Badan Otonom NU

Lakmud IPNU IPPNU Patimuan Tingkatkan Skill Organisasi

Patimuan, NU Cilacap Online

“Latian Kader Muda (Lakmud) IPNU IPPNU Patimuan ini merupakan upaya pengembangan diri dan rasa memiliki organisasi, serta upaya tingkatkan skill berorganisasi sehingga akan  mencetak kader yang Progresif, Responsif dan Inovatif”,  kata Ketua Pimpinan Anak Cabang IPPNU Kecamatan Patimuan rekanita Ulfi di sela-sela pelaksanaan Lakmud (27/12/20).

Menurut  Ulfi , Pengkaderan Lakmud Lakmud IPNU IPPNU Patimuan berlangsung selama 4 hari, Kamis (24/12) hingga Ahad (27/12) dan bertempat di Gedung SDN 03 Sidamukti Patimuan.

“Lakmud diikuti 25 peserta yang merupakan kader terbaik yang lolos dalam screening pra Lakmud yang awalnya berjumlah 45 peserta. Dengan pengkaderan ini diharapkan lahir kader Progresif, Responsif dan Inovatif,” ujarnya kepada NU Cilacap Online.

Menurutnya, proses kaderisasi di dalam organisasi sangat vital kedudukannya. Ibarat jasad tanpa ruh tidak bisa hidup dan tak akan bisa melakukan segala aktifitas layaknya seorang makhluk.

“Di dalam organisasi pun sama, di mana di dalamnya akan menghadapi sebuah masalah/konflik dan rintangan tapi juga akan menemukan sebuah jalan keluar untuk memecahkan permasalahan dan rintangan yang dihadapi. Di situlah kader dituntut untuk Progresif, Responsif dan Inovatif karena seperti inilah dinamika sebuah organisasi,” tandasnya.

Peserta Lakmud
Sesi Diskusi Peserta Lakmud IPNU IPPNU Patimuan

Pengkaderan IPNU-IPPNU, Nyata dan Terarah

Kegiatan  Lakmud IPNU IPPNU Patimuan dihadiri  oleh seluruh Pimpinan Badan Otonom NU Se-kecamatan Patimuan. MWCNU Patimuan menyampaikan apresiasi atas digelarnya Lakmud.

Rais Syuriyah MWCNU Patimuan Gus Muadibussibyan mengaku salut dengan sistem pengkaderan yang dilaksanakan oleh IPNU-IPPNU.

“Hebatnya IPNU-IPPNU itu pengkaderan dilaksanakan secara nyata, terarah dan jelas tujuannya. Jadi ketika terjun di masyarakat mereka akan siap untuk menghadapi perkembangan zaman dan tidak akan mudah terbawa arus globalisasi. Ajak mereka yang belum mengikuti IPNU-IPPNU, karena masa depan bangsa akan lebih cerah bila diisi oleh kader-kader IPNU-IPPNU,” ungkapnya .

Pada kegiatan tersebut tidak hanya  melaksanakan Lakmud,  tetapi juga menggelar Konferensi Anak Cabang  (Konferancab) IPNU-IPPNU Kecamatan Patimuan. Konferensi dilaksanakan dengan beberapa agenda di antaranya adalah pemilihan ketua PAC IPNU-IPPNU Patimuan masa Khidmah 2021-2022.

Pemilihan  dilaksanakan melalui tahap seleksi setelah sebelumnya didahului mekanisme penyampaian visi dan misi dari masing-masing bakal calon. Melalui proses pemilihan yang ketat,  akhirnya Rekan Miswanto dan Rekanita Sabila terpilih untuk memimpin IPNU-IPPNU Kecamatan Patimuan masa Khidmah 2020-2021.

Penulis: Achmad Nur Wahidin

Show More

Naeli Rokhmah

Editor Situs Islam Aswaja. Menulis dan berkarya. Berkhidmah tak terlekang ruang dan waktu. menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

three × three =

Back to top button