Feature & Figur

5 Nilai Dan Seni Berkehidupan Dalam Permainan Catur

Apa saja 5 Nilai dan Seni Berkehidupan Dalam Permainan Catur? Permainan catur memiliki nilai filosofis seni hidup dan berkehidupan, juga mencerminkan sebuah strategi kehidupan. Catur sendiri merupakan salah satu olahraga yang mengandalkan strategi, keterampilan otak, untuk memahami kondisi serta menyusun strategi agar lawan kalah.

Tentang strategi permainan catur. Dari segi permainan, Catur merupakan wahana bermain yang dapat mengolah kontrol emosi. Sehingga cocok untuk dimainkan lintas usia mulai dari pemain muda hingga usia tua.

Selain itu, catur merupakan permainan yang sangat sederhana, sangat mudah dimainkan dan ditemui di sekitar lingkungan masyarakat pada umumnya, seperti halnya dapat ditemui di warung kopi tempat yang umum dijadikan tempat bertemu dan saling mengobrol.

Dengan mengandalkan kedalaman berfikir dan kesabaran maka seseorang bisa memahami kondisi dan merancang strategi. Catur memiliki ikatan erat dengan filosofi, karena mampu mengasah ketajaman akal dan budi.

Baca Juga : Saptawikrama, 7 Strategi Kebudayaan Islam Nusantara

Permainan catur memiliki 5 Nilai dan Seni Berkehidupan, setidaknya jika dirangkum, sebagai berikut yaitu, tentang melangkah, kematian dan kegagalan, pola jalan merupakan gambaran pola kerja, menang dan kalah, prinsip moral dasar permainan.

  1. Tentang melangkah. Meskipun pion memiliki ukuran kecil, tapi langkahnya terus maju dan tidak pernah mundur. Hal ini menunjukan bahwa keberanian dan tekad sama sekali tidak diukur dari bentuk fisik saja. Jika memiliki tekad yang kuat, manfaatkan kelemahan jadi kekuatan dan majulah ke depan. Setiap langkah yang diambil, akan menentukan bagaimana situasi ke depan. Segala keputusan merupakan titik awal yang akan mengakibatkan perubahan situasi setelahnya. Untuk itu, perlu sikap bijaksana dalam langkah dan keputusan untuk menghindari risiko buruk ke depannya. Biarpun melangkah di kotak hitam atau kotak putih, pasti selalu ada konsekuensi dalam setiap pilihan. Setiap pilihan pasti memiliki manfaat dan resiko tersendiri. Entah itu hasilnya baik atau buruk, yang pasti harus memiliki keputusan untuk melangkah.
  2. Kematian dan kegagalan. Raja bisa mati dengan bidak apapun milik lawan, bahkan sebuah pion kecil berpotensi membunuh raja yang dilindungi seluruh pasukan. Filosofi yang dapat diambil adalah kegagalan bisa menimpa seseorang. Entah itu berasal dari masalah besar atau kecil, yang pasti perlu memiliki kebijaksanaan dalam menghadapi setiap masalah dan jangan meremehkan hal kecil.
  3. Pola jalan merupakan gambaran pola kerja. Banteng berjalan lurus, gajah berjalan miring, ratu bisa ke segala arah, namun hanya kuda yang mampu melompat. Setiap orang, sepenting apapun posisinya, Ia memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada hal yang dapat dia lakukan, ada yang tak kuasa dia lawan. Namun untuk menjadikannya strategi yang harmonis perlu kerjasama dan kekompakan untuk saling melindungi dan mewujudkan kemenangan.
  4. Menang dan kalah. Kemenangan dan kekalahan dalam sebuah permainan, tak pernah lepas dari strategi dan pengalaman. Untuk dapat memperoleh kemenangan, tentunya membutuhkan strategi yang kuat yang tak terkalahkan. Namun untuk dapat membentuk keterampilan, perlu jam terbang pengalaman.
  5. Prinsip moral dasar permainan. Pelajaran yang paling utama untuk meraih kemenangan adalah ketajaman akal. Tetapi untuk memperoleh kualitas permainan, dibutuhkan kesabaran. Kehidupan harus terarah dengan ketajaman akal dan strategi. Namun, jangan lupa bahwa pentingnya kesabaran dan kekuatan moral yang dapat menentukan kualitas kehidupan.

Anda suka permainan catur? Jika iya, strategi permainan catur anda bisa jadi mencerminkan seni dan nilai kehidupan yang anda lalui.

Penulis: Imam Hamidi Antassalam
Editor: Munawar A.M.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

eighteen + eighteen =

Back to top button