Lembaga NU

Kelembagaan UPZIS MWCNU Diperkuat Dengan Manajeman MANTAP

Kelembagaan UPZIS MWCNU diperkuat menyusul sukses dilaksanakannya Madrasah Amil beberapa waktu yang lalu. Kegiatan yang dikemas dengan Sosliasiasi NU Care LazisNU tersebut dilaksanakan untuk pertama kalinya di MWCNU Majenang, Ahad (9/12), bertempat di SMK Farmasi Majenang.

Penguatan kelembagaan dilakukan dengan pembentukan Unit Pengumpul Zakat Infaq dan Shodaqoh (UPZIS).

“Kelembagaan UPZIS MWCNU merupakan syarat untuk memulai dioperasionalkannya program dan kegiatan di tingkat kecamatan atau tingkat MajelisWakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU),” demikian disampaikan oleh Ahmad Fauzi,S.Ag, Sekretaris NU Care LazisNU Cilacap.

Sosliasiasi NU Care LazisNU diikuti oleh MWCNU se DistrikMajenang meliputi Dayeuhluhur, Wanareja, Majenang, Cimanggu dan Karangpucung. Beberapa unsur lembaga pendidikan dari wilayah Cipari juga dihadirkan. Dalam kesempatan tersebut, Ketua NU CareLazisNU Cilacap H. Wasbah S Fawaid hadir bersama K. Asifudin Dahri dan K. Fatoniselaku Dewan Syariah NU Care LazisNU Cilacap.

Manajeman MANTAP

Dalam sambutannya, H. Wasbah S Fawaid mengatakan, tujuan sosialisasi NU Care LazisNU antara lain agar UPZIS tingkat MWCNU segera dibentuk. “Pembentukan UPZIS ini satu keharusan. Agar pengelolaan zakat, infaq, sedekah dan dana social keagamaan lainnya dapat dikelola secara professional,” kata Wasbah.

Kelak UPZIS harus bisa menerapkan manajeman MANTAP, yaitu Modern, Akuntable, Transparan dan Profesional. “Penerapan manajemen MANTAP, harus dibarengi dengan penguatan internal kelembagaan, penguatan SDM UPZIS, pembangunan sistem manajemen berbasis data serta kelengkapan administrasi dan kesekretariatan,” imbuh Wasbah.

Drs. KH. Musbihin M.M., Ketua MWCNU Majenang memberikanapresiasi dengan kegiatan sosialisasi NU Care LazisNU ini. Dikatakannya, memangdi Nahdlatul Ulama masih banyak sekali potensi yang belum tergali denganmaksimal.

“Potensi itu belum tergali, bisa jadi karena ketidaktahuan kita. Atau bahkan karena kita belum sempat mengerjakannya,” kata KH. Musbihin

Sementara itu, NU Care LazisNU Cilacap berharap UPZIS bisa serentak dididirkan dan diperkuat kelembagaannya di wilayah eks Distrik Majenang.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

4 − three =

Back to top button