan masih banyak lagi para pahlawan perempuan yang ikut andil dalam kemerdekaan Indonesia.

Sejatinya perempuan dengan laki-laki itu sama, hanya saja pada beberapa hal yang menjadikan posisi perempuan harus di bawah laki-laki. Sayangnya dari hal tersebut banyak yang beranggapan perempuan itu selalu dibawah laki-laki, perempuan itu lemah.

Masih banyak sekali hal-hal diskriminasi pada perempuan dan banyak yang memandang hal tersebut lumrah hal biasa. Seandainya mereka tahu bahwa perempuan sebenarnya makhluk yang tangguh dan kuat. Tapi sayang masih banyak yang melihat dengan sebelah mata.

Banyak peristiwa – peristiwa penting terutama dalam memperjuangkan dan mengisi  kemerdekaan yang bahkan di dalamnya perempuan itu ikut andil, ikut membantu mensukseskan kemerdekaan Indonesia. Maka dari itu pentingnya edukasi untuk masyarakat-masyarakat awam yang masih memandang perempuan itu lemah, masih memandang kasta gender.

Baca Artikel Terkait

Juara I Lomba Esai >> Menjadi Perempuan Merdeka
Juara III Lomba Esai >> Nahdlatul Ulama, Perempuan dan Bangsa 

Mungkin dari edukasi tersebut bisa sedikiti demi sedikit membantu menyadarkan pemikiran masyarakat yang masih keliru tentang perempuan. Marilah kita sebagai perempuan tangguh Indonesia harus semangat dalam menjaga keutuhan bangsa Indonesia dan menjadikan Indonesia  negara yang satu kesatuan. Seperti teriakan “NKRI? HARGA MATI”.

Sejatinya perempuan itu penyuka kebebasan seperti kebebasan berpendapat, berekspresi, dan menentukan masa depannya. Jadi tidak harus diatur, perempuan itu harus seperti ini itu, zaman sudah berkembang keadaan sudah berbeda tidak seperti dulu.

Perempuan itu makhluk yang kuat dan tangguh mereka bisa menentukan keingingan dan tujuan mereka sendiri jadi tidak harus dikekang.  Mereka perlu dididik dengan menanamkan kebiasaan yang baik serta mandiri sehingga mereka tidak selalu mengandalkan orang lain.

Kita sebagai perempuan juga harus bisa menyeimbangkan kebiasaan pada zaman modern ini, apalagi di zaman ini perempuan harus pintar dalam bersosialisasi jangan mau ditindas, perempuan harus bangkit.  Ingat ada cita-cita bangsa juga yang dititipkan pada pundak perempuan.

Kebangkitan, persatuan, kesatuan dan perjuangan perempuan tidak bisa terpisahkan dari kebangkitan dan perjuangan bangsa dan negara. Untuk itu, api semangat kaum perempuan perlu di warisi guna melanjutkan perjuangan nasional menuju terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Menempatkan perempuan sebagai mitra strategis laki-laki dalam pembangunan sangatlah penting. Sudah terbukti banyak ibu-ibu sukses dan memiliki karir yang cemerlang. Jadi sangat penting bagi perempuan untuk bekerja sama dan membantu laki-laki, baik dalam pembangunan maupun dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga, masyarakat, dan kesejahteraan bangsa dan negara.

Bangsa Indonesia patut bangga dan bersyukur karena telah terjadi peningkatan kualitas hidup kaum perempuan. Hal ini ditandai dengan kiprah kaum perempuan dalam berbagai peranan dan berbagai kondisi serta posisi yang strategis. Seperti di bidang politik, hukum, pemerintahan, ekonomi, bahkan di bidang pertahanan keamanan. Ini juga menunjukkan bahwa potensi kaum perempuan cukup besar.

Apabila dapat ditingkatkan kualitasnya dan diberikan peluang dan kesempatan, serta dibekali kemampuan dan keterampilan, kaum perempuan mampu berperan bersama kaum laki-laki di berbagai bidang pembangunan. Namun, juga perlu diingat bahwa hendaknya kaum perempuan juga tetap menyadari dan menjunjung tinggi kodratnya di dalam keluarga.

Kaum perempuan hendaknya sukses dalam karir atau pekerjaan apapun, harus dibarengi dengan sukses membina keluarga. Peran seorang ibu adalah sebagai sosok perempuan yang memiliki kesetaraan dalam membangun keluarga, bangsa dan negara. Semoga peran kaum perempuan Indonesia semakin luas dan memberi manfaat yang semakin besar.

Perempuan tangguh sangat dibutuhkan pada masa sekarang dan yang akan datang. Saat ini, pandemi Covid-19 yang menghantam kehidupan sosial dan ekonomi, justru menunjukan peran sentral perempuan dalam berupaya penanganan dan pemulihan dampak pandemi. Walaupun  termasuk kelompok rentan, para kartini masa kini terus berupaya mendorong pemulihan bangsa.

Di era modern dan pandemi, perempuan diharapkan menjadi sosok yang kuat, berdaya, cerdas, dan terus bergerak menghasilkan ide dan kreatifitas. Sayang sekali jika perjuangan kartini harus berhenti. Kita sebagai perempuan harus tetap bergerak kreatif, inovatif, dan menginspirasi sesama perempuan sehingga menghasilkan sesuatu yang produktif dan bermanfaat.

Sebagai kaum perempuan, kita harus selalu berusaha untuk menjadi perempuan-perempuan tangguh guna menghadapi tantangan demi tantangan di masa sekarang dan yang akan datang. Memberdayakan perempuan merupakan usaha yang dapat memberikan banyak dampak positif ke berbagai aspek kehidupan.

Pada kenyataannya perempuan lebih unggul dalam hal mengambil inisiatif, daya juang, pengembangan diri dan pengembangan orang lain, serta mendorong perubahan. Semakin banyak perempuan-perempuan tangguh di Indonesia akan tercipta kesejahteraan dalam kehidupan keluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Artikel Esai Perempuan TANGGUH, Perempuan HEBAT ini adalah Pemenang Kedua Lomba HUT RI Ke-76 PC IPPNU Cilacap, Kategori Esai. 

Tentang Penulis; Luthfi Khairunnisa, Lahir di Cilacap, 24 April 2007, beralamat di Jalan Dahlia Rt 02 Rw 02 Gombolharjo Adipala, pendidikan SMP, Aktif berorganisasi, pernah menjabat sebagai Ketua OSIS SMPN 2 Kesugihan Masa Bakti 2019/2020. Ketua OSIS SMPN 2 Kesugihan Masa akti 2020/2021; Pengurus Departemen Dakwah Pimpinan Ranting IPPNU Gombolharjo. Saat ini, menjabat sebagai Ketua PAC IPPNU Adipala, Cilacap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

nine + six =

Back to top button