Dokumentasi

Hari Santri Tahun 2021 Dimulai Dengan 9 Agenda, Apa Saja?

Peringatan Hari Santri Tahun 2021 dimulai, tidak kurang dari 9 agenda sudah ditetapkan oleh Rabhithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

Sejak adanya Keputusan Presiden nomor 22 Tahun 2015, Rabhithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) selalu istiqamah memperingati Hari Santri setiap 22 Oktober.

Disampaikan Ketua Umum RMI NU, KH Abdul Ghaffar Rozin dalam konferensi pers secara virtual dalam acara Kick Off Hari Santri 2021, Rabu malam, (8/9).

“Bertepatan dengan malam 1 Safar 1443 H ini, merupakan malam istimewa bagi RMI NU untuk mengawali dengan kegiatan istighatsah secara virtual, dan juga memperkenalkan logo resmi Hari Santri 2021.” terang Ketua Umum RMI NU itu yang akrab disapa Gus Rozin.

9 Agenda Hari Santri 2021

“Pada hari ini diawali dengan istighatsah sebagai pemmbuka peringatan Hari Santri tahun ini. Rangkaian yang akan kita ikuti selama dua bulan dari sekarang, kita mengawali dengan memperkenalkan logo dan slogan Hari Santri 2021,” ujarnya

Logo Hari Santri 2021 merupakan hasil dari sayembara yang diikuti oleh 250 talenta desain dari kalangan santri. Logo tersebut melambangkan air jernih yang memberikan kesejukan dan kesegaran,dan menjadi sumber kekuatan bagi kehidupan baik dalam konteks sebagai pribadi, warga negara maupun bangsa.

“Santri harus mengabdi kepada orang tua, guru dan juga ikut andil dalam menjaga NKRI. Logo Hari Santri 2021 ini diharapkan akan menjadi simbol penting bagi para santri untuk berperan penting dalam kekuatan untuk bangkit dan tumbuh di situasi pandemi,” ucapnya.

Sedangkan slogan Hari Santri 2021 adalah “Bertumbuh, Berdaya, Berkarya”. Menurut Gus Rozin, makna tersebut adalah pesantren harus terus tumbuh baik secara kualitas maupun kuantitas. Pesantren harus bertumbuh, pesantren harus berdaya dan terus berkarya.

“Pesantren harus memiliki kemampuan kemandirian baik dari aspek tata Kelola, ekonomi maupun pembelajaran dan pesantren harus berkarya untuk bangsa dan negara, berkarya dengan modal keterampilan, kreativitas, inovasi dan kemampuan memecahkan masalah,” katanya.

9 Agenda Hari Santri 2021

Gus Rozin berharap perayaan Hari Santri 2021 ini tidak hanya diisi oleh euforia semata, tapi juga dilengkapi dengan kegiatan substantif yang memberdayakan. Karena itu, pada momentum Hari Santri 2021 RMI NU akan melaksanakan berbagai kegiatan untuk para santri selama dua bulan kedepan.

9 Agenda Peringatan Hari Santri 2021 RMI NU

Apa saja 9 agenda kegiatan yang digelar RMI NU pada Hari Santri 2021?

  1. Kompetisi Santri 4.0,
  2. Webinar Santri Tani Milenial,
  3. Lomba Cipta Lagu,
  4. Duta Santri Nasional dan Festival Halal Fashion,
  5. Bintang Santri Academy,
  6. Shalawat Nariyah untuk Negeri,
  7. Webinar Internasional,
  8. Lomba Baca Kitab Karya KH Hasyim Asy’ari.
  9. Seluruh kegiatan tersebut akan ditutup dengan acara puncak “Amanat Hari Santri”.

Gus Rozin menambahkan momentum ini merupakan waktu yang tepat dalam membakar semangat santri dan pesantren untuk tumbuh dan siap menghadapi perubahan zaman yang sangat cepat.

“Semangat perjuangan para ulama melalui resolusi jihad NU dalam mengusir penjajah harus menjadi pelecut semangat santri dan pesantren dalam berjuang menyiapkan generasi santri yang siap dalam menghadapi dunia baru dan tantangannya,” jelasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

eighteen + 9 =

Back to top button