Ranting NU

PLPK Kedawung Kroya Salurkan Koin NU Untuk Yatim Dan Dhuafa

Petugas Lapangan Penjemput Koin (PLPK) di bawah Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Kedawung, Kroya salurkan Koin NU tidak kurang dari 12 juta rupiah untuk anak yatim dan dhuafa. Pentasarufan Koin NU bulan Agustus ini dialokasikan untuk program penguatan kelembagaan dan sosial.

Sebanyak 25 anak yatim dan 30 dhuafa menjadi prioritas penerima manfaat dari koin NU. Pendataan anak yatim dan dhuafa tersebut sudah dilakukan sejak lama, namun karena kondisi kesehatan yang kerap kali berubah sewaktu-waktu, penyaluran donasi baru terlaksana di bulan Muharram ini.

Santunan tersebut dilakukan dengan bentuk uang, lantaran melihat mayoritas skala kebutuhan saat ini. Untuk yatim diberi santunan sebesar Rp. 200.000 dan dhuafa sebesar Rp.150.000.

Sakiwen, warga RT 2 RW 6 Kedawung merupakan salah satu penerima manfaat koin NU. Ia sangat bersyukur atas bantuan yang diterima dan berterima kasih karena dapat membantu keperluannya untuk berobat.

Salah satu PLPK Kedawung, Mutingah merasa bahagia karena menyampaikan amanat munfiq (pemberi infaq, red.) kepada para warga. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, munfiq semakin percaya untuk berinfaq melalui lembaga NU Care LAZISNU.

“Sedikit dari anda, sangat berarti untuk mereka”, pungkasnya.

Ranting NU Kedawung, Kroya, Cilacap beserta jajaran banomnya turut serta mengawal pentasarufan Koin NU ini. Hal itu semakin menonjolkan kekompakan pengurus dalam berkhidmat di NU. Meskipun penyaluran donasi membutuhkan waktu 3 hari, mulai dari hari Sabtu sampai Senin. Namun, tidak melunturkan semangat mereka karena sudah menantikan jauh-jauh hari.

Secara terpisah Ketua UPZIS MWCNU Kroya, Ahmad Tajudin mengapresiasi PLPK Kedawung yang sudah menjalankan program sosial Santunan Yatim dan Dhuafa.

“Ada sesuatu yang luar biasa di Ranting Kedawung, yaitu kebersamaan dan kekompakan antar pengurus ranting. Koordinator Desa PLPK dan anggotanya dengan banom NU dalam melaksanakan pentasarufan Koin NU, bahu membahu bersama mengantarkan santunan kepada yang berhak secara door to door dalam rangka mengurangi kerumunan. Ini merupakan langkah yang tepat di masa pandemi”, tutur Ahmad Tajudin.

Pentasarufan Koin NU Kedawung Kroya melalui program sosial sendiri ada 2 bentuk kegiatan, yaitu santunan anak yatim-piatu dan santunan untuk para dhuafa. Kegiatan ini merupakan program dari NU Care LAZSINU di bulan Muharram.

Penulis : Zidni Choiron Nafi
Penyunting : Shevilla Dewi Pramudita

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button