Setelah Dayeuhluhur, PAC IPNU-IPPNU Kampunglaut Siap Dibentuk

Setelah PAC IPNU dan IPPNU Dayeuhluhur, menyusul kemudian PAC IPNU-IPPNU Kampunglaut Siap Dibentuk. Lukman Ali Mustofa, Ketua PC IPNU Kabupaten Cilacap periode 2017-2019 mengungkapkan, terbentuknya PAC IPNU-IPPNU Dayeuhluhur merupakan bagian dari puncak prestasi PC IPNU dan IPPNU Kabupaten Cilacap.

“Dengan kolaborasi yang solid, dan dengan doa seluruh kesepuhan dan para alumni, Kami mampu melaksanakan konsolidasi organisasi hingga ke Dayeuhluhur. Alhamdulillah, PAC IPNU dan IPPNU di wilayah kecamatan yang berbatasan lansung dengan propinsi Jawa Barat tersebut sudah terbentuk,” katanya.

PAC IPNU Dayeuhluhur

Senada dengan Lukman, Ketua PC IPPNU Kabupaten Cilacap periode 2018-2020, Umaroh Dina Suryana mengungkapkan kebahagiaannya. Pelajar putri yang akarab disapa Umey ini menyatakan, terbentuknya PAC IPPNU Dayeuhluhur sebanding dengan kerja keras seluruh jajaran PC IPNU dan IPPNU Kabupaten Cilacap.

“PAC IPNU dan IPPNU Dayeuhluhur adalah PAC ke-22 yang terbentuk. Ini merupakan momentum yang sangat membahagiakan buat Kami semua.

Kebahagiaan itu tercermin dari antusiasme rekan dan rekanita IPNU-IPPNU Cabang Cilacap, para pelajar dan santri di Dayeuhluhur yang dengan penuh semangat, mengikuti Masa Kesetiaan Anggota (Makseta) hingga terpilihnya pengurus PAC IPNU dan IPPNU,” katanya.

Peserta Makesta IPNU IPPNU Cipari bersama jajaran PC IPNU-IPPNU Kabupaten Cilacap (Foto: Dok. IPNU-IPPNU)

Tanggal 19 dan 20 Januari 2019 yang lalu, Makesta IPNU-IPPNU digelar di Dayeuhluhur. Tidak kurang dari 50an peserta antusias mengikuti Makesta. Dukungan dari pengurus MWCNU Dayeuhluhur juga sangat membantu pelaksanaan Makesta. Dengan dukungan pengurus MWCNU Dayeuhluhur, jarak ratusan kilometer dari pusat kota Cilacap ke Dayeuhluhur dilalui dengan penuh semangat.

Bersamaan dengan Makesta di Dayeuhluhur, Tim PC IPNU-IPPNU Kabupaten Cilacap juga menggelar Makesta di MWCNU Cipari. Hasilnya, terbentuk PAC IPNU dan IPPNU Cipari. Semua juga berkat dukungan dari MWCNU Cipari melalui kordinasi yang baik.

“Kordinasi ini harus kami lakukan. Sebagai badan otonom NU, IPNU dan IPPNU di tingkat Kecamatan harus melibatkan bapak-bapak di struktur MWCNU. Dengan demikian, sejak dari awal, para pengurus IPNU dan IPPNU di tingkat Kecamatan diberi pemahaman yang cukup perihal hubungan antara IPNU-IPPNU dengan MWCNU,” kata Lukman.

PAC IPNU-IPPNU Kampunglaut

Lukman mengungkapkan, jauh hari sebelum pelaksanaan Makesta, jajarannya sudah melakukan kordinasi yang cukup dengan pengurus MWCNU Dayeuhluhur dan Kampunglaut, serta keada para pengurus badan otonom NU terkait seperti GP Ansor dan Fatayat NU.

“Setelah Dayeuhluhur, PAC IPNU-IPPNU Kampunglaut siap dibentuk dalam waktu dekat. Tidak lupa kami memohon doa dan dukungan kepada semua pegiat organisasi NU untuk pembentukan PAC IPNU dan IPPNU Kampunglaut,“ katanya.

Berbeda dengan Dayeuhluhur yang berada di wilayah pegunungan, wilayah Kampunglaut secara geografis merupakan wilayah yang dikelilingi alur segara anakan. Dari satu desa ke desa lain harus ditempuh dengan menggunakan armada perahu.

Rencana pembentukan PAC IPNU dan IPPNU Kampunglaut dibenarkan oleh Ketua MWCNU Kampunglaut, Dwi Hartanto. Dia menyatakan gembira dan mendukung dengan sepenuhnya, sebagaimana dukungan yang pernah diberikan pada saat pembentukan PAC GP Ansor dan PAC Fatayat NU Kampunglaut.

Dwi Hartanto yang berlatarbelakang pendidik, merasa bahwa ini merupakan momentum yang tepat. Oleh karena itu, pihaknya sangat antusias agar PAC IPNU dan IPPNU Kampunglaut segera dibentuk.

“Memperkenalkan NU kepada para pelajar di Kampunglaut dengan pembentukan PAC IPNU dan IPPNU merupakan ihtiar memperkenalkan organisasi yang berhaluan aqidah Ahlussunah wal Jamaah secara lebih dini. Pelajar berkesempatan untuk memahami lebih baik aqidah Aswaja, dengan cara aktif dan mau mengikuti kegiatan di organisasi IPNU dan IPPNU,” katanya.

Sementara itu, baik Lukman maupun Umey sama-sama berharap, agar PAC IPNU dan IPPNU Kampunglaut akan segera terealisasi. Dengan begitu, konsolidasi IPNU-IPPNUsudah mencapai sejumlah 23 Kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap.

“Diharapkan, PAC IPNU dan IPPNU yang ke 24, kelak juga akan terbentuk, yaitu PAC IPNU dan IPPNU di Kecamatan Wanareja,” kata Umey.

About admin

Admin Utama Situs Islam Aswaja: menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 + seven =