Trending

PC IPNU dan IPPNU Gelar LATIN dan LATPEL 2024

NU CILACAP ONLINE – Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Cilacap menggelar Latihan Instruktur (Latin) dan Latihan Pelatih (Latpel). Kegiatan ini  berlansung selama empat (4) malam tiga (3) hari sejak Kamis – Ahad (22 – 25/02/2024).

Gedung Bayt el Tahfidz wa Turost (BTT) terletak di Ponpes Miftahul Huda Kecamatan Kroya  sebagai lokasi pelaksanaan pelatihan Latpin dan Latpel.  Letak yang strategis dan memiliki kelengkapan fasilitas sesuai kebutuhan pelatihan menjadi pertimbangan panitia penyelenggara.

Jumlah peserta ada 19 orang yang terdiri  dari 10  IPNU dan 9 IPPNU kegiatan Latin dan Latpel I ini mendapat banyak apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak. Adapun peserta yang mengikuti pelatihan merupakan anggota IPNU & IPPNU yang telah mengikuti jenjang kaderisasi Latihan Kader Muda (LAKMUD).

Turut hadir dalam pelaksanaan pelatihan, yakni Katib  Syuriyah Pengurus PCNU Kabupaten Cilacap Kiai Abdal Malik, Wakil Ketua Waka Kaderisasi PW IPNU Jawa Tengah Ibnu Farkhan, Ketua PW IPNU Jawa Tengah Irfan Khamid, dan Ketua PW IPPNU Jawa Tengah Dwi Sangita.

Baca juga Sejarah IPPNU, Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama

Katib Syuriyah PCNU Cilacap Kiai Abdal Malik  dalam sambutannya mengatakan keberhasilan Organisasi IPNU IPPNU bagaimana cara kaderisasi dan pengkaderan.

“Ukuran standar keberhasilan kaderisasi organisasi IPNU IPPNU dari segi bagaimana melaksanakan pengkaderannya,” kata Kiai Abdal Malik.

Selama pelatihan berlangsung, forum  dari panitia memberikan wewenang kepada instruktur dan pelatih (inpel) Pimpinan Wilayah (PW) IPNU & IPPNU Jawa Tengah.  Kegiatan Inpel tersebut turut mendampingi dan mengawal, yaitu Ahmad Cahyadi, Rifki Ali Aziz, Yeni Rahmawati, dan Shintya Fitriani.

Pentingnya Pengkaderan IPNU IPPNU

Pelatihan Latin dan Latpel I dari IPNU & IPPNU Cilacap ini sangat penting untuk terus terlaksaksana secara berkelanjutan bisa istiqomah. Sejak kepengurusan sebelumnya, PC telah mewujudkan keistiqomahan tersebut dengan penyelenggaraan Latin dan Latpel I di setiap periodenya.

Pengadaaan pelatihan Latin dan Latpel I mengkhususkan pengkaderan bagi kader IPNU IPPNU yang bersedia menjadi instruktur bagi IPNU dan pelatih bagi IPPNU. Latin dan Latpel I menjadi ruang bagi inpel untuk mengetahui dan memahami pelatihan-pelatihan IPNU & IPPNU.

Tentunya Latin dan Latpel I diharapkan mampu mencetak para inpel di tingkat kabupaten yang siap mengawal pengkaderan dari tingkat Pimpinan Ranting (PR), Pimpinan Komisariat (PK), dan Pimpinan Anak Cabang (PAC).

“Output adanya Latin dan Latpel I ini yaitu peserta menjadi tim inpel PC yang siap keliling mengawal pengkaderan IPNU IPPNU se-Kabupaten Cilacap,” himbau Ketua PC IPPNU Cilacap Nur Safitri.

Ketua PC IPNU Cilacap Muhammad Zecky juga menambahkan bahwa alumni Latin dan Latpel I membawa amanah besar dalam pengkaderan IPNU & IPPNU di Cilacap. Ketika amanah tersebut tidak  berjalan, maka pertanggungjawabannya bukan hanya pada organisasi melainkan juga pada Allah SWT.

Selama 4 malam 3 hari, peserta Latin dan Latpel I mendapatkan sebelas (11) materi yang  berkaitan dengan keinstrukturan dan kepelatihan. Selain itu, kegiatan diisi dengan pengulasan materi-materi Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) dan LAKMUD. (Charisma F/Rhmn)

Baca juga Mars IPPNU, Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button