Badan Otonom NU

Aksi Pencak Silat Pagar Nusa Meriahkan Acara Sunatan Massal

Aksi Pencak silat NU Pagar Nusa Kecamatan Nusawungu ikut memeriahkan acara sunatan massal yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Ahad (12/09).

Sebelumnya diketahui Sunatan Massal yang diselenggarakan di komplek MTs Darussalam, Klumprit, Nusawungu ini diikuti oleh anak-anak perwakilan dari ranting NU se-Kecamatan Nusawungu. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara PAC IPNU IPPNU Nusawungu dengan NU Care LAZISNU dan Lembaga Kesehatan NU (LKNU) Cilacap.

Aksi Pagar Nusa Nusawungu

Disela-Sela istirahat seremonial acara sunatan massal, pertunjukan seni pencak silat ditampilkan oleh Pagar Nusa Nusawungu. Penampilan seni pencak silat ini dibagai menjadi 4 kelompok, diantaranya Seni Salam Pagar Nusa, Salam NU dan yang lainnya, Jurus Baku Pagar Nusa, Seni Golok dan Seni Tarung. Masing-masing pemain memiliki peran dan karakter tersendiri.

Aktor penampilan seni Pagar Nusa diantaranya Kiki, Mauren, Merly, Helen dan Nur. Mereka berempat unjuk seni pagar nusa. Seni jurus baku Pagar Nusa dimainkan oleh Jenia, Aurel dan Amel. Dimas sebagai seni golok. Raihan dan Raichan Bustanul Arifin sebagai seni tarung. Mereka semua merupakan santri PAC Pagar Nusa Kecamatan Nusawungu.

Penampilan pendekar Pagar Nusa Nusawungu Cilacap dalam acara seremonial ini menjadi hiburan bagi tamu undangan dan peserta sunatan massal.

“Tidak kalah penting juga, seni pencak silat mengeratkan tali persaudaraan antara PAC Pagar Nusa dan PAC IPNU & IPPNU Kecamatan Nusawungu,” ujar Ketua PAC Pagar Nusa Nusawungu Budi Abdin Setio.

Pencak Silat Pagar Nusawungu
Pendekar Pagar Nusa Nusawungu Dimas tampilkan seni golok

Dengan adanya kolaborasi bersama antara ke dua Banom NU tersebut dengan harapan dapat meningkat mutu kualitas masing-masing organisasi.

Aksi Pagar Nusa juga disaksikan langsung oleh Forkompimcam Nusawungu Sudiyo Dwi Susanto, S.Sos, Rais Syuriyah MWCNU Nusawungu Drs Muslihudin, Ketua Tanfidziyah MWCNU Nusawungu H Tasno, S.Ag, Ketua PAC IPNU Nusawungu Rekan Ali Amirudin, Ketua PAC IPPNU Fita Enjelita, warga NU Klumprit serta banom-banomnya dan tentu saja para peserta sunatan massal.

Tampilnya Pagar Nusa dalam acara seremonial sunatan masal menjadikan suasana tamu undangan dan peserta terhibur. Suara tepuk tangan dari penonton terus menggema seiring atraksi berjalan. Dengan gaya dan karakteristik di masing-masing kelompok, performa para pendekar pagar nusa menjadikan suasana sunatan massal menjadi berwarna.

Penulis : Arif Norvaozi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

18 − fifteen =

Back to top button