Badan Otonom NU

PAC IPNU IPPNU Majenang Ziarah Ulama Jelang Ramadhan

Kenalkan Jejak Ulama Pendahulu

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Majenang mengadakan ziarah ke makam para ulama para pejuang NU di Majenang, Rabu, (30/03). Kegiatan ziarah diikuti oleh pengurus PAC dan Pengurus Pimpinan Ranting.

Ketua PAC IPNU Majenang, Fajar Khusaini, S.Pd memimpin langsung rangkaian ziarah yang diawali dari Komplek Pemakaman Masyayikh Pondok Pesantren El Bayan di Desa Padangsari, Masyayikh Pondok Pesantren Tanwirul Huda, lalu dilanjutkan ke makam Syekh KH Sufyan Tsauri Pondok Pesantren Cigaru dan makam KH Badrudin Nayakra di Salebu. Adapun rangkaian acara dalam ziarah yakni membaca surat yasin dan tahlilan serta ditutup dengan do’a.

Fajar Khusaeni menyampaaikan maksud dilaksanakan ziarah kali ini selain dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1443 H juga untuk mengenalkan para tokoh ulama yang telah berjasa dalam menyampaikan dakwah agama Islam serta merebut kemerdekaan Negara Repiblik Indonesia di daerah Majenang dan sekitarnya.

“Kader IPNU IPPNU Majenang wajib mengenali para Ulama pendahulu dengan cara melaksanakan ziarah. Semoga dengan ziarah ke makam para ulama, generasi muda dapat mengambil hikmah dan meneladani perjuangannya,” terangnya.

Sementara itu salah satu peserta ziarah, Fadila mengaku merasa senang berkesampatan mengikuti ziarah. Menurunya dengan mengikuti ziarah dia jadi lebih mengenal para ulama di Majenang yang selama ini hanya tau dari nama-namanya saja yang sering disebut oleh para imam tahlilan dalam bertawasul.

PAC IPNU Majenang

“Bersyukur dan senang bias tau makam para ulama di Majenang, semoga kita mendapatkan keberkahan semua,” ungkapnya.

Ramadhan dan Jurnalistik

Ketua PAC IPPNU Majenag Carmity juga menyampaikan kepada NU Cilacap Online, kegiatan ziarah ini adalah awal dari beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan di masa bulan puasa.

Pada bulan Ramadhan kali ini, kata Carmity, PAC IPNU IPPNU Majenang akan mengadakan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya kegiatan partisipasi dengan mengikuti program kegiatan yang dilaksanakan oleh MWCNU Majenang, seperti safari jumat dan tarawih keliling serta kegiatan pesantren Ramadhan untuk remaja yang diadakan oleh PAC IPNU IPPNU Majenang.

Pesantren Ramadhan biasanyan disi dengan kegiatan mengaji kitab, tadarus Al-Qur’an, tarawih serta kegiatan keagaamn lainya. Namun dalam pesantren Ramadan kali ini pihaknya berencana menambah agenda baru untuk menambah khazanah pengetahuan pengurus dan peserta, yakni dengan  mengadakan pesantren jurnalistik.

IPNU IPPNU Majenang Ziarah Ulama

Plesantren jurnalistik akan diisi dengan pelatihan menulis berita dan pengelollaan media sosial yang akan berkolaborasi dengan para pengelola media resmi milik MWCNU Majenang beserta para banomnya.

Harapanya dengan adannya pesantren jurnasistik, banyak yang bisa menulis berita tentang kegiatan yang dilaksanakan, dan tau cara memaksimalkan media social dengan baik terutama untuk kepentingan dakwah.

“Semoga para peserta pelatihan jurnalistik nantinya antusias,” harapnya.

Kontributor: Badrus Soleh
Editor: Achmad Nur Wahidin

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button