MWCNU

Lakukan Turba, NU Cilacap Kuatkan Program Koin NU

Dalam rangka menguatkan program Koin NU, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama melakukan kegiatan turun ke bawah (turba) ke Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Bantarsari.

Sejumlah Pengurus Ranting NU di MWCNU Bantarsari mengikuti kegiatan Turba PCNU Cilacap Sabtu, 11/2022 yang bertempat di Pondok Pesantren Syarbini Hasan Kamulyan. Kegiatan yang di mulai pukul 13.30. Di antara yang dihadirkan adalah Pengurus MWCNU Bantarsari, Pengurus UPZIS MWCNU Bantarsari, Pengurus Ranting NU se MWCNU Bantarsari dan Kordes Koin NU se MWCNU Bantarsari.

Tidak hanya itu, Rais Syuriyah PCNU Cilacap KH Suada Adzkiya beserta pengurus lain turut hadir dalam acara tersebut. Hadir pula Pengasuh Pondok Pesantren Syarbini Hasan KH Muhtarom Mansur. Pada kesempatan tersebut, beliau membuka acara Turba PCNU Cilacap dengan tawasul.

Dalam sambutanya katib Syuriyah PCNU Cilacap Gus Abdal Malik menyampaikan beberapa tujuan dari turba PCNU yaitu pembenahan berkaitan program-program yang berkaitan dengan program KOIN NU di tingkat MWC higga Ranting NU.

“Agar konsistensi dalam kegiatan KOIN maka kita harus mengingat kembali tujuan dan dari mana asal usul terbentuknya kegitan Koin NU. Dengan mengingat kembali tujuan tersebut, kita sebagai Pengurus harus benar-benar konsisten dalam menjalankan program KOIN NU, karena terbentuknya program dimulai dari Ranting NU, MWCNU hingga  sampai tingkatan PC,” katanya.

Baca Juga : Target NU Care LAZISNU Tahun 2022, Koin NU Rp14.3 Milyar

Sementara Sekretaris PCNU Cilacap Khazam Bisri menyampaikan bahwa misi Turba kali ini adalah bagaimana transformasi KOIN NU terbentuk hingga sekarang.

“Karena Transformasi KOIN NU yang di putuskan melalui Muskercab tahun 2018, agar bisa di jalankan,”, ungkapnya.

Dikutip NUCOM Cilacap tentang strategi KOIN NU di antaranya adalah  NU Care-LAZISNU Cilacap dalam tata kelola Koin NU menerapkan strategi pengelolaan mencakup dua hal. Pertama, perencanaan kegiatan program Koin NU yang dilakukan dengan cara melakukan perumusan SOP, membentuk pengurus UPZIS tingkat kecamatan, metode fundraising, studi banding, pembukuan keuangan dengan manajemen ‘Mantap’ (Modern, Akuntabel, Transparan, dan Profesional), inovasi, dan evaluasi.

“Pelibatan anak muda dilakukan karena semangat dan energi para anak muda masih sangat tinggi sehingga mereka sangat antusias membantu mensukseskan Gocap (Gerakan Koin NU Cilacap),” kata Manajer Program NU Care-LAZISNU Cilacap, Ahmad Fauzi.

Baca Juga : PCNU Cilacap Gelar Turba Konsolidasi Ke Seluruh MWCNU

Selanjutnya, terdapat pedoman penggunaan dana Koin NU di NU Care-LAZISNU Cilacap yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu sistem penghimpunan dana, sistem pengelolaan dana, dan sistem pendistribusian dana.

Kontributor: Mungalim
Editor: Naeli Rokhmah

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3 × three =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button