Badan Otonom NU

Kader Fatayat NU Harus Paham Politik Kebangsaan

Kader Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) diimbau untuk memahani politik kebangsaan. Tak hanya itu, Fatayat NU juga harus turut berpartisipasi dalam politik, ini penting agar aspirasi perempuan bisa tersampaikan.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah Siti Rosidah di hadapan kader Fatayat NU Cilacap saat mengisi kegiatan Pendidikan Politik.

Kegiatan Pendidikan Politik dan Wawasan Kebangsaan dilaksanakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Nusawungu dengan mengusung tema “Perempuan, Politik dan Nahdlatul Ulama” yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Rahayu Family Desa Sikanco Kecamatan Nusawungu pada Ahad siang (19/6/2022).

Baca Juga: Demokrasi dan Kekerasan

Hj. Siti Rosidah, S.Ag. DPRD Provinsi Jawa Tengah yang merupakan narasumber acara tersebut mengajak fatayat NU Nusawungu agar berpartisipasi dalam politik. Termasuk juga mencetak generasi mendatang yang pandai berpolitik, tetapi politik yang jujur.

“Mari perempuan Nusawungu berpartisipasi dan memajukan politik di Nusawungu. Ciptakan generasi yang paham politik kebangsaan. Tidak menutup kemungkinan jika anda semua juga bisa menjadi wakil rakyat,” ajak Rosidah.

Narasumber berikutnya didatangkan dari Bawaslu Cilacap Warsid dalam paparannya Warsid menyampaikan tentang demokrasi. Menurutnya syarat negara menganut demokrasi adalah Pemilu

“Bahwa demokrasi secara umum dikenal sebagai pemerintahan dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat. Negara demokrasi kekuasaan tertinggi dipegang oleh rakyat. Sedangkan syarat negara demokrasi adalah penyelenggaraan Pemilu,” ulasnya.

Narasumber terakhir yaitu anggota Dewan Kehormatan PC Fatayat NU Cilacap Dr. Zulfatun Ni’mah. Ia menjelaskan wawasan kebangsaan. Yaitu pengetahuan pemahaman tentang kebangsaan Indonesia. Dirinya mengatakan bahwa negara Indonesia merupakan negara yang keberagamannya paling banyak dibanding negara lain.

Acara Dikpol hari itu digelar oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Nusawungu. Acara seremonial pembukaan diresmikan dan dibuka oleh ketua PC Fatayat NU Cilacap Tun Habibah, S.Pd.I. Dalam acara tersebut hadir tamu undangan dari Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU), Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) dan tokoh masyarakat sekitar.

Mashudi sekertaris MWCNU Nusawungu dalam sambutannya mengatakan bahwa beliau merasa bangga atas kinerja Fatayat NU yang luar biasa.

“Saya merasa bangga ternyata Fatayat NU Nusawungu tidak henti-hentinya berinovasi dan selalu menebar manfaat,” ungkapnya. (Robiya)

Editor: Naeli Rokhmah

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button