Nasional

Gempa Di Cianjur Jabar, PCNU Cilacap Siap Kirim Relawan

Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya. Gerak cepat bentuk rasa peduli,  Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PCNU Cilacap siap mengirim relawan untuk membantu para korban. Hal ini diputuskan usai digelar rapat darurat di Gedung Pusdiklat PCNU Cilacap pada Senin Malam (21/11/2022).

Menyusul terjadinya musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap mengucapkan duka yang sedalam-dalamnya. Ucapan belasungkawa disampaikan oleh sekretaris PCNU Cilacap Khazam Bisri.

“Kami atas nama keluarga besar PCNU Cilacap mengucapkan Ikut belasungkawa atas kejadian musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Semoga semuanya diberi kekuatan dan kesabaran,” katanya

Dalam rapat darurat tersebut, PCNU telah melakukan koordinasi dengan NU Cilacap Peduli untuk melakukan langkah konkrit membantu korban di lapangan.

Gus Khazam mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak PCNU Cianjur bahwa Cilacap akan mengirim bantuan. Intruksi pun disampaikan agar NU Cilacap melakukan langkah konkrit membantu korban.

“Relawan akan dikirim untuk membantu para korban. Rencana besok pagi (Rabu, 23/11/2022) rombongan akan berangkat lokasi,” ungkapnya kepada NU Cilacap Online saat dihubungi pagi ini Selasa (22/11/2022).

“Relawan akan berangkat sebanyak 8 orang yang terdiri dari Ansor, Banser, LPBI dan NU Care LAZISNU Cilacap. Mereka akan stay selama 3 hari dan sekiranya tenaga masih dibutuhkan akan mengirim kembali relawan secara bergantian,” sambungnya.

Baca juga

Gus Khazam demikian ia disapa juga mengatakan bahwa pihaknya telah mengintruksikan kepada seluruh jajaran NU untuk menyalurkan bantuan.

“Kami telah mengintruksikan kepada jajaran NU di semua tingkatan, dari PC, MWC sampai ke ranting untuk menyalurkan bantuan. Begitu juga dengan Banom dan lembaga seperti LP Maarif juga kami intruksikan bergerak menghimpun donasi untuk membantu warga korban gempa di Cianjur,” tegasnya.

Untuk penggalangan bantuan nantinya akan diberlakukan satu pintu yakni NU Cilacap Peduli. Bantuan bisa ditransfer melalui BSI: 7390 6834 60 an. NU Peduli Kemanusiaan. Informasi dan konfirmasi 0812 2822 1010.

Evakuasi Korban Terhambat Akses

Musibah Gempa Cianjur terjadi pada Senin siang (21/11/2022) tepatnya pukul 13.21 WIB. Gempa dengan magnitudo 5,6 Skala Righter mengguncang Kabupaten Cianjur. Lokasi kejadian berpusat di Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur.

gempa cianjur

Dalam pers rillis yang dikeluarkan oleh PCNU Cianjur tertulis 162 orang meninggal dunia, 326 orang luka-luka, 17874 jiwa mengungsi, dan 2345 unit bangunan rusak. Data ini masih mungkin berubah lagi proses pendataan masih terus berjalan.

Dalam rapat zoom gempa cianjur dengan Gubernur Jabar, Bupati Cianjur mengungkap bahwa evakuasi terhambat oleh akses sehingga masih ada warga yang belum terevakuasi. Terutama pada Desa Perkebunan Gede dan Padaluyu Kecamatan Cugeneng.

Adapun kebutuhan mendesak saat ini adalah tenda darurat, makanan, sandang, alat kesehatan terutama untuk patah tulang. Alat berat sangat dibutuhkan untuk memudahkan jalannya evakuasi. Bupati Cianjur juga mengungkap korban meninggal rata-rata adalah anak-anak sekolah SMP Cugeneng. Hingga berita diturunkan, proses evakuasi masih terus berjalan. (Naeli Rokhmah)

 

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button