Badan Otonom NU

PAC Fatayat NU Karangpucung Siapkan Bazar Ramadhan 2021

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Karangpucung Cilacap siapkan Bazar Ramadhan tahun 2021. Rencana dan keputusan penyelenggaraan Bazar Ramadhan tersebut muncul dalam Rapat Kordinasi PAC Fatayat NU Karangpucung, Sabtu (27/3). Rapat Kordinasi sendiri dilaksanakan untuk menyongsong Harlah Fatayat NU ke 71 tahun 2021.

Ketua PAC Fatayat NU Karangpucung, Sri Ningrum Mahmudah menyatakan bahwa  potensi kader Fatayat NU Karangpucung yang beragam bisa diakomodir dalam kegiatan yang serempak dan berkelanjutan. Momentum bulan Ramadhan diakuinya cukup potensial untuk menggelar kegiatan yang produktif.

“Awalnya kita akan fokus ke Harlah Fatayat NU, tapi karena bersamaan dengan bulan Ramadhan, maka diputuskan untuk menyelenggarakan Bazar Sore Ramadhan tahun 2021. Sehingga Bazar merupakan rangkaian Harlah Fatayat NU nantinya,” ungkapnya.

Menurut Sri Ningrum Mahmudah, Kader Fatayat NU Karangpucung banyak yang mampu memproduksi Makanan, Fashion, dan jenis komoditi layak-bazar lainnya. Tidak tertutup kemungkinan peran serta dari Kader yang tersebar di beberapa Ranting Fatayat NU.

Kuliner Kuna dan Kini

Pandemi yang masih berlangsung, bagi Sri Ningrum Mahmudah, tidak seharusnya menjadi kendala bagi Fatayat NU untuk melaksanakan kegiatan. Dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, kegiatan Bazar Ramadhan kelak diharapkan bisa dilaksanakan.

“Ada hal yang serius untuk disikapi selama pandemi, yaitu pemulihan ekonomi kader. Organisasi Fatayat NU kita upayakan bisa memberi solusi pemulihan ekonomi. Ini tidak bisa spontan, harus bertahap. Nah, bagi kader yang punya produk rumahan yang layak, nantinya akan dipasarkan melalui Bazar Ramadhan” ungkap perempuan yang akrab dipanggil Mba Cici.

Menurut Cici, salah satu komoditi yang kemungkinan besar akan dipasarkan adalah jenis olahan makanan Kuliner Kuno dan Kini. Kuno, untuk jenis makanan tradisional siap saji. Sementara Kuliner Kini, jenis makanan ringan yang bersifat kekinian.

“Mudah-mudahan rencana Bazar Ramadhan 2021 ini benar-benar bisa terlaksana. Beberapa persiapan sudah mulai dilakukan,” ungkap Cici

Direncanakan, Bazar Ramadhan Fatayat NU Karangpucung akan diselenggarakan di Masjid Kauman Karangpucung. Diketahui, Masjid Besar Kecamatan Karangpucung sangat strategis tempatnya, karena tepat di sisi jalan raya. Momentum Buka Puasa juga menjadi pertimbangan mengapa Bazar Ramadhan dipilih dilaksanakan sore hari.

Selain memutuskan hendak meyelenggarakan Bazar Ramadhan, Rapat Kordinasi PAC Fatayat NU Karangpucung juga mempertegas khidmah yang selama ini dilakukan. Di antaranya membrekdown program – program dari Pimpinan Cabang, dan bersinergi dengan program yang memeprtimbangkan kearifan lokal.

Dikatakan Sri Ningrum Mahmudah, kaderisasi dan konsolidasi kelembagaan masih menjadi prioritas selama ini. Juga kegiatan sosial, ekonomi Fatayat secara bertahap terus di iktiari.

“Pasca Musker MWCNU Karangpucung, Fatayat NU Karangpucung mendukung penuh terhadap program unggulan PCNU yang salah satunya Big Data melalui SISNU dan KARTANU. Kongkritnya, tidak sedikit kader Fatayat NU yang direkomendasikan menjadi operator SISNU ditingkat ranting,”katanya

Baca Juga: Bazar Ramadhan Fatayat NU Karangpucung Meriahkan Harlah ke-72

Kontributor : Narto
Editor : Achmad Nur Wahidin

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button