Badan Otonom NU

Makesta IPNU IPPNU Bantarsari Cetak Kader Berakhlaqul Karimah

Makesta (Masa Kesetiaan Anggota) yang dilaksanakan IPNU IPPNU Bantarsari diharapkan bisa mencetak kader yang berakhlaqul karimah serta mampu menciptakan Kader NU di kemudian hari yang siap berjuang tengah masyarakat.

Hal itu dikatakan oleh ketua PAC IPNU Bantarsari Sutrisno dalam apel pembukaan Makesta Pimpinan Ranting (PR) IPNU dan IPPNU Desa Bantarsari Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap pada Senin 28 Desember 2020 di Gedung MI Mafatihul Huda Bantarsari.

Apel pembukaan dihadiri oleh , PC IPNU-IPPNU Cilacap, PAC IPNU-IPPNU Bantarsari,, Pimpinan Banom Ranting Bantarsari dan juga Dewan Kerja Cabang.

Ketua Ranting IPNU Bantarsari Ahmad Zam Zami selaku ketua panitia penyelenggara menyampaikan bahwa acara Makesta dilaksanakan selama 2 hari.

Makesta IPNU IPPNU Bantarsari

“Makesta dilaksanakan selama 2 hari sejak Senin (28/12/2020) hingga Selasa 29 (29/12/2020).Dalam kegiatan ini, kami mengangkat tema “ Menciptakan Gerenasi Milenial Yang Berakhlaqul Karimah Dan Berpikir Ala Nahdliyin “. Adapun jumlah peserta adalah 77 orang. Mereka adalah anggota IPNU dan IPPNU yang baru saja mulai masuk”, kata Zam Zami.

Makesta sendiri dipimpin langsung oleh Ketua PAC IPNU Bantarsari Sutrisno. Kepada NU Cilacap Online, Sutrisno menyampaikan bahwa dalam kegiatan tersebut peserta dibekali pengetahuan tentang beroranisasi.

“Di Makesta ini, Peserta di bekali pengetahuan bagaimana organisasi ipnu ippnu. Mereka juga dididik sebagai generasi milenial. Yang terpenting ialah sebagai peserta IPNU IPPNU yaitu tetap berahlakul karimah. Baik di kalangan Warga NU maupun di Organisasi lain”, tutus Sutrisno.

Makesta adalah proses terstruktur kaderisasi IPNU IPPNU melalui pelatihan singkat dengan materi pengenalan Faham Ahlussunnah Wal Jama’ah (ASWAJA), IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) – IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) dan materi lain yang terkait.

Apa fungsi dari makesta? Makesta menjadi pintu gerbang pelajar dan santri di linkungan organisasi Nahdlatul Ulama. Fungsi makesta antara lain sebagai syarat menjadi anggota IPNU/IPPNU yang sah. Karena merupakan syarat, maka siapapun yang berkehendak menjadi anggota IPNU atau IPPNU, harus mengikuti pengkaderan Makesta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

thirteen − 5 =

Back to top button